----
Sabtu, 16 Juli 2022
PALADANG,
Inovasi Layanan Publik SD Inpres Panaikang II/1 Makassar
MAKASSAR,
(PEDOMAN KARYA). Sebagai lembaga publik, sekolah mesti
berorinetasi pada pelayanan dan kepentingan terbaik anak atau siswa. Dengan
begitu, dinamika dan persoalan sekolah direspons secara proaktif, proporsional,
prosedural, produktif dan solutif.
Memang, sudah seharusnya,
tak butuh waktu lama untuk menyelesaikan setiap persoalan. Apalagi bila sudah
ditangani secara tatap muka dengan penjelasan yang memadai dan dapat dipahami.
Inilah yang jadi alasan
SD Inpres Panaikang II/1 menerapkan program PALADANG. PALADANG merupakan akronim
dari Pengelolaan Layanan Administrasi dan Konsultasi Terintegrasi. PALADANG
dalam bahasa Makassar, berarti teras, yakni bidang atau lantai yang agak tinggi
di depan rumah/bangunan.
Pelayanan yang mudah,
ramah dan bersahabat itu ditunjukkan Kepala UPT SPF SD Inpres Panaikang II/1,
Bakhtiar SPd MPd, Kamis, 14 Juli 2022. Guru-guru juga menerapkan konsep
pelayanan yang sama di SD yang berada di wilayah Kelurahan Pampang, Kecamatan
Panakkukang, Kota Makassar itu.
Hal itu terlihat selama
Pendaftaran Peserta Didik Baru (PPDB) online, Juni-Juli 2022. Tak hanya
menerima dan memberikan pelayanan kepada orang tua yang mendaftarkan anaknya.
Juga melayani orang tua
yang akan memindahkan anaknya bersekolah dari daerah ke sekolah itu dan
pelayanan bagi alumni yang meminta surat keterangan untuk mendaftar sebagai
anggota TNI.
Jauh sebelum diberi nama
PALADANG sebagai sebuah konsep layanan publik, SD Inpres Panaikang II/1 sudah
menerapkan pelayanan terbuka bagi siswa, orang tua, rekanan/mitra maupun saat
ada kunjungan dari instansi.
Teras dengan kanopi
seukuran 4x6 meter itu, merupakan ruang terbuka yang langsung bisa memandang ke
halaman luas dan hijau, dengan ikon dua pohon jambu air berdiri di depannya.
Ruang itu jadi tempat
aktivitas bersama para guru bekerja, membuat laporan, rapat, maupun sekadar
berkumpul saat istirahat. Jadi tempat untuk menerima tamu bagi para
rekanan/mitra dan instansi/dinas. Jadi tempat layanan administrasi dan
konsultasi bagi orang tua siswa dan siswa. Juga jadi tempat kegiatan yang
berorientasi pada pelayanan publik, seperti vaksinasi Covid-19
Saat mendiskusikan konsep
PALADANG dengan penggiat literasi Rusdin Tompo, terungkap bahwa ada banyak
manfaat diperoleh dengan memusatkan aktivitas di tempat itu. Yakni,
terbangunnya komunikasi dan interaksi yang cair dan hangat, serta kian eratnya
keakraban antara kepala sekolah dengan guru, juga antara para guru.
Tujuan PALADANG, jadi
pusat informasi bagi para pemangku kepentingan (stakeholder). Menyelengarakan
layanan yang cepat, ramah dan terselesaikan kepada orang tua siswa, siswa dan
rekanan/mitra. Meningkatkan kinerja layanan administrasi dan konsultasi bagi
yang membutuhkan. Membangun komunikasi dan interaksi yang akrab antara kepala
sekolah dengan guru, dan di antara guru itu sendiri. Juga untuk mewujudkan
transparansi dan akuntabilitas layanan sekolah
“PALADANG ini jadi
semacam ruang keluarga bagi kami di SD Inpres Panaikang II/1,” terang Bakhtiar.
Dimaklumi jika ruang yang
dinaungi 2 pohon jambu air itu dijadikan sebagai tempat bekerja para guru,
maupun pusat informasi, dan ruang layanan administrasi, serta tempat
konsultasi. Mulai dari penyusunan program, pembuatan laporan, rapat informal,
menerima orang tua siswa dan rekanan/mitra, hingga kegiatan vaksinasi Covid-19.
Dengan bekerja di sini,
berarti tidak butuh pendingin udara (air conditioner), pandangan mereka yang
bekerja juga luas, dan langsung bisa melihat tamu yang datang. Begitu
orang/tamu datang, bisa melihat guru yang tengah duduk, lalu menyampaikan apa
yang jadi keperluannya.
Begitupun sebaliknya,
guru yang tengah duduk langsung bisa berinteraksi dengan orang/tamu yang datang
untuk memberikan informasi atau layanan administrasi dan konsultasi.
Semua dilayani di
PALADANG, hanya persoalan yang penting dan butuh privasi tertentu saja, yang
diajak ke ruang kepala sekolah. Sehingga, PALADANG punya multifungsi dan banyak
manfaat, bagi sekolah, guru, orang tua, siswa, dan masyarakat. (rt)