Unismuh Makassar Selenggarakan 52 Program Studi, Dari Diploma Hingga S3

Unismuh Makassar mewisuda sebanyak 1.247 alumni pada Wisuda ke-79 yang dirangkaikan Pengukuhan Prof Dr Dra Nurlina Subair MSi, sebagai Guru Besar dalam Bidang Sosiologi, di Balai Sidang Muktamar 47 Kampus Unismuh, Jl Sultan Alauddin, Makassar, Rabu, 21 Juni 2023. (Foto: Asnawin Aminuddin / PEDOMAN KARYA) 

 

-------

PEDOMAN KARYA

Sabtu, 24 Juni 2023

 

Catatan Milad ke-60 Universitas Muhammadiyah Makassar (4):

 

Unismuh Makassar Selenggarakan 52 Program Studi, Dari Diploma Hingga S3

 

Oleh: Asnawin Aminuddin

(Wakil Ketua Majelis Pustaka dan Informasi Muhammadiyah Sulsel)

 

Kampus utama Unismuh Makassar di Jalan Sultan Alauddin Makassar lahannya dibebaskan dan dibeli secara bertahap mulai tahun 1985 oleh Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Sulawesi Selatan. Lahannya seluas kurang lebih 6 hektar.

Setelah dibebaskan, dimulailah membangun gedung dengan membangun Gedung A, lalu disusul dengan Gedung B, kemudian Gedung Rektorat, lalu membangun Aditorium Al-Amien (sekarang sudah dibongkar), kemudian Gedung F yang sementara ditempati Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan (FKIK).

Selanjutnya pembangunan berjalan terus sesuai kebutuhan fakultas yang ada sampai tahun 1986 (FKIP, FAI, FISIP, FEB, dan FTEK) pindah semua dari Kampus Unismuh Ranggong dan dari Kampus Unismuh Mappaoddang ke Jalan Sultan Alauddin No. 259, dengan bangunan yang dilakukan secara bertahap pula.

Tahun 1987 dilakukan pembukaan Fakultas Pertanian, pada tahun 2008 pembukaan Fakultas Kedokteran.

Kemudian setelah pimpinan universitas memperhatikan kondisi dan perkembangan mahasiswa semakin bertambah setiap tahun, maka dirancanglah pembangunan Gedung Al-Manar berlantai 17 pada tahun 2005 yang dibangun sendiri secara bertahap yang dilakukan dan diawasi oleh Pimpinan Fakultas Teknik.

Unismuh Makassar juga mendapat bantuan Gedung Rusunawa 2 Unit dari Kementerian Perumahan Rakyat dan Gedung Menara Iqra’, juga sudah berdiri.

Tahun 2012, Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Sulawesi Selatan menerima tawaran Pimpinan Pusat Muhammadiyah menjadi Pelaksana Muktamar  ke-47 Muhammadiyah Tahun 2015. Maka segeralah dilakukan pembangunan Balai Sidang Muktamar ke-47 yang dimulai pembangunannya pada tahun 2013, dan selesai dibangun dan dapat digunakan sebagai tempat pelaksanaan Muktamar ke-47 Muhammadiyah di bulan Juli tahun 2015. Muktamar itu kemudian berlangsung dengan aman, tertib, lancar, dan sukses sebagai Muktamar Teladan.

Tahun 2018, Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Sulawesi Selatan memutuskan agar Badan Pembina Harian (BPH) Akademi-akademi Kesehatan (Akkes) Muhammadiyah Makassar menyerahkan Akademi Keperawatan dan Akademi Kebidanan ke Unismuh Makasar menjadi prodi pada Fakultas Kedokteran sebagai penggabungan.

Proposal pembukaan Prodi Farmasi Fakultas Kedokteran Unismuh untuk diproses pengusulannya ke LLDikti Wilayah IX Sultanbatara (Sulawesi Selatan, Sulawesi Barat, dan Sulawesi Tenggara).

Fakultas Kedokteran Unismuh kemudian berubah menjadi Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan (FKIK) dengan Prodi Pendidikan Kedokteran, Profesi Dokter, S1 Farmasi, D3 Kebidanan, dan D3 Keperawatan.

Prodi S1 Farmasi mulai menerima mahasiswa baru tahun 2019. Kemudian empat akademi digabung menjadi Politeknik Kesehatan Muhammadiyah Makassar dengan 4 prodi Teknologi Kesehatan.

