Mahasiswa Unhas KKN pada 39 Desa dan Kelurahan di Bulukumba

KKN TEMATIK. Sebanyak 338 mahasiswa Unhas Makassar melaksanakan KKN Tematik pada 39 desa dan kelurahan di Kabupaten Bulukumba. Mereka diterima oleh Sekda Bulukumba, Muhammad Ali Saleng, di Ruang Pola Kantor Bupati Bulukumba, Rabu, 05 Juli 2023.


------

Kamis, 06 Juli 2023

 

Mahasiswa Unhas KKN pada 39 Desa dan Kelurahan di Bulukumba

 

BULUKUMBA, (PEDOMAN KARYA). Sebanyak 338 mahasiswa Universitas Hasanuddin (Unhas) Makassar melaksanakan Kuliah Kerja Nyata (KKN) Tematik pada 39 desa dan kelurahan di Kabupaten Bulukumba.

Para mahasiswa yang akan melaksanakan KKN diterima oleh Sekda Bulukumba, Muhammad Ali Saleng, di Ruang Pola Kantor Bupati Bulukumba, Rabu, 05 Juli 2023.

Pendamping KKN Gelombang 110 Unhas Makassar, Dr Abdul Wahid, dalam sambutannya melaporkan bahwa pelaksanaan KKN tematik tersebut merupakan periode Juni hingga Agustus 2023.

Tema yang diusung pada KKN Tematik kali ini yaitu “Pengembangan Produk Lokal dan UMKM Bulukumba” yang diikuti 171 mahasiswa, “Pertanian Organik” yang diikuti 105 mahasiswa), serta “Perhutanan Sosial Bialo Bulukumba” yang diikuti 62 mahasiswa.

“Jumlah total peserta KKN Tematik sebanyak 338 mahasiswa, yang akan disebar pada sembilan kecamatan,” kata Wahid.

Sekda Bulukumba, Muhammad Ali Saleng, menyampaikan selamat datang kepada seluruh mahasiswa Unhas Makassar, yang melakukan KKN di Kabupaten Bulukumba.

“Selamat datang di Kabupaten Bulukumba. Kami mewakili pemerintah menyampaikan terima kasih karena sudah memilih Bulukumba sebagai tempat untuk melakukan KKN,” kata Ali Saleng.

Ia berharap kehadiran para mahasiswa Unhas yang melakukan KKN di Kabupaten Bulukumba mempu memberikan kontribusi kepada masyarakat, khususnya di desa.

“Tema KKN yang diangkat tentu diharapkan bisa membantu program pemerintah pada bidang pengembangan produk lokal, pengembangan UMKM dan pertanian organik,” kata Ali Saleng.

Dengan tema-tema KKN yang ditawarkan ini, katanya, potensi desa di Kabupaten Bulukumba akan terus berkembang.

“Output dari KKN ini ada produk atau rekomendasi yang dihasilkan selama melaksanakan kegiatan KKN,” kata Ali Saleng pada acara penyambutan mahasiswa KKN yang dihadiri para camat, lurah, dan kepala desa yang menjadi lokasi KKN.

 

Daftar dan Kelurahan Lokasi KKN

 

Kecamatan, kelurahan dan desa yang menjadi lokasi KKN Unhas di Bulukumba terdiri atas Kecamatan Kindang (Desa Mattirowali, Desa Kindang, Desa Anrihua, Desa Balibo, Desa Kahayya, Kelurahan Borong Rappoa, Desa Oro Gading, Desa Tamaona, Desa Garuntung, Desa Sipaenre, Desa Somba Paling, Desa Benteng Paling, dan Desa Sopa).

Kecamatan Herlang (Desa Karassi, Desa Pataro, Desa Gunturu, dan Kelurahan Tanuntung). Kecamatan Ujung Loe (Desa Manjalling, Desa Manyampa, dan Kelurahan Dannuang).

Kecamatan Bonto Bahari (Desa Darubiah, Desa Ara, dan Kelurahan Benjala). Kecamatan Bonto Tiro (Desa Batang, Desa Bonto Tangnga, dan Desa Bonto Barua). Kecamatan Kajang (Desa Pantama, Kelurahan Tanah Jaya, Desa Laikang, dan Desa Tanah Towa).

Kecamatan Bulukumpa (Desa Jojjolo, Desa Barugae, Kelurahan Ballasaraja, Kelurahan Jawi Jawi, Desa Tibona, Desa Batulohe, dan Desa Baruga Riattang). Kecamatan Gantarang (Desa Bukit Harapan), serta Kecamatan Rilau Ale (Desa Anrang). (asnawin)


Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama