TNI Manunggal Membangun Desