40 Prodi di Unismuh Makassar Ikuti Audit ISO 21001:2018

ISO 21001-2018. Rektor Unismuh Makassar Prof Ambo Asse (kelima dari kanan) didampingi Ketua BPH Prof Gagaring Pagalung (keempat dari kanan), para wakil rektor dan ketua lembaga, foto bersama Tim Auditor dari TUV Rheinland, Dr Abdul Manan Aruli, dan Dr Mochamad Toriq, serta pendamping dari Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY), Dr Nuryakin, pada pembukaan Audit Eksternal, di Balai Sidang Muktamar 47 Muhammadiyah Kampus Unismuh Makassar, Senin, 07 Agustus 2023. (ist) 

 

------

Senin, 07 Agustus 2023

 

40 Prodi di Unismuh Makassar Ikuti Audit ISO 21001:2018

 

MAKASSAR, (PEDOMAN KARYA). Sebanyak 40 program studi (Prodi) di Universitas Muhammadiyah (Unismuh) Makassar mengikuti Audit Eksternal ISO 21001:2018 tahap kedua, yang dilakukan lembaga sertifikasi TUV Rheinland, di Kampus Unismuh Makassar, Senin-Rabu, 7–10 Agustus 2023.

Standar ISO 21001:2018 adalah standar internasional yang menetapkan persyaratan untuk sistem manajemen mutu bagi organisasi pendidikan dalam mencapai tujuan dan menjalankan fungsi utamanya, yaitu memberikan pendidikan yang bermutu. Standar ini merupakan turunan dari ISO 9001:2015.

“Awalnya hanya 30 prodi yang siap mengikuti sertifikasi ISO ((The International Organization for Standardization). Alhamdulillah sekarang bertambah 10 lagi Prodi,” kata Rektor Unismuh Makassar, Prof Ambo Asse, pada Pembukaan Audit Tahap II, di Balai Sidang Muktamar 47 Muhammadiyah Kampus Unismuh Makassar, Jl Sultan Alauddin, Makassar, Senin, 07 Agustus 2023.

Kegiatan Pembukaan dihadiri Ketua Badan Pelaksana Harian (BPH) Unismuh Makassar Prof Gagaring Pagalung, para wakil rektor, para ketua badan/lembaga, para dekan, serta para Ketua Prodi. Tim Auditor dari TUV Rheinland terdiri yaitu Dr Abdul Manan Aruli, dan Dr Mochamad Toriq, serta pendamping dari Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY), Dr Nuryakin.

ISO 21001:2018 merupakan bukti keseriusan Unismuh Makassar dalam menjaga kualitas Jika Unismuh berhasil mendapatkan sertifikat ISO 21001:2018, hal itu merupakan bagian dari pencapaian visi menjadi kampus terkemuka dan unggul.

“Hal ini merupakan bukti, bahwa Unismuh merupakan kampus terkemuka, sebab Unismuh menjadi salah satu kampus yang paling awal mendapatkan sertifikat ISO 21001:2018 di kawasan timur Indonesia,” kata Ambo Asse.

Audit ekternal ISO 21001:2018 bagi Unismuh kali ini merupakan tahap kedua. Audit eksternal tahap pertama digelar pada 10-12 Juli 2023.

Ketua BPH Unismuh, Prof Gagaring Pagalung, menyebut bahwa ISO 21001:2018 adalah salah satu momentum bagi Unismuh untuk mendapatkan pengakuan pihak luar.

Agenda audit dalam tiga hari yaitu pada hari pertama akan difokuskan pada level Pimpinan Universitas, Badan Penjaminan Mutu dan Biro Administrasi Akademik, Kemahasiswaan, dan Sistem Informasi (BAAKSI), Badan Penjaminan Mutu, dan Lembaga Pengembangan Kemahasiswaan dan Alumni (LPKA).

Pada hari pertama, tim auditor juga bakal mengunjungi Badan Perencanaan, Pengawasan, dan IT (Bapepan IT), serta dan Lembaga Pendidikan dan Pengembangan Aktivitas Instruksional (LP2AI). Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) juga bakal dikunjungi.

Pada hari kedua, Audit eksternal digelar di Lembaga Penelitian, Pengembangan dan Pengabdian Masyarakat (LP3M), Biro Administrasi Umum, Keuangan, Sumber Daya dan Asset (BAUKS), Lembaga Pengembangan Bahasa, Kerja Sama, dan Urusan Internasional LPBKUI), Unit Pelaksana Teknis Penerimaan Mahasiswa Baru (UPT PMB).

Pada hari yang sama, Tim Auditor bakal melakukan verifikasi di Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) serta Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP).

Sementara itu, pada hari terakhir, audit eksternal ISO 21001:2018, bakal dilaksanakan di Program Pascasarjana, Fakultas Teknik, Fakultas Agama Islam, dan Fakultas Pertanian.

“Pada hari ketiga pula, tim review akan menyampaikan hasil temuan selama proses audit. Secara khusus kami akan mengundang Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Sulsel untuk mendengar secara langsung hasil audit ISO di Unismuh Makassar,” kata Wakil Rektor I Unismuh Dr Abdul Rakhim Nanda. (her)

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama