Unismuh Makassar Segera Buka S3 Agribisnis

S3 AGRIBISNIS. Wakil Rektor I Unismuh Makassar Abdul Rakhim Nanda (kiri) dan Wakil Rektor II Andi Sukri Syamsuri dalam rapat persiapan visitasi pembukaan S3 Agribisnis, di Ruang Rapat Rektorat Menara Iqra Kampus Unismuh Makassar, Senin, 12 Juni 2023. (ist)

 

--------

Rabu, 14 Juni 2023

 

Unismuh Makassar Segera Buka S3 Agribisnis

 

MAKASSAR, (PEDOMAN KARYA). Universitas Muhammadiyah (Unismuh) Makassar segera membuka program studi doktoral (S3) Agribisnis. Prodi tersebut rencananya dibuka pada tahun akademik 2023/2024 apabila izin penyelenggaraannya sudah terbit.

Saat ini Prodi S3 Agribisnis Pascasarjana Unismuh Makassar sedang mempersiapkan diri untuk divisitasi oleh tim asesor dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) pada 21-23 Juni 2023.

Rektor Unismuh Prof Ambo Asse mengatakan, pembukaan Prodi S3 Agribisnis merupakan bukti kemajuan luar biasa yang dialami Unismuh Makassar.

Unismuh Makassar saat ini sudah memiliki dua program doktoral, yaitu S3 Pendidikan Agama Islam dan S3 Pendidikan.

“Jika izin untuk S3 Agribisnis sudah turun, maka akan ada tiga program studi S3 di Unismuh yang sedang dikembangkan. Dua program studi sebelumnya yaitu S3 Pendidikan Agama Islam dan S3 Pendidikan,” kata Ambo Asse, kepada wartawan seusai rapat persiapan visitasi, di Kampus Unismuh Makassar, Senin, 12 Juni 2023.

Jika izin pembukaan program studi S3 Agribisnis dapat keluar pada bulan Juli, katanya, maka akan ada kesempatan selama dua bulan untuk menerima mahasiswa baru S3 Agribisnis pada tahun ini.

Rektor menyampaikan terima kasih kepada seluruh anggota tim yang terlibat atas keseriusan dan dedikasinya selama ini, serta berharap agar proses visitasi dapat berjalan dengan baik. Dia mengatakan, orang yang sungguh-sungguh dalam melakukan kebaikan akan mendapatkan ridha dari Allah SWT.

Direktur Pascasarjana Unismuh, Prof Irwan Akib, juga mengucapkan syukur karena apa yang telah ditunggu-tunggu selama ini akhirnya datang. Ia menekankan pentingnya persiapan yang matang untuk memenuhi segala keharusan yang diperlukan dalam visitasi ini.

Irwan berbagi pengalaman bahwa visitasi selalu berangkat dari visi dan misi, serta dokumen kurikulum dan kekhasan program studi yang baru dibuka. Hal ini sering menjadi pertanyaan dari tim asesor. Ia berharap agar izin operasional program studi S3 Agribisnis Unismuh dapat segera diterima.

Wakil Rektor II Unismuh Prof Andi Sukri Syamsuri, juga mendorong tim Unismuh untuk mempersiapkan segala sesuatunya yang mungkin dibutuhkan selama visitasi. Ia juga menyampaikan harapannya bahwa kedatangan tim asesor akan membawa semangat baru bagi pengembangan Unismuh.

Ketua tim penyusunan borang untuk pembukaan Prodi S3 Agribisnis Unismuh, Prof Ratnawati Tahir, menyatakan bahwa tim sudah siap untuk divisitasi oleh BAN-PT.

Dengan adanya rapat persiapan ini, Rektor Unismuh dan tim pengelola berharap bahwa setelah dilakukan visitasi, program studi S3 Agribisnis di Unismuh dapat segera mendapatkan izin operasional.

Keberhasilan ini akan menjadi kemajuan yang signifikan bagi universitas dan juga kesempatan bagi calon mahasiswa yang tertarik untuk melanjutkan studi di bidang agribisnis.

Semua pihak terlibat menyampaikan rasa syukur dan optimisme atas proses visitasi ini, serta berharap agar segala persiapan yang dilakukan dapat memenuhi standar yang ditetapkan oleh BAN-PT.

Rapat persiapan visitasi di Ruang Rapat Senat Rektorat, dipandu Wakil Rektor I, Dr Abdul Rakhim Nanda, dihadiri Wakil Rektor II Prof Andi Sukri Syamsuri, Wakil Rektor III Dr Muhammad Tahir, Wakil Rektor IV Dr KH Mawardi Pewangi, serta sejumlah pimpinan dan anggota tim dari Program Pascasarjana Unismuh. (win)

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama