Tim Penjaminan Mutu 20 PTS Sumatera Utara Berkunjung ke Unismuh Makassar

PENJAMINAN MUTU. Rektor Unismuh Makassar Prof Ambo Asse (kedua dari kanan), didampingi Wakil Rektor 1 Dr Abdul Rakhim Nanda (paling kanan), dan Kepala Badan Penjaminan Mutu Unismuh, Dr Burhanuddin (paling kiri) foto bersama di Ruang Rapat Senat Gedung Menara Iqra Lantai 17 Kampus Unismuh Makassar. (ist)

 

------

Rabu, 02 Agustus 2023

 

Tim Penjaminan Mutu 20 PTS Sumatera Utara Berkunjung ke Unismuh Makassar

 

MAKASSAR, (PEDOMAN KARYA). Tim Penjaminan Mutu 20 pimpinan perguruan tinggi swasta lingkup Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDikti) Wilayah 1 Sumatera Utara berkunjung ke Universitas Muhammadiyah (Unismuh) Makassar, Selasa, 01 Agustus 2023.

Rombongan yang dipimpin oleh Kepala LLDikti I Sumatera Utara, Prof Saiful Anwar Matondang, diterima Rektor Unismuh Makassar Prof Ambo Asse, didampingi Wakil Rektor 1 Dr Abdul Rakhim Nanda, dan Kepala Badan Penjaminan Mutu (BPM) Unismuh, Dr Burhanuddin, di Ruang Rapat Senat Gedung Menara Iqra Lantai 17 Kampus Unismuh Makassar.

“Kami merasa tersanjung, menjadi tujuan benchmarking, padahal kami juga menyadari, bahwa kami masih sementara dalam proses pembenahan. Sekarang kami dalam proses persiapan reakreditasi institusi, dengan target Akreditasi Unggul,” kata Wakil Rektor I Unismuh Makassar, Abdul Rakhim Nanda, yang memandu pertemuan dalam sambutannya.

Kepala LLDikti Wilayah 1 Sumatera Utara, Saiful Anwar Matondang, mengatakan, benchmarking (penolokukuran) yang mereka lakukan bertujuan mempelajari pengelolaan penjaminan mutu dan pengembangan program studi di Unismuh Makassar.

“Kami akan menggunakan metode ATM, yakni Amati, Tiru, dan Modifikasi, dalam proses benchmarking ini,” kata Saiful Anwar.

Dia mengatakan, perwakilan perguruan tinggi yang datang adalah para tim badan penjaminan mutu di perguruan tinggi masing-masing.

“Para dosen Unismuh, yang telah menjadi asesor BAN PT, jika perlu kami pinjam ke Medan, untuk berbagi pengetahuan dan pengalaman, sekaligus jalan-jalan ke Danau Toba,” kata Saiful Anwar sambil tersenyum yang disambut senyuman para hadirin.

Rektor Unismuh, Prof. Ambo Asse, menyambut hangat peserta benchmarking. Ia memaparkan profil kampus Unismuh Makassar. Terkait dengan akreditasi prodi, Ambo Asse menyebut, saat ini Unismuh mengelola 52 prodi.

“Alhamdulillah, sudah sembilan program studi Terakreditasi Unggul, sebelas Terakreditasi A, sembilan Terakreditasi Baik Sekali, sebelas Terakreditasi B, dan selebihnya Terakreditasi Baik,” rinci Ambo Asse.

Kepala Badan Penjaminan Mutu (BPM) Unismuh, Dr Burhanuddin, menyampaikan gambaran mengenai proses penjaminan mutu yang telah diimplementasikan di Kampus Unismuh, yang semuanya telah terdigitalisasi.

Dalam kesempatan yang sama, dilakukan penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) antara 14 perguruan tinggi di bawah naungan LLDikti Wilayah I dengan Unismuh, sebagai langkah awal dalam mengintensifkan kerjasama di bidang tridharma perguruan tinggi.

Acara diakhiri dengan saling tukar cinderamata antara Unismuh dengan 20 kampus tersebut. Secara khusus, ada pemberian cinderamata Songkok Recca dari Rektor Unismuh kepada Kepala LLDikti Wilayah I, dan sebaliknya ada pemberian selendang Ulos dari Saiful Anwar kepada Ambo Asse.

Ke-20 perguruan tinggi yang berkunjung ke Unismuh yaitu STIE Graha Kirana, STIKes Mitra Husada Medan, Universitas Muslim Nusantara Al-Washliyah, Universitas Pembangunan Panca Budi, Universitas HKBP Nommensen, STKIP Budidaya Binjai.

Institut Kesehatan Medistra Lubuk Pakam, Inkes Deli Husada Deli Tua, Politeknik Adiguna Maritim Indonesia Medan, UISU, Institut Kesehatan Helvetia, STIKes Arta Kabanjahe, STIKes Senior Medan, Politeknik Cendana, STIM Sukma, STOK Binaguna, Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara, STIKes As Syifa, UNPRI, UPMI. (met)


Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama