Fungsi dan Manfaat Website dalam Pembangunan Desa

Pemanfaatan sumber daya yang tepat dapat membantu desa menuju taraf yang lebih baik dan lebih maju. Salah satunya melalui pemanfaatan website desa sebagai sarana komunikasi dan informasi antara pemerintah desa dan warga.


------------

PEDOMAN KARYA

Rabu, 02 Agustus 2023

 

ARTIKEL ILMIAH

 

Pemanfaatan Website dalam Perencanaan Pembangunan Desa (3-habis):

 

Fungsi dan Manfaat Website dalam Pembangunan Desa

 

Oleh: Asnawin Aminuddin

(Mahasiswa S2 Ilmu Pemerintahan Universitas Pancasakti Makassar)

 

Pemanfaatan Website dalam Perencanaan Pembangunan Desa

 

Pembangunan pedesaan mengalami perubahan signifikan sejak adanya digitalisasi Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK). Teknologi media hibrida terbukti mempermudah desa-desa inovatif membangun jejaring dan memberdayakan komunitasnya guna mempersempit kesenjangan TIK, salah satunya adalah melalui Gerakan Desa Membangun (GDM).

Di zaman yang serba digital seperti ini, dimana internet sudah menjadi kebutuhan semua orang, desa perlu berinovasi dan menyesuaikan dengan perkembangan dunia saat ini.

Pemanfaatan sumber daya yang tepat dapat membantu desa menuju taraf yang lebih baik dan lebih maju. Salah satunya melalui pemanfaatan website desa sebagai sarana komunikasi dan informasi antara pemerintah desa dan warga.

Website desa adalah situs yang dibuat dengan tujuan untuk memuat semua informasi tentang desa. Dengan adanya informasi yang lengkap, warga lebih mudah mendapat akses mengenai desa dan tentunya resmi karena bersumber dari desa sendiri. Website desa dapat dijadikan sebagai representasi atau wajah pemerintah desa di dunia digital, khususnya di platform web.

Penggunaan website desa juga dapat diharapkan sebagai media penyebaran informasi dan pengumuman kepada warga dengan lebih cepat serta dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya.

Banyak manfaat yang bisa didapatkan oleh desa dengan menyediakan website, antara lain sebagai sarana informasi resmi. Manfaat adanya website desa yang utama adalah tersedianya kanal online yang bisa diakses oleh warga untuk memperoleh informasi resmi terkait desa.

Informasi yang perlu ada di website desa meliputi profil dan sejarah desa, kegiatan desa, nama-nama aparatur desa, dan sebagainya.  Dengan begitu warga tidak harus datang ke kantor desa untuk melihat papan informasi. Mereka dapat dengan mudah memperoleh informasi melalui layar gawai di manapun dan kapanpun.

Website desa juga menjadi media publikasi pembangunan desa, media publikasi untuk proyek pembangunan desa. Dengan begitu, warga dapat memantau penggunaan anggaran di tahun berjalan—maupun tahun-tahun sebelumnya—yang dialokasikan untuk pembangunan desa. Hal ini sebagai bentuk transparansi dan pertanggungjawaban pemerintah desa atas anggaran dana desa.

Website desa juga berfungsi sebagai pusat data desa yang lengkap. Seyogyanya website desa memuat data seperti demografi penduduk, sarana prasana dan infrastruktur yang ada di desa, dokumen peraturan desa, lembaga-lembaga desa serta data yang berhubungan dengan geospasial (batas desa, batas dusun, RT/RW. dll). Dengan adanya data yang lengkap, website desa dapat menjadi rujukan ketika sewaktu-waktu warga ataupun instansi lain membutuhkan data tersebut.

Manfaat lainnya, website desa menjadi media promosi desa. Setiap desa tentu memiliki potensi yang bisa menarik minat masyarakat luar, misalnya kearifan lokal, kekayaan budaya, kuliner bahkan potensi wisata alam.

Website desa dapat dijadikan sebagai media untuk membantu pemerintah dalam melakukan promosi sehingga banyak orang yang mengetahui dan tertarik untuk berkunjung. Hal ini tentu mendatangkan keuntungan tersendiri bagi masyarakat desa itu.

Website desa pun bermanfaat sebagai media koordinasi keamanan desa, apalagi saat ini semakin banyak berita bohong atau hoaks yang perkembangannya sangat pesat. Hoaks dapat berakibat fatal dalam sebuah masyarakat, disitulah website untuk desa dapat menunjukkan perannya sebagai sumber pemberi informasi paling akurat dan terpercaya.

Website desa sekaligus juga menjadi media silaturrahim perangkat desa dengan warganya. Tersedianya website untuk desa memang harus dimanfaatkan untuk lebih menghubungkan perangkat desa dengan warga yang ada di desa tersebut.

Manfaat berikutnya, website desa menjadi alat untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia (SDM) desa. Dalam hal ini, maksudnya adalah dengan adanya website desa, maka dapat pula dimanfaatkan untuk menyediakan fitur yang sesuai dengan karakteristik warga desa tersebut. Misalnya, website tersebut dilengkapi dengan berbagai video yang dapat dimanfaatkan untuk meningkatkan SDM desa contohnya seperti video yang terkait dengan pertanian, peternakan dan lain sebagainya.

Tersedianya website untuk desa akan dapat membantu masyarakat desa agar lebih tergerak untuk semakin semangat mempelajari IT dan internet dengan cara yang benar yang sesuai dengan batasannya. Cara seperti itu secara tidak langsung diharapkan dapat berkembang lebih maju dan sejahtera.

Website desa secara tidak langsung juga menjadi alat komunikasi dua arah. Meskipun di desa yang umumnya memiliki wilayah cukup kecil, namun masih saja terdapat kendala komunikasi antara warga dengan pemerintahan desa. Hal seperti itu biasanya disebabkan karena warga sulit mengajukan keluhan yang mereka rasakan terkait dengan kinerja pemerintah desa.

Karena itulah, dengan adanya website desa, diharapkan lebih mudah menampung aspirasi dan keluhan warga desa setempat. Website untuk desa dapat dijadikan sebagai alat komunikasi dua arah yang semakin mampu mendekatkan pemerintah dengan warganya.

Yang tak kalah pentingnya, website desa dapat menjadi media pengaduan dan penyerapan aspirasi masyarakat. Warga desa berhak melakukan pengaduan jika terdapat layanan yang dirasa kurang optimal.

Dengan adanya laporan dan pengaduan, pemerintah desa bisa berbenah melakukan evaluasi dan perbaikan layanan sehingga dapat lebih baik lagi ke depannya. Untuk memudahkan warga melakukan hal tersebut, pemerintah desa bisa memberikan layanan pengaduan melalui website desa.

 

BAB III KESIMPULAN DAN SARAN

 

Kehadiran website desa menjadi hal yang penting bagi desa agar dapat terus berkembang dan mengikuti arus zaman. Website desa dapat dimanfaatkan untuk berbagai hal yang berguna bagi pemerintah desa maupun masyarakat desa.

 

DAFTAR PUSTAKA

BUKU:

Kessa, Wahyudin; 2015; Perencanaan Pembangunan Desa; Diterbitkan Oleh Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Republik Indonesia 

 

JURNAL:

Badri, Muhammad; Pembangunan Pedesaan Berbasis Teknologi Informasi Dan Komunikasi (Studi Pada Gerakan Desa Membangun); Jurnal RISALAH, Vol. 27, No. 2, Desember 2016: 62-73

 

UNDANG-UNDANG:

Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2014, tentang Sistem Perencanaan Pembangunan Nasional

Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2014, tentang Desa

Undang-undang Nomor 14 Tahun 2008, tentang Keterbukaan Informasi Publik.

 

INTERNET:

Badri, Muhammad; Pembangunan Pedesaan Berbasis Teknologi Informasi Dan Komunikasi (Studi Pada Gerakan Desa Membangun); https://www.neliti.com/id/publications/127839/pembangunan-pedesaan-berbasis-teknologi-informasi-dan-komunikasi-studi-pada-gera;

Desa; https://id.wikipedia.org/wiki/Desa; Dikutip pada Selasa, 01 Agustus 2023

Pemerintah Desa; https://id.wikipedia.org/wiki/Pemerintah_Desa; Dikutip pada Selasa, 01 Agustus 2023

Pentingnya Website Desa untuk Kemajuan Desa; https://labuan-ratolindo.desa.id/artikel/2021/5/28/pentingnya-website-desa-untuk-kemajuan-desa; Dikutip pada Selasa, 01 Agustus 2023

Situs web; https://id.wikipedia.org/wiki/Situs_web; Dikutip pada Rabu, 02 Agustus 2023

Website Desa: Pengertian, Contoh, dan Manfaatnya bagi Desa; https://www.trivusi.web.id/2021/11/pengertian-contoh-dan-manfaat-website-desa.html; Dikutip pada Selasa, 01 Agustus 2023

 

------

Artikel Bagian 1:

Website, Internet Protocol, dan Domain 

Artikel Bagian 2:

Fungsi dan Manfaat Website dalam Pembangunan Desa 

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama