Enam Bidang Keunggulan Unismuh Makassar

LULUSAN TERBAIK. Ulfiah Syukri, mahasiswa Prodi S1 Ilmu Pemerintahan, ditetapkan sebagai Lulusan Terbaik Tingkat Universitas pada Wisuda ke-79, yang dirangkaikan Pengukuhan Prof Dr Dra Nurlina Subair MSi, sebagai Guru Besar dalam Bidang Sosiologi, di Balai Sidang Muktamar 47 Kampus Unismuh, Jl Sultan Alauddin, Makassar, Rabu, 21 Juni 2023. (Foto: Asnawin Aminuddin / PEDOMAN KARYA) 

 

-------

PEDOMAN KARYA

Jumat, 23 Juni 2023

 

Catatan Milad ke-60 Universitas Muhammadiyah Makassar (3):

 

Enam Bidang Keunggulan Unismuh Makassar

 

Oleh: Asnawin Aminuddin

(Wakil Ketua Majelis Pustaka dan Informasi Muhammadiyah Sulsel)

 

Universitas Muhammadiyah (Unismuh) Makassar adalah salah satu dari sekian banyak amal usaha Muhammadiyah yang diharapkan terselenggara dengan baik, berjalan sesuai Khittah Perjuangan dan Kebijakan Persyarikatan Muhammadiyah, dalam dalam usaha mewujudkan cita-cita Persyarikatan Muhammadiyah.

Cita-cita Persyarikatan Muhammadiyah yang tercantum dalam Pasal 6 Anggaran Dasar Muhammadiyah, yaitu; “Maksud dan tujuan Muhammadiyah ialah menegakkan dan menjunjung tinggi Agama Islam sehingga terwujud masyarakat Islam yang sebenar-benarnya.”

Menegakkan dan menjunjung tinggi Agama Islam sehingga terwujud masyarakat Islam yang sebenar-benarnya dalam Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) yang berfalsafah Pancasila dan berdasar Undang-Undang Dasar (UUD) 1945, sebagai Darul Ahdi wa al- Syahadah yang merupakan komitmen bersama sebagai hasil perjuangan para Pahlawan Kusuma Bangsa yang telah mengorbankan jiwa dan hartanya.

Unismuh Makassar sebagai salah satu amal usaha Muhammadiyah, sangat diharapkan mempersiapkan dan melahirkan sumber daya insani yang berkualitas, memiliki komitmen terhadap agama Allah dalam gerakan Persyarikatan Muhammadiyah yang beraqidah tauhid, berakhlak mulia dan atau berkarakter bangsa yang Pancasilais.

Juga cerdas cendekia, profesional dengan ilmunya, dapat dipercaya karena kemampuannya, bertaqwa kepada Allah, saling menghargai dan memuliakan, hormat terhadap keragaman budaya, bahasa, dan keyakinan, serta berpegang teguh pada Al-Qur’an dan As-Sunnah sebagai sebagai sumber dan tuntunan kehidupan untuk mewujudkan kebaikan di dunia dan di akhirat.

Dan inilah yang diharapkan Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Sulawesi Selatan dengan semangat untuk melahirkan kader masa depan penerus cita-cita dan harapan masa depan Muhammadiyah yang lebih baik, maju, dan berkembang.

 

Visi Misi

 

Guna mewujudkan cita-cita itu, Unismuh Makassar menetapkan visi “Menjadi Perguruan Tinggi Islam Terkemuka, Unggul, Terpercaya, dan Mandiri.

Visi itu diurai dalam lima misi, yakni (1) Meningkatkan keimanan dan ketaqwaan kepada Allah SWT melalui pengkajian, pembinaan, dan pengamalan Al-Islam dan Kemuhammadiyahan, (2) Menyelengarakan pendidikan dan pembelajaran yang berkualitas, (3) Menyelenggarakan penelitian yang inovatif, kreatif, unggul, dan berdaya saing, (4) Menyelenggarakan pengabdian yang berdaya guna pada masyarakat, serta (5) Menumbuhkembangkan jiwa kewirausahaan bagi civitas akademika dan alumni.

Visi misi tersebut menjadi pedoman dalam penyelenggaraan Catur Dharma Perguruan Tinggi Muhammadiyah di Universitas Muhammadiyah Makassar untuk kurun waktu hingga 2024.

Perguruan tinggi Islam dimaknai sebagai amal usaha Muhammadiyah yang bergerak di bidang dakwah dan amar maruf nahi munkar. Dengan demikian, Unismuh Makassar sebagai lembaga pendidikan tinggi dalam mengembangkan ilmu pengetahuan, teknologi dan seni, senantiasa berorientasi pada pengembangan nilai-nilai Islam dalam bingkai Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) berdasarkan Pancasila dan Undang-Undang Dasar 1945.

Visi terkemuka bagi Unismuh Makassar memiliki makna sebagai cita-cita mulia yang terencana dan terarah untuk (1) memelihara kepercayaan civitas akademika Universitas Muhammadiyah Makassar, alumni, dan masyarakat luas, bahwa Unismuh Makassar adalah tempat yang tepat untuk menuntut ilmu, mengembangkan, dan menyebarluaskannya, sekaligus sebagai tempat mengabdi dan beribadah kepada Allah SWT.

Selanjutnya (2) meraih keunggulan dalam proses pelaksanaan Catur Dharma Perguruan Tinggi Muhammadiyah, serta (3) mewujudkan kemandiriaan dalam pengelolaan dan pengembangan diri, serta mampu mensejahterakan seluruh civitas akademika Universitas Muhammadiyah Makassar, alumni, masyarakat, bangsa, dan negara.

Visi Unggul yang dicanangkan Unismuh Makassar memiliki makna substansif yang bernilai kompetitif tinggi. Keunggulan Unismuh Makassar dibangun melalui kegiatan-kegiatan akademik yang bersifat substansial, yang dapat dikompetisikan, baik dalam ranah nasional maupun internasional.

Keunggulan yang dikembangkan mengarah kepada enam bidang keunggulan yaitu; (1) Pendidikan, (2) Penelitian, (3) Pengabdian kepada Masyarakat, (4) Kemahasiswaan, (5) Kelembagaan, serta (6) Al-Islam Kemuhammadiyahan.

Masing-masing bidang didorong untuk memiliki keunggulan spesifik berupa kemampuan menginplementasikan nilai-nilai Islam ke dalam seluruh bidang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, dan budaya, sehingga mempunyai nilai kompetitif yang tinggi.

Unismuh Makassar juga mengusung visi terpercaya sebagai perguruan tinggi yang bernaung di bawah persyarikatan Muhammadiyah. Karena itulah, Universitas Muhammadiyah Makassar selalu berupaya memelihara citra Muhammadiyah, khususnya di bidang Pendidikan, yaitu menunaikan amanah masyarakat dalam penyelenggaraan Catur Dharma Perguruan Tinggi Muhammadiyah, sehingga Unismuh Makassar menjadi pilihan utama masyarakat.

Visi Mandiri Unismuh Makassar dijabarkan sebagai kepercayaan masyarakat dan keunggulan di berbagai bidang yang merupakan modal utama dalam menggapai kemandirian.

Ada dua kemandirian yang dimaksud yaitu; (1) Universitas Muhammadiyah Makassar sebagai lembaga yang mampu mandiri dalam pengelolaan dan pengembangan diri/institusi, dan (2) mandiri dalam mewujudkan kesejahteraan bagi seluruh civitas akademika, alumni, masyarakat, bangsa dan negara.

 

Tujuan

 

Mengacu pada visi dan misi yang telah dicanangkan, maka Unismuh Makassar merumuskan lima tujuan, yakni (1) menghasilkan lulusan yang berakhlak mulia, cakap, profesional, bertanggung jawab dan mandiri, (2) meningkatnya mutu proses dan hasil pembelajaran yang bermuara pada kualitas lulusan, (3) meningkatnya kuantitas dan kualitas hasil penelitian, (4) terwujudnya unit-unit usaha yang berbasis ekonomi Syariah, serta 95) meningkatnya kuantitas dan kualitas pengabdian dan pelayanan pada masyarakat untuk mencapai kesejahteraan

 

Strategi dan Nilai Dasar

 

Dalam kiprahnya sebagai perguruan tinggi, Unismuh Makassar membuat strategi dasar dalam mencapai visi dan misi yakni menciptakan suasana kondusif dalam melaksanakan aktivitas pengabdian di Universitas Muhammadiyah Makassar sebagai upaya memberikan pelayanan terbaik untuk meningkatkan kualitas pancadharma perguruan tinggi dengan prinsip-prinsip keikhlasan, ukhuwah, amanah, orientasi tujuan, efektif dan efisien, keterbukaan, dan konsisten.

Rektor Unismuh Makassar, Prof Ambo Asse, mengatakan, tugas generasi kita dewasa ini adalah berupaya memajukan bangsa melalui pembangunan dalam berbagai aspek, terutama dalam bidang pendidikan sebagai upaya mencerahkan dan mencerdaskan, membangun infrastruktur sebagai sarana dan prasarana yang penting dalam menopang kemajuan bangsa dan umat.

Tugas berikutnya membela dan mempertahankan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) sebagai negara yang merdeka dan berdaulat. Selanjutnya, menjaga dan melindungi kekayaan alamnya, kemudian mengelola dan memanfaatkan sumber daya alam tersebut untuk seluas-luasnya memenuhi kebutuhan umat dan bangsa.

Dan berikutnya, menyelenggarakan kepemimpinan bijak, adil, jujur, dan profesional, agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diharapkan, seperti diskriminasi, kekerasan, penyalahgunaan kewenangan, serta memperkaya diri sendiri.

Kalau tugas tersebut terlaksana dengan baik dalam negara kita, niscaya akan terwujud masyarakat yang menjadi cita-cita bangsa, yakni masyarakat adil dan makmur sejahtera lahir dan batin dalam lindungan dan ampunan Allah, yang rabbun ghafuur. Kalau hal ini sudah terwujud, maka cita-cita Muhammadiyah juga semakin dekat dapat diwujudkan, karena itu perlu gerakan yang sinergi untuk mewujudkan hal itu,” tutur Ambo Asse. (bersambung)


-----

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama