Dosen Universitas Muhammadiyah (Unismuh) Makassar, Ishaq Madeamin SPd MPd, menjadi pemenang Desain Pembelajaran (Learning Design) Terbaik Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemdikbud-Ristek). Pengumuman tersebut disampaikan dalam Sistem Pembelajaran Daring Indonesia atau SPADA Award secara daring, Senin, 13 Desember 2021.
-----
Rabu, 15 Desember 2021
Dosen
Unismuh Ishak Madeamin Pemenang Desain Pembelajaran Terbaik Kemdikbud-Ristek
Ishaq:
Ada 20 Nominator, 10 Yang Memperoleh Penghargaan
MAKASSAR,
(PEDOMAN KARYA). Dosen Universitas Muhammadiyah (Unismuh)
Makassar, Ishaq Madeamin SPd MPd, menjadi pemenang Desain Pembelajaran
(Learning Design) Terbaik Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan
Teknologi (Kemdikbud-Ristek).
Pengumuman tersebut
disampaikan dalam Sistem Pembelajaran Daring Indonesia atau SPADA Award secara
daring, Senin, 13 Desember 2021.
Direktur Pembelajaran dan
Kemahasiswaan Kemdikbud-Ristek Aris Junaidi mengatakan, penghargaan untuk
pembelajaran daring diberikan kepada institusi dan dosen, khususnya bagi mereka
yang sudah terdaftar di SPADA Indonesia.
Penghargaan yang
diumumkan Agustus lalu itu masa penilaiannya berlangsung 9 September hingga 30
November 2021.
Penilaian dilakukan dari
isian angket dengan sejumlah pertanyaan dari kementerian. Pesertanya berjumlah
500 perguruan tinggi dengan 2.668 mata kuliah. Penghargaan terbagi menjadi tiga
kategori.
“Diharapkan dapat
meningkatkan jumlah perguruan tinggi dan mata kuliah yang dapat di-sharing di
SPADA Indonesia dan meningkatkan akses terhadap materi pembelajaran yang
berkualitas,” kata Aris Junaidi.
Ishaq Madeamin yang dikonfirmasi
mengenai penetapannya sebagai peserta terbaik mengatakan, sebenarnya ada 20
nominator pemenang terbaik, lalu dipilih 10 terbaik.
“Ada 20 Nominator, 10 yang
diberi penghargaan. Itu yang terbaik,” kata Ishaq.
Menyinggung Desan
Pembelajaran yang ia buat, Ishaq mengatakan, learning design atau desain
pembelajaran itu bagaimana merancang pembelajaran secara daring yang mendorong
dan memfasilitasi mahasiswa belajar secara mandiri melalui aplikasi SPADA
Indonesia.
“Yang didesain itu mata
kuliah. Mata kuliah saya namanya Pembelajaran Berbasis Daring,” kata Ishaq.
Dosen
Fisika
Ishaq Madeamin merupakan
dosen Pendidikan Fisika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Unismuh
Makassar, dan saat ini menjabat Sekretaris Lembaga Pendidikan dan Pengembangan
Aktivitas Instruksional (LP2AI) Unismuh Makassar.
LP2AI merupakan lembaga
khusus yang didirikan Unismuh Makassar untuk mendukung keterampilan dosen
Unismuh melaksanakan proses pembelajaran.
Di lingkungan Unismuh
Makassar, Ishaq merupakan desainer Sistem Pembelajaran Daring (SPADA) Unismuh
Makassar. Ia juga merupakan Ketua Tim Unismuh yang berhasil meloloskan proposal
program Kredensial Mikro Mahasiswa Indonesia (KMMI) Kemendikbud-Ristek.
Bersaing
Secara Nasional
Rektor Unismuh Makassar
Prof Ambo Asse mengapresiasi pencapaian Ishaq Madeamin dan menyatakan bahwa
keberhasilan tersebut merupakan bukti tingginya kualitas dosen Unismuh Makassar.
“Alhamdulillah, prestasi ini membuktikan bahwa
kualitas dosen Unismuh dapat bersaing di pentas nasional. Semoga Pak Ishaq
mampu menularkan prestasinya kepada dosen-dosen lain, dan mampu memperkuat
kualitas pembelajaran di Unismuh Makassar,” kata Ambo Asse.
Pencapaian ini menambah
deretan prestasi Unismuh pada tahun 2021. Beberapa waktu lalu, Unismuh juga
meraih penghargaan LLDIKTI IX Awards, dalam 4 kategori. Pertama, Perguruan
Tinggi Akademik Penerima Dana Penelitian Terbesar Hibah Kompetisi Nasional
SIBLIBTABMAS Klaster Utama.
Kedua, Perguruan Tinggi
dengan Perolehan Profesor Terbanyak Periode Tahun 2019-2021.
Ketiga, Unismuh juga
merupakan peraih Nominasi Perguruan Tinggi Akademik dengan Alumni Pekerja
Migran Terbanyak.
Keempat, Unismuh meraih nominasi Perguruan Tinggi Akademik
dengan Implementasi Kerjasama Terbaik.
Tak hanya itu, Unirank,
lembaga pemeringkatan universitas yang berbasis di Sydney Australia,
menempatkan Universitas Muhammadiyah (Unismuh) Makassar sebagai Universitas
Swasta terbaik di Sulawesi Selatan tahun 2021. (hs)