----
Kamis, 06 Oktober 2022
Kedai
Kopi Litera Bulukumba Manfaatkan Digital Marketing Melalui YouTube, Web dan Radio
Online
BULUKUMBA,
(PEDOMAN KARYA). Kabupaten Bulukumba adalah ruang kondusif
bagi ratusan usaha kafe maupun kedai kopi di berbagai penjurunya. Ratusan kafe atau
kedai kopi itu telah ikut “menggetarkan” lalu lintas perekonomian di selatan
Sulsel.
Salah satu usaha kedai
kopi di Kabupaten Bulukumba, yaitu Kedai Kopi Litera, yang beroperasi di
Kelurahan Palampang, Kecamatan Rilau Ale, muncul dengan alternatif berupa
konsep yang berbeda yakni konsep literasi inklusif kolaboratif.
Para pengunjug bisa baca
buku karena di kedai kopi ini tersedia perpustakaan. Selain fasilitas WiFi,
Kedai Kopi Litera adalah juga ruang bagi berbagai even, talkshow, live music,
hingga fasilitas podcast buat pengunjung.
Kedai Kopi Litera
bukanlah jenis UMKM yang memasarkan produk dengan sistem pemesanan online dan
pengiriman pesanan ke alamat konsumen, namun UMKM ini benar-benar memanfaatkan
berbagai platform digital untuk branding dan promosi usaha.
Branding dan promosi
usaha Kedai Kopi Litera sejak awal berdiri pada awal tahun 2020 lalu telah
merambah sejumlah platform media sosial. Sejak tahun 2021 lalu Kedai Kopi
Litera juga merambah YouTube dan situs web.
Teranyar, Kedai Kopi
Litera juga membangun interaksi dan komunikasi melalui sebuah radio online.
Namanya Radio Litera yang online mulai pukul 09.00 sampai 24.00 Wita. Sesuai
dengan jam buka Kedai Kopi Litera.
Radio online Kedai Kopi
Litera di litera.radiostream123.com pada Kamis, 06 Oktober 2022, terdengar
memutarkan lagu-lagu dan selingan podcast.
Kedai Kopi Litera juga
mengelola situs web kedaikopi-litera.weebly.com dan channel YouTube Kedai Kopi
Litera. Di samping akun-akun resminya di media sosial seperti I nstagram,
Twitter, Spotify, Fanspage Facebook, TikTok, SnackVideo dan Starmaker.
“Sebenarnya belum begitu
optimal, dua situs kami belum memakai TLD atau Top Level Domain, namun kami
mengalir saja. Kami hanya berupaya konsisten memanfaatkan berbagai platform
digital untuk branding maupun promosi usaha meskipun jenis usaha kami sejatinya
bukan jenis pengiriman barang melainkan pelanggan yang datang langsung ke kedai
kopi,” ungkap owner Kedai Kopi Litera, Alfian Nawawi, kepada wartawan di
Bulukumba, Kamis, 06 Oktober 2022.
Pemanfaatan media sosial
hingga YouTube, situs web dan radio online, kata Alfian, merupakan salah satu
upaya promosi dan merawat interaksi dan komunikasi dengan customer maupun calon
customer.
“UMKM kami terus merawat
komunikasi dengan pelanggan dan promosi terhadap calon pelanggan yang
kesemuanya itu disebut LiteraLovers, jadi Kedai Kopi Litera ada di mana-mana,
mulai YouTube, situs web, radio online, hingga platform video pendek seperti
TikTok dan SnackVideo,” tutur Alfian.
Dikutip dari laman
smesta.kemenkopukm.go.id, sosialisasi strategi digital marketing dalam bentuk
pemanfaatan media sosial sangatlah penting, karena dapat memberi pengetahuan
kepada para pelaku UMKM mengenai cara maupun tahapan dalam memperluas jaringan
konsumen, melalui pemanfaatan media sosial dalam memasarkan produknya, sehingga
dapat meningkatkan keunggulan bersaing bagi UMKM itu sendiri.
Perubahan perilaku
pemasaran dari konvensional ke digital tidak diimbangi oleh keberadaan pelaku
UMKM yang menggunakan digital marketing, padahal UMKM dipercaya mampu memacu
perekonomian Indonesia.
Pemanfaatan konsep
pemasaran berbasis teknologi digital menjadi harapan bagi UMKM untuk berkembang
menjadi pusat kekuatan ekonomi. UMKM dapat menggunakan media sosial sebagai
sarana digital marketing.
“Selain biaya yang murah
dan tidak perlunya memiliki keahlian khusus dalam melakukan inisiasi awal,
media sosial dianggap mampu untuk secara langsung meraih konsumen,” kata Alfian.
(ana)