Pada rapat kerja Unismuh Makassar, Rektor menetapkan 10 Program Strategi sebagai kebijakan untuk mendorong kemajuan Unismuh Makassar yang dijadikan landasan dan pijakan untuk bergerak dalam merumuskan dan melaksanakan program kerja tahun 2020/2021.

Kebijakan tersebut berbasis Akreditas 9 Kriteria, yakni melakukan Revisi Statuta, RIB, Renstra, dan beberapa Peraturan terkait dengan Tata Kelola Oraganisasi, Keuangan, Kepgawaian, aturan Purnabakti dan lain-lain, mendorong Pengembangan Prodi S1, S2, dan S3, dan Peningkatan Akreditas Prodi dan Institusi.

Pada awal Tahun Akademik 2021/2022, Prodi S2 Pendidikan Sosiologi mendapat SK operasional pembukaan dan menerima mahasiswa baru pada tahun itu juga.

Kemudian Prodi S3 Pendidikan tahun 2022/2023 diterima SK pembukaannya dan juga menerima mahasiswa baru.

Prodi S1 Hukum Bisnis sebagai Prodi Persiapan pembukaan Fakultas Hukum diterima SK pembukaan/operasional pada bulan September 2022, sehingga masih ada kesempatan membuka untuk tahun ajaran 2022/2023, dan telah menerima mahasiswa baru.

Pada bulan Mei 2023, Unismuh menerima SK pembukaan Prodi S2 Pendidikan Matematika dan juga sudah siap menerima mahasiswa baru, sehingga jumlah Prodi seluruhnya menjadi 52.

Selain itu, Unismuh Makassar telah mendapat persetujuan dari LLDikti usulan program studi S3 Agribisnis, dan divisitasi oleh Kementerian pada tgl 21-23 Juni 2023. Penyelesaian Proposal persiapan S1 Kebidanan dan Profesinya, dan S1 Keperawatan dan Profesinya, juga dalam perencanaan Prodi S2 Akuntansi.

 

Prodi Terakreditasi Unggul

 

Unismuh Makassar dalam sejarah perkembangannya melalui perjuangan yang panjang dengan melewati berbagai macam gelombang, kini menyelenggarakan 8 fakultas dan 1 Program Pascasarjana, dengan 53 program studi.

Program Profesi Guru di FKIP mendapat tambahan 5 Prodi sehingga menjadi 7 Prodi Pendidikan Profesinya dalam jabatan dan prajabatan.

Ke-7 Prodi Pendidikan Profesi tersebut yaitu (1) Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD), (2) Pendidikan Bahasa Indonesia yang pada tahun 2023 mendapat kepercayaan menyelenggarakan para jabatan untuk Program Studi.

(3) Pendidikan Bahasa Inggris, (4) Pendidikan Matematika, (5) Pendidikan Sosiologi, (6) Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, dan (7) Pendidikan Fisika.

Upaya pengembangan pembukaan program studi baru merupakan kebijakan dalam pengembangan Unismuh untuk lebih maju. Saat ini telah berlangsung proses pembukaan Prodi S3 Agribisnis yang divisitasi pada tanggal 21-23 Juni 2023.

FKIK juga sementara mempersiapkan proposal pembukaan Prodi Spesialis Emergensi (Sp1), Pengembangan D3 Kebidanan, dan Prodi Keperawatan menjadi S1. Profesi Bidan dan Profesi Ners.

Juga ke depan diharapkan dapat direncanakan Pembukaan Prodi Kedokteran Gigi setelah sarana dan prasarananya cukup, terutama kalau selesai Gedung FKIK 12 Lantai. Kemudian S2 Akuntansi dan Profesi Akuntan, serta S3 Ekonomi.

Setelah FKIP memperoleh 4 Prodi Terakreditasi Unggul, kemudian Arsitektur Unggul di Fakultas Teknik, dan Prodi Kehutanan Unggul di Fakultas Pertanian.

Kemudian setelah Prodi Kedokteran dan Profesi Dokter Terakreditasi A, maka FKIK telah memenuhi syarat untuk mengajukan Pendidikan Dokter Spesialis, dan rencananya akan dibuka Prodi Spesialis Emergensi. (bersambung)

 

-----

Artikel Bagian 5:

Unismuh Makassar Sudah Hasilkan 72 Ribu Alumni


Artikel Bagian 3:

Enam Bidang Keunggulan Unismuh Makassar

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama