Unismuh Makassar Membina Pendidikan Ulama, Pesantren, Sekolah, dan Boarding School

UNISMUH MAKASSAR membina Ma'had Al-Birr, Pendidikan Ulama Tarjih, Pendidikan ustadz pesantren, Pondok Pesantren Darul Fallaah, Pusdiklat, SD, SMP, dan SMA, serta Muhammadiyah Boarding School.

 

-------

PEDOMAN KARYA

Sabtu, 01 Juli 2023

 

Catatan Milad ke-60 Universitas Muhammadiyah Makassar (6-habis):

 

Unismuh Makassar Membina Pendidikan Ulama, Pesantren, Sekolah, dan Boarding School

 

Oleh: Asnawin Aminuddin

(Wakil Ketua Majelis Pustaka dan Informasi Muhammadiyah Sulsel)

 

Setiap perguruan tinggi harus melaksanakan tridarma atau tiga kewajiban, yakni Pendidikan dan Pengajaran, Penelitian dan Pengembangan, serta Pengabdian kepada Masyarakat.

Semua sivitas akademika di kampus bertanggung jawab terhadap tridarma perguruan tinggi. Dalam pelaksanaannya, tridarma perguruan tinggi diperkuat oleh Undang-Undang Nomor 20 tahun 2003 mengenai Sistem Pendidikan Nasional, yang berbunyi: Perguruan tinggi berkewajiban menyelenggarakan pendidikan dan pengajaran, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat.

Dalam dunia perkuliahan, penelitian adalah proses menemukan konsep, teori, dan informasi dalam bidang ilmu pengetahuan, teknologi, dan juga seni. Penelitian dapat menjadi salah satu bukti terkait pemahaman terhadap kegiatan pembelajaran di perguruan tinggi.

Penelitian memiliki banyak manfaat, antara lain mengembangkan diri mahasiswa agar dapat berpikir lebih kritis dan kreatif, dan mengembangkan soft skill mahasiswa yang berkaitan dengan penyelesaian suatu masalah.

Tidak hanya bermanfaat untuk mahasiswa saja, penelitian juga dapat berguna dalam menjawab permasalahan yang terjadi di masyarakat. Hal ini disebabkan karena biasanya penelitian selalu berkaitan dengan kebutuhan dalam proses pembangunan dan fenomena sekitar.

Universitas Muhammadiyah (Unismuh) Makasar pun memberi prioritas dalam bidang penelitian ini. Unismuh menyediakan anggaran penelitian internal dan eksternal, baik dari Kementerian Ristek Dikti, maupun dari Majelis Diktilitbang Pimpinan Pusat Muhammadiyah. Demikian juga penelitian kolaboratif internasional dan pengabdian masyarakat.

Dalam tiga tahun terakhir ini, penelitian dan pengabdian yang lolos melalui Kementerian yaitu sebanyak 110 judul penelitian, serta 40 judul pengabdian.

Kemudian penelitian dan pengabdian yang disiapkan oleh internal Unismuh dan dari Majelis Diktilitbang PP Muhammadiyah melalui anggara masing-masing perguruan tinggi Muhammadiyah (PTM), yaitu penelitian 350 judul, serta pengbadian 132 judul.

 

Kerjasama Kemitraan

 

Dalam bidang kerjasama, Unismuh Makassar melakukan kerja sama kemitraan dengan berbagai instansi, lembaga pemerintah, dan perguruan tinggi, baik nasional maupun internasional, dalam bentuk MoU, dan MoA.

Kerja sama internasional telah berlangsung dengan 86 kemitraan dari 16 negara, yakni Kanada, China, Timur Tengah atau Uni Emirat Arab, Thailand, Malaysia, Filipina, Singapura, Pakistan, Jepang, India, Uzbekistan, United Kindong (Inggris), Australia, Jerman, Taiwan, dan Italia.

Selanjutnya kerjasama Universitas, Asosiasi, dan Lembaga Internasional yang sedang terimplementasi saat ini adalah matching gant, Penelitian dan pengabdian masyarakat Internasional yang dilakukan bersama dengan para dosen mitra di luar negeri dalam bentuk workshop, seminar, dan mengajar secara luring.

Pertukaran pelajar, KKN dan Magang Internasional, serta kredit internasional transfer di Asia University Taiwan, With The World Jepang, dan 6 Sekolah Menengah Islam Tailand Selatan dibawah AECI Thailand.

Juga ada Visiting Profesor, Kuliah Tamu, dan Internasional guest Kecturer yang saat ini berlanjut hingga September 2023. Selanjutnya, Pengajaran BIPA atau Bahasa Indonesia untuk Penutur Asing bekerjasama dengan Indonesia Corner di Yala Rajabhat University Thailand.

Kerja sama nasional berjumlah 115 kemitraan, meliputi kerjasama dengan Universitas Negeri dan Swasta, Lembaga Negara, Pemerintah, dan Badan Usaha Milik Negara, serta Asosiasi-asosiasi, yang implementasi kerjasamanya bermuara pada peningkatan kualitas dan kuantitas dosen yang tercatat sebagai nerasumber dan konsultan pada mitra, serta mahasiswa magang ataupun kegiatan Merdeka Belajar Kampus Merdeka.

 

Fasilitas Pendidikan Lainnya

 

Universitas Muhammadiyah Makassar membina beberapa Program dan Lembaga Pendidikan, yakni Pembinaan Bahasa di Ma’had Al-Birr, Pendidikan Ulama Tarjih Muhammadiyah (PUTM), Pendidikan Ustadz Pesantren Muhammadiyah (PUPM), Pesantren Darul Fallaah Muhammadiyah Bissoloro, Pendidikan Dasar dan Menengah (SD, SMP, dan SMA), Pusat Pendidikan dan Latihat (Pusdiklat) Unismuh Makassar, serta Muhammadiyah Boarding School (MBS) Kota Makassar.

 

Fasilitas Pelayanan Kesehatan

 

Unismuh Makassar memiliki dua fasilitas kesehatan yaitu pertama Unismuh Medical Center (UMC) yang dilengkapi dengan Apotek. UMC selain memberi pelayanan kepada dosen karyawan dan mahasiswa Universitas Muhammadiyah Makassar, juga memberi pelayanan kepada masyarakat umum di sekitar kampus Unismuh Makassar, baik umum maupun BPJS.

Kedua, Rumah Sakit PKU Muhammadiyah Unismuh Makassar yang sementara dilakukan pembenahan dalam rangka persiapan operasionalnya. Izin operasionalnya sudah keluar pada bulan Ramadhan yang lalu, tetapi pihak Unismuh masih melakukan pembenahan terhadap hal-hal yang penting dan perlu dibenahi, termasuk masih ada tenaga yang belum disiapkan, padahal tenga kesehatan, dokter, perawat, bidan, dan pendukung lainnya telah siap dan sudah bekerja di Rumah Sakit selama 5 bulan.

 

Lahan dan Pembangunan Gedung

 

Proses Pembangunan Gedung Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan (FKIK) berjalan dengan baik dan sudah selesai lantai 3 dicor platnya, dan sementara mengerjakan persiapan kolom untuk naik ke lantai 3. Pekerjaan pembangunan telah berlangsung selama 5 lima bulan terhitung bulan Januari 2023.

Luas lahan yang telah dibebaskan di sekitar Rumah Sakit selain lahan Rumah Sakit, sudah lebih 2 hektar, kemudian lahan dan bangunan yang sudah menjadi milik Persyarikatan Muhammadiyah di Jalan Ranggong Dg Romo.

Selain itu, Unismuh Makassar memiliki 5 petak ruko di Jalan Sultan Alauddin, yakni 2 petak ruko yang sederet dengan kampus ke arah Gowa, dan 3 petak Ruko di seberang jalan berhadapan dengan kampus lurus dengan pintu masuk kampus berlantai 3 luas lahan kurang lebih 500 m2. Juga ada 2 petak ruko yang berpisah di Jalan Talasalapang di belakang kampus 1 berlantai 3 dan yang lain berlantai 2 yang digunakan jual ayam kampung.

Beberapa lahan yang merupakan lokasi kampus, selain kampus utama di Jalan Sultan Alauddin, yaitu kampus di Jalan Talasalapang sebagai kampus SD dan SMP Muhammadiyah Unismuh, kampus di Jalan Ranggong Dg Romo sebagai Kampus Prodi Keperawatan Fakultas Kedokteran dan Ilmu pendidikan Unismuh Makassar.

Kampus di Jalan Pettarani III sebagai kampus Prodi Kebidanan Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan Unismuh Makassar, serta kampus di Jalan Mappaoddang sebagai Kampus SMA Muhammadiyah Wilayah Sulawesi Selatan.***


-----

Artikel Bagian 5:

Unismuh Makassar Sudah Hasilkan 72 Ribu Alumni


Artikel Bagian 4:

Unismuh Makassar Selenggarakan 52 Program Studi, Dari Diploma Hingga S3

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama