Ponpes Darul Fallaah Unismuh Gelar Kemah Tahfidz dan Upacara HUT Proklamasi di Bissoloro Gowa

KEMAH TAHFIDZ DAN UPACARA. Direktur Ponpes Darul Fallaah Unismuh Makassar Bissoloro, Dr Dahlan Lama Bawa (foto kiri atas) memberikan amanah pada Upacara Peringatan HUT Ke-78 Proklamasi Kemerdekaan Indonesia, di Desa Bissoloro, Kecamatan Bungaya, Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan, Kamis, 17 Agustus 2023, yang menutup seluruh rangkaian acara Kemah Tahfidz Ponpes Darul Fallah Bissoloro. 



------

Sabtu, 19 Agustus 2023

 

Ponpes Darul Fallaah Unismuh Gelar Kemah Tahfidz dan Upacara HUT Proklamasi di Bissoloro Gowa

 

GOWA, (PEDOMAN KARYA). Pondok Pesantren Darul Fallaah Unismuh Makassar, Desa Bissoloro, Kecamatan Bungaya, Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan, menggelar kemah tahfidz guna menyemarakkan Peringatan Hari Ulang Tahun ke-78 Proklamasi Kemerdekaan Indonesia, di sekitar area pondok pesantren, 14-17 Agustus 2023.

Kemah Tahfidz yang digelar selama empat hari tersebut diramaikan dengan berbagai macam lomba seni dan olahraga, serta ditutup dengan Upacara Peringatan HUT Ke-78 Proklamasi Kemerdekaan RI, Kamis, 17 Agustus 2023.

Perkemahan diikuti 193 santri dan para santri tersebut berkemah pada 26 tenda, terdiri atas 14 tenda santri putri dan 12 kemah santri putra.

“Para santri didampingi wali kelas dan wali asrama masing-masing,” kata Ketua Panitia, Ismail, dalam laporannya pada penutupan kemah tahfidz.

Perkemahan diawali dengan Malam Bina Iman dan Taqwa (MABIT) pada malam pertama dan keesokan harinya hingga hari terakhir dilangsungkan berbagai pertandingan olahraga dan seni, antara lain pertandingan sepakbola mini, sepak takraw, tarik tambang, qasidah, kaligrafi, lomba pidato, lomba esai Bahasa Arab dan Bahasa Inggris, Hafks Hadits, serta Tahfidz dan Tilawah.

Hasil lomba, SMP Darul Fallaah keluar sebagai juara umum, menyusul SMK Trenqaun yang baru didirikan pada tahun 2023 sebagai juara umum kedua, serta Madrasah Aliyah Darul Fallaah sebagai juara umum ketiga.

Upacara Peringatan HUT Ke-78 Proklamasi Kemerdekaan RI, dilaksanakan pada Kamis, 17 Agustus 2023, di area Ponpes yang dipimpin Direktur Ponpes Darul Fallaah Unismuh Makassar, Dr Dahlan Lama Bawa, serta dihadiri Dekan Fakultas Agama Islam (FAI) Unismuh Makassar, Dr Amirah Mawardi, para pimpinan satuan sekolah, wali kelas dan dan guru, serta para santri yang berjumlah sekitar 200 orang.

Dahlan Lama Bawa selaku inspektur upacara mengatakan, Kemerdekaan Republik Indonesia pada tahun 1945 merupakan hasil perjuangan para pahlawan dan atas berkat rahmat Allah Yang Maha Kuasa.

“Maka kemerdekaan itu harus diisi, disyukuri, dan dipertahankan,” tandas Dahlan.

Kemerdekaan yang diraih Indonesia, katanya, butuh perjuangan para syuhada. Karena itu, Dahlan mengingatkan para santri untuk menjadi santri yang saleh dan salehah ditandai dengan tekun dalam belajar, santun dalam bergaul, dan tertib dalam ibadah.

“Dan tetap berkhidmat kepada NKRI (Negara Kesatuan Republik Indonesia) hingga akhir hayat,” tegas Dahlan. (met)



Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama