Kepala BSKAP Kemdikbudristek Berdialog dengan Guru Penggerak di Soppeng

DIALOG GURU PENGGERAK. Kepala BSKAP Kemdikbudristek RI, Anindito Aditomo (kedua dari kanan), berkunjung ke SMPN 1 Watansoppeng, Selasa, 15 Agustus 2023. (ist)

 

-------

Kamis, 17 Agustus 2023

 

Kepala BSKAP Kemdikbudristek Berdialog dengan Guru Penggerak di Soppeng

 

MAKASSAR, (PEDOMAN KARYA). Kepala Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan (BSKAP) Kemdikbudristek RI, Anindito Aditomo, berdialog dengan sembilan guru penggerak dan Kepala SMPN 1 Watansoppeng, Supriyadi Usman, di Ruang Keala Sekolah SMPN 1 Watansoppeng, Sulawesi Selatan, Selasa, 15 Agustus 2023.

Anindito dalam dialog tersebut didampingi Kepala Pusat Standar dan Kebijakan Pendidikan, Irsyad Zamjani, Kepala Balai Besa Guru Penggerak (BBGP) Sulsel, Arman Agung, dan Kepala Balai Besar Penjaminan Mutu Pendidikan (BBPMP) Sulsel, Imran.

Kepala BSKAP Anindito Aditomo mengatakan, setiap kebijakan perlu ada perbaikan. Dalam kaitan itulah dilakukan dialog dengan guru penggerak terkait aktivitas pembelajaran dalam konteks praktik Kurikulum Merdeka.

“Masukan langsung dari guru sangat berharga,” kata Anindito.

Banyak hal terungkap dalam dialog yang berlangsung dinamis itu. Guru merasakan perbedaan mendasar dalam proses belajar dengan Kurikulum Merdeka.

“Dulu guru fokus di kelas, sekarang tidak lagi. Siswa dibawa keluar lingkungan sekolah mengunjungi tempat rekreasi misalnya,” kata Anindito.

Pola itu diharapkan bakal memberi hasil maksimal. Kurikulum sekarang lebih fokus pada pengembangan anak didik, sehingga siswa-siswi bebas mengembangkan bakat dan minat masing-masing.

“Dengan Kurikulum Merdeka, anak-anak lebih mudah mengeksplor kemampuannya,” kata Anindito.

Kepala SMPN 1 Watansoppeng, Supriyadi Usman, mengaku membuat komunitas yang melibatkan orang tua dan guru. Harapannya, setiap permasalahan siswa diselesaikan di sekolah.

Dia juga menjelaskan bahwa, sekolah memanfaatkan Hari Ahad fokus dan full untuk kegiatan kepramukaan.

Sebelum berkunjung ke SMPN 1 Watansoppeng, Anindito beserta rombongan bertemu Bupati Soppeng, Andi Kaswadi Razak, mendiskusikan seputar perkembangan pendidikan di Soppeng.

Seusai bertemu Bupati Soppeng dan tiba di SMPN 1 Watansoppeng, Anindito dan rombongan disambut tari paduppa persembahan siswi sekolah tersebut. Tarian Padduppa adalah tarian khas menyambut tamu. Sambutan siswa-siswi SMPN 1 Watansoppeng masih berlanjut di halaman sekolah. Mulai dari aksi kader pramuka hingga aksi beladiri karate. (re)

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama