Judul:
Mendidik Perspektif Sikologi
Ukuran:
Unesco
Jenis
Kertas: HVS 70 Gsm
Laminasi
Cover: Glossy (Mengkilap)
Tebal:
244 Halm
Berat:
351 Gram
Bisa
pesan online: Bukalapak, Tokopedia, Shopee,instagram) E-Book ( Ejakarta dan
Google Play Books)
-------
PEDOMAN KARYA
Jumat, 21 September 2018
Resensi Buku
Mendidik Perspektif Psikologi
Kata
Mendidik, satu kata kerja tetapi penuh makna. Dari
satu kata tersebut akan muncul pertanyaan “siapa yang mendidik?”; “kapan
mendidik yang tepat?”; “di mana mendidik itu dilakukan?”; “mendidik siapa?”;
“mendidik apa?”; mendidik dengan apa?”.
Ternyata
satu kata dapat melebar kemana-mana,
tergantung darimana kita memandang. Pandangan dari sisi psikologi ini menjadi
modal yang sangat penting untuk mampu menjawab pertanyaan-pertanyaan tersebut.
Sejatinya,
pendidikan memberikan sebuah efek yang positif terhadap individu agar mampu
memahami, mengamati dan menerapkan lewat ucapan dan perbuatan maka nilai-nilai
yang terkandung dalam pendidikan dijadikan sebagai dasar utama dalam benteng
kehidupan.
Mendidik
perlu sebuah kepekaan dalam setiap individu atau kelompok agar mampu memberikan
pengaruh yang positif. Selain itu, ikut
membentuk kepribadian dan rasa kepemilikan dari apa yang diterapkan dalam diri
setiap individu.
Manusia
melalui potensi rasa, cipta, dan karsa,
akan terus berkembang sesuai dengan lingkungannya, sehingga
proses pendidikan secara umum berjalan melalui tiga wadah, yaitu keluarga sebagai pendidikan pertmaa, sekolah
sebagai pendidikan kedua, dan masyarakat sebagai pendidikan disebut tripusat
pendidikan.
Oleh karena itu, penting untuk dipahami
bagaimana proses pendidikan bagi anak yang berlangsung melalui tripusat
pendidikan tersebut, khususnya perkembangan kejiwaan anak. Untuk mengetahui
bagaimana kejiwaan dan kepribadian anak berkembang sesuai dengan usia, bakat,
dan potensi anak, penting bagi semua kelompok (orangtua, tenaga
pendidik,masyarakat) untuk mengetahui tentang ilmu psikologi pendidikan.
Buku
yang layak dibaca, terutama bagi kalangan orangtua,
pendidik, remaja, dan para praktisi di bidang
perkembangan anak. Serta memberi wawasan dan panduan bagi para pendidik dalam
praktik untuk mengembangkan karakter dan kecerdasan anak. Penjelasan konsep
teori serta tips praktis yang diberikan akan mengantar
pembaca memahami kondisi mental anak yang kemudian dapat di rancang pendidikan
terbaik bagi mereka.
Buku
ini terdapat delapan bab. Setiap
bab memberikan penjelasan yang sangat kompleks dan cakupanya mampu mengantarkan
pembaca memahami lebih dalam dari isi materi yang dipaparkan. Juga mengaitkan
bagaimana peran lembaga pendidikan, sosial, pemerintahan serta di lingkup keluarga sendiri, sehingga
para pembaca mampu memahami dari setiap peran lembaga dalam proses penerapan
pendidikan.
Buku
yang dihadirkan penulis dengan gayanya diurai dari awal sampai akhir ini,
dapat membantu pembaca memahami role dan
rule sesuai dengan situasi dan
setting masing-masing, apakah mendidik akan dilakukan di rumah dengan
kapasistas sebagai orang tua, mendidik dilakukan di sekolah, dengan kapasitas
sebagai guru, di masyarakat sebagai kepala unit di masyarakat, di pemerintahan
sebagai pemimpin.
Semoga
karya yang masih sangat sederhana ini mampu memberikan
warna positif, baik terhadap diri sendiri,
maupun kepada kelompok masyarakat, dan
tentunya untuk mewujudkan Indonesia yang
memiliki nilai-nilai moralitas terhadap generasi untuk Indosesia di masa akan
datang. (win/r)
Keterangan Buku:
Judul:
Mendidik Perspektif Sikologi
Ukuran:
Unesco
Jenis
Kertas: HVS 70 Gsm
Laminasi
Cover: Glossy (Mengkilap)
Tebal:
244 Halm
Berat:
351 Gram
Bisa
pesan online: Bukalapak, Tokopedia, Shopee,instagram) E-Book ( Ejakarta dan
Google Play Books)
Biodata Penulis:
Nama:
Abdul Kadir Sahlan
Asal:
Sulawesi Selatan
Pendidikan:
- S1 (Universitas Muhammadiyah Makassar) - S2 Magister Psikologi (Universitas Muhammadiyah Surakarta)