Unhas Makassar Peringkat 6 Nasional Versi The WUR Ranking

PERINGKAT ENAM. Times Higher Education World University Ranking (THE WUR) 2023 baru-baru ini merilis peringkat perguruan tinggi dan menempatkan Unhas pada peringkat ke-6 perguruan tinggi terbaik di Indonesia. 

 

--------

Senin, 03 Juli 2023

 

Unhas Makassar Peringkat 6 Nasional Versi The WUR Ranking

 

MAKASSAR, (PEDOMAN KARYA). Universitas Hasanuddin (Unhas) Makassar kembali mendongkrak posisi perangkingannya di kancah perguruan tinggi nasional. Times Higher Education World University Ranking (THE WUR) 2023 baru-baru ini merilis peringkat perguruan tinggi dan menempatkan Unhas pada peringkat ke-6 perguruan tinggi terbaik di Indonesia.

Times Higher Education World University Rankings (THE WUR) adalah publikasi tahunan peringkat universitas yang diterbitkan oleh majalah Times Higher Education (THE).

“Unhas naik lagi tiga peringkat dari posisi 9 untuk THE WUR pada 2022 tahun lalu,” ungkap Sekretaris Universitas Prof Sumbangan Baja MPhil PhD, dalam rilis yang dibuat Humas Unhas, Ahad, 02 Juli 2023.

Prestasi tersebut, katanya, berkat kerja keras semua pihak pada semua level universitas yang terus berupaya memajukan Unhas.

“Tentu kami ucapkan terima kasih kepada semua pihak, terutama sivitas akademika Unhas atas capaian-capaiannya yang menjadi indikator utama dalam perankingan THE WUR ini,” ujar Prof Sumbangan.

Selain THE WUR, prestasi menggembirakan juga datang dari rilis The Impact Rankings yang menempatkan Unhas di posisi ke-9 dari posisi ke-11 tahun 2022 lalu.

“Alhamdulillah, artinya Unhas naik lagi 2 peringkat dari posisi tahun lalu,” kata Prof Sumbangan.

Kepala Pusat Peningkatan Reputasi Unhas Prof Dr Rohani AR MSi, yang dihubungi secara terpisah membenarkan atas capaian-capaian Unhas yang menggembirakan tahun ini. 

Dia menjelaskannya, untuk THE WUR itu dalam mengukur prestasi-prestasi perguruan tinggi di dunia menggunakan 13 indikator kinerja.

“Ke-13 indikator kinerja masing-masing perguruan tinggi ini kemudian dikelompokkan ke dalam lima bidang utama untuk melakukan perhitungan pemeringkatan,” ungkap Prof Rohani.

Kelima bidang utama tersebut yaitu bidang lingkungan belajar (bobot 40%), penelitian (30%), pengaruh riset/sitasi (20%), internasional outlook (7,5%), dan transfer pengetahuan (2,5%). 

Ketika ditanya kiat-kiat Unhas memperbaiki peringkat, Rohani mengatakan, dilakukan dengan melihat potensi Unhas yang memungkinkan untuk dikembangkan dari ke-13 indikator kinerja THE WUR.

“Indikator-indikator potensil itu kita tingkatkan dalam kurun waktu setahun ini,” kata Rohani. (kia)


Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama