KEMITRAAN MEDIA MASSA. Plt Kepala Perwakilan BKKBN Provinsi Sulsel, Wardihang SE MSi, memberikan sambutan pada pembukaan Pertemuan Kemitraan dengan Media Massa Lokal Tingkat Provinsi dan Kabupaten/Kota, di Hotel Almadera, Jl Somba Opu, Makassar, Selasa, 26 November 2019. (Foto: Asnawin Aminuddin / PEDOMAN KARYA)
------
Selasa, 26 November
2019
Kemitraan Penyuluh KB dengan Media Massa Lokal Sangat Penting
MAKASSAR,
(PEDOMAN KARYA). Kemitraan antara Penyuluh Keluarga
Berencana (KB) dengan media massa lokal sangat penting guna mensosialisasikan
berbagai program dan kegiatan yang akan maupun yang telah dilaksanakan, agar
masyarakat memperoleh pengetahuan dan lebih memahami pentingnya ber-KB,
termasuk pengetahuan tentang salah satu alat atau cara kontrasepsi moder bagi
pasangan usia subur (PUS).
Kemitraan tersebut
menjadi lebih berkualitas apabila para Penyuluh KB memiliki pengetahuan tentang
teknik peliputan dan penulisan berita, karena berita yang baik akan lebih
memudahkan wartawan untuk mempublikasikannya melalui media massa.
“Pertemuan ini menambah
pengetahuan bagaimana mensosialisasikan pentingnya ber-KB,” kata Plt Kepala
Perwakilan BKKBN Provinsi Sulsel, Wardihang SE MSi, pada pembukaan Pertemuan
Kemitraan dengan Media Massa Lokal Tingkat Provinsi dan Kabupaten/Kota, di
Hotel Almadera, Jl Somba Opu, Makassar, Selasa, 26 November 2019.
Dengan seringnya
dilakukan sosialisasi program dan kegiatan, terutama melalui media massa,
diharapkan akan menambah pengetahuan dan pemahaman tentang pentingnya ber-KB
bagi masyarakat umum, serta pasangan usia subur (PUS).
“Dan pada akhirnya akan
meningkatkan kepesertaan dalam ber-KB,” kata Wardihang.
Terkait peningkatan
partisipasi masyarakat daam program BKKBN, utamanya kepsertaan dalam ber-KB, Ketua
Panitia Dra Mulianti MSi, mengatakan perlu dilakukan pengembangan media promosi
dan KIE (Komunikasi, Informasi, dan Edukasi) yang lebih efektif dan efisien
dengan memanfaatkan berbagai saluran media yang ada di tengah masyarakat.
“Salah satu upaya yang
dapat dilakukan yaitu melalui promosi dan KIE melalui tulisan dan berita,” kata
Mulianti.
Tulisan dan berita
program KKBPK (Kependudukan Keluarga Berencana dan Pembangunan Keluarga) apabila
dikelola dan dikemas dengan baik, katanya, dapat menjadi sarana yang efektif
dalam mengedukasi dan menginformasikan program-program apa saja yang sedang dan
akan dilaksanakan.
“Salah satu program
yang dikembangkan BKKBN yaitu program kemitraan dengan media massa mengingat
kesukseskan program KKBPK selama ini sangat dipengaruhi oleh dukungan dan peran
serta mitra kerja, utamanya media massa cetak, elektronik, dan media daring.
Media massa sebagai mitra kerja BKKBN memiliki peran strategis dalam
meningkatkan pemahaman dan pengetahuan masyarakat terhadap program KKBPK,”
tutur Mulianti.
Dengan dasar pemikiran
itulah, BKKBN Sulsel bekerjasama Ikatan Penulis Keluarga Berencana (IPKB)
Sulsel mengadakan Pertemuan Kemitraan dengan Media Massa Lokal yang diikuti
Ketua dan Anggota Ikatan Penyuluh Keluarga Berencana (IPeKB) kabupaten dan kota
se-Sulsel.
Pertemuan Kemitraan
dengan Media Massa Lokal selama dua hari, kata Mulianti, diikuti 48 peserta,
terdiri atas 24 orang Ketua IPeKB dan 24 Anggota IPeKB kabupaten dan kota
se-Sulsel.
Acara pembukaan turut
dihadiri Ketua IPKB Sulsel, Dr HM Dahlan Abubakar. Materi yang diberikan kepada
peserta pada kegiatan ini yaitu Peranan Informasi dalam Penyebaran dan Peningkatan
Program KKBPK (oleh Ketua IPKB Sulsel HM Dahlan Abubakar), Teknik Dasar
Penulisan Berita (oleh Agus Nyomba), Etika Penulisan Berita (oleh Andi Rustan),
dan Praktek Pembuatan Berita (oleh Asnawin Aminuddin). (tom)
---------
Baca juga:
Humas BKKBN se-Sulsel Berlatih Menulis Berita
Humas BKKBN se-Sulsel Penasaran Membentuk IPKB
Andai Semua Penyuluh KB Berkualifikasi Sarjana