SD Negeri Borong Makassar Gelar Porseni HUT Proklamasi

PORSENI. Murid-murid SD Negeri Borong, Kecamatan Manggala, Kota Makassar, melakukan pawai keliling Jalan Borong, sebagai pembuka Porseni HUT Ke-78 Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia, Kamis, 10 Agustus 2023. (ist) 

 

------

Jumat, 11 Agustus 2023

 

SD Negeri Borong Makassar Gelar Porseni HUT Proklamasi

 

MAKASSAR, (PEDOMAN KARYA). SD Negeri Borong, Kecamatan Manggala, Kota Makassar menggelar Pekan Olahraga dan Seni (Porseni) HUT ke-78 Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia, 10-14 Agustus 2023.

Porseni memperlombakan lomba lari kelereng, paduan suara, senam PGRI, nasyid, lomba baca puisi, tari kreasi, gasing, dan lomba kebersihan kelas. Porseni yang dibuka oleh Kepala Sekolah SD Negeri Borong, Dra Hj Hendriati Sabir MPd, diawali dengan pawai keliling Jalan Borong Raya, Makassar, Kamis, 10 Agustus 2023.

Murid-murid berbaris menurut kelas masing-masing. Selain berbusana nuansa merah putih, mereka juga membawa bendera merah putih, dan stiker bendera merah putih yang ditempel di pipinya.

Perayaan menyambut HUT Proklamasi Kemerdekaan RI bukan hanya diikuti guru, murid, dan tenaga kependidikan, melainkan juga orang tua murid. Mereka terlihat menikmati kegiatan lomba yang diadakan, dan orang tua murid yang tergabung dalam Bunda Pustaka, juga berpartisipasi dengan menjual aneka penganan yang menambah semarak kegiatan.

Nuansa perayaan HUT Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia sangat terasa. Mulai dari pintu gerbang hingga halaman sekolah suasana perayaan itu sudah terasa. Warna merah putih dominan terlihat, termasuk pada pakaian yang dikenakan guru dan siswa.

Dalam Porseni ini ada beberapa juri yaitu M Amin Syam SPd dan Evawaty Bahtiar SPd, keduanya merupakan guru Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan (PJOK), serta Syahrina SPd, Salam, dan Sultan selaku pelaksana lomba.

Lomba kelereng diperuntukkan bagi murid-murid kelas rendah (kelas 1, 2, dan 3). Panitia membuat ketentuan lomba, mula-mula lomba diadakan per kelas, pemenangnya kemudian mewakili kelas tersebut untuk lomba antar kelas. Anak-anak terlihat bersemangat mengikuti lomba.

“Saya dua kali ikut. Yang pertama, saya juara 1, lalu ikut lagi, juara 2,” kata Alfatih, murid kelas 2B.

Kegembiraan bukan saja dirasakan peserta lomba kelereng tapi juga lomba PGRI yang diadakan per grup. Nabila dan Cica, murid kelas 6B, mengatakan, sebelum tampil, mereka mempersiapkan senam PGRI selama 5 hari. Mereka latihan di kelas, belajarnya dengan melihat di YouTube.

Sementara Andi Aisyah Ramadhani, murid kelas 4A, mengatakan dia bisa mengikuti senam PGRI dengan baik karena setiap hari Sabtu ada senam PGRI. Senam PGRI ini bukan hanya bisa membuat tubuh anak-anak sehat tapi juga jiwa mereka. Ada banyak motivasi dan pesan yang berisi pendidikan karakter dalam liriknya. (rt)


Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama