Presiden AMDA Jadi Pembicara di Fakultas Kedokteran Unismuh Makassar

Presiden AMDA Shigeru Suganami (ketiga dari kiri) dan Rektor Unismuh Makassar Prof Ambo Asse (ketiga dari kanan), foto bersama Chairman AMDA Indonesia Prof Husni Tanra (keempat dari kiri), Wakil Rektor I Unismuh Dr Abdul Rakhim Nanda (kedua dari kiri) seusai penandantanganan MoU antara Unismuh Makassar dengan AMDA, di Aula Fakultas Kedokteran Universitas Muhammadiyah (Unismuh) Makassar, Kamis, 03 Agustus 2023. (ist)

 

-------

Sabtu, 05 Agustus 2023

 

Presiden AMDA Jadi Pembicara di Fakultas Kedokteran Unismuh Makassar

 

-          Unismuh Makassar – AMDA Teken MoU

 

MAKASSAR, (PEDOMAN KARYA). Presiden Association of Medical Doctors of Asia (AMDA), Shigeru Suganami MD PhD, jadi pembicara pada Kuliah Umum (Studium Generale) di Aula Fakultas Kedokteran Universitas Muhammadiyah (Unismuh) Makassar, Kamis, 03 Agustus 2023.

Association of Medical Doctors of Asia (AMDA) atau Asosiasi Dokter Medis Asia yang didirikan pada tahun 1984 dan berpusat di Jepang adalah organisasi nirlaba internasional yang membantu korban bencana alam dan pengungsi di Asia , Afrika dan Eropa tengah.

Shigeru Suganami dalam kuliah umumnya mengajak mahasiswa kedokteran rajin mengikuti kegiatan kerelawanan agar mendapat banyak pengalaman dan hal itu akan sangat bermanfaat jika mahasiswa menjadi dokter kelak.

“AMDA menekankan prinsip gotong royong dalam aktivitasnya. Gotong royong dapat diaplikasikan di dalam kehidupan dimanapun di dunia ini,” kata Shigeru.

Dia mengatakan, selain mendirikan AMDA, ia juga merupakan pendiri Asian Medical Student’s Association (AMSA), sehingga kolaborasi AMDA dan AMSA bisa terus bekerja sama dan bermanfaat bagi sesama.

Dalam kuliah umum tersebut, pihak Unismuh Makassar dan AMDA juga menandatangani perjanjian kerjasama (MoU) dalam bidang penelitian dan pengembangan di sektor kesehatan.

AMDA dan AMSA selama ini sering terjun sebagai relawan dalam berbagai bencana, sedangkan Fakultas Kedokteran Unismuh Makassar mengusung penciri ‘kegawatdaruratan’, sehingga sangat sejalan dengan sepak terjang AMDA dan AMSA.

MoU ditandatangani oleh Rektor Unismuh Makassar Prof Ambo Asse dan Presiden AMDA Shigeru Suganami disaksikan Wakil Rektor I Unismuh Dr Abdul Rakhin Nanda, dan Chairman AMDA Indonesia Prof Husni Tanra.

Penandatanganan MOU ini menunjukkan komitmen bersama dalam meningkatkan kualitas pendidikan dan pelayanan kesehatan di Indonesia, serta menjalin kerjasama yang lebih erat antara universitas dan organisasi medis internasional.

“Kolaborasi ini akan membawa banyak peluang untuk kemajuan dalam bidang kesehatan, dan kami berharap akan memberikan manfaat yang signifikan bagi masyarakat,” kata Ambo Asse. (has)


Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama