RAKERNAS IMA. Gubernur Sulsel Nurdin Abdullah (pakai jas) menerima bantuan untuk korban banjir dan longsor dari pengurus IMA, seusai pembukaan Rakernas Indonesia Marketing Association (IMA), di D' Liquid Hotel Claro, Sabtu, 02 Maret 2019. (ist)
-------
Selasa, 05 Maret 2019
Gubernur
Sulsel: Penerbangan Makassar – Osaka 3x Sepekan
MAKASSAR,
(PEDOMAN KARYA). Puluhan tahun lamanya Sulsel bermimpi menjadi
pintu gerbang untuk ekspor, namun selama ini hanya bergantung kepada Jakarta
dan Surabaya, sehingga pertumbuhan investasi sulit.
“Tapi Sulsel sekarang mulai
bangkit dengan berbagai terobosan, dan dalam dua bulan ini, Sulsel mendapat
kepercayaan untuk direct call
(pengiriman langsung) ke luar negeri. Hal ini dapat menarik investasi,” kata
Gubernur Sulsel Nurdin Abdullah.
Berbicara pada Rakernas
Indonesia Marketing Association (IMA), di D' Liquid Hotel Claro, Sabtu, 02
Maret 2019, Nurdin Abdullah mengatakan, pangsa pasar dari kawasan timur Indonesia
sangat besar, sehingga dukungan penerbangan langsung untuk logistik dan
penumpang sangat dibutuhkan.
“Maskapai Garuda sudah
presentase. Insya Allah awal Juni (2019), penerbangan tiga kali sepekan
Makassar - Osaka. Demikian juga Osaka - Makassar. Mudah-mudahan turis semakin
banyak,” kata Nurdin.
Penerbangan Makassar –
Osaka dan Osaka – Makassar, katanya, diyakini akan mendukung tumbuh dan
berkembangnya sektor lain dan pemerintah akan memberikan kemudahan dalam hal
perizinan.
Tentang manajemen
pemerintahan, mantan Bupati Bantaeng itu mengatakan, seorang kepala daerah
harus menguasai ilmu marketing untuk mendukung kemajuan daerah yang
dipimpinnya.
Ia mencontohkan, pada
saat akan menghadirkan industri smelter di Bantaeng, berbagai pihak protes
karena dianggap belum didukung oleh infrastruktur.
“Di Bantaeng orang
selalu protes, kenapa smelter ada di Bantaeng, listrik pun beban puncak cuma 8
megawatt, sementara smelter itu minimal 150 mega dan Bantaeng tidak punya
nikel,” ungkap Nurdin.
Dia mengatakan, hadirnya
fungsi kemampuan marketing sangat dibutuhkan untuk meyakinkan semua pihak
terhadap potensi yang dimiliki dan kemungkinan keberhasilan yang dapat dicapai.
“Kita juga termasuk
tadinya di Bantaeng, untuk pisang saja dari luar, tetapi inovasi masyarakatnya
yang harus kita bangun, wawasannya harus kita kembangkan,” kata Nurdin.
Memasarkan
Daerah
Pakar pemasaran
Indonesia dan pendiri Indonesia Marketing Association (IMA), Hermawan
Kartajaya, pada kesempatan yang sama memberikan penilaian terhadap sosok Nurdin
Abdullah selaku mantan Bupati Bantaeng dan kini menjabat Gubernur Sulsel.
“Bapak Nurdin Abdullah adalah
sosok kepala daerah yang mempu memasarkan daerahnya dengan sangat baik,
sehingga beliau diganjar berbagai penghargaan,” kata Hermawan.
Rakernas IMA yang
berlangsung selama dua hari mengusung tema “Peran IMA dalam Memasarkan Daerah”.
Makassar terpilih sebagai tuan rumah untuk Rakernas tahun 2019, setelah tahun
lalu dilaksanakan di Solo. Hadir juga Ketua IMA Pusat dan pengurus IMA seluruh
Indonesia. Organisasi ini didirikan pada 20 Mei 1996.
Pada acara tersebut, pengurus
IMA menyerahkan bantuan untuk korban banjir dan tanah longsor di Sulsel. (lom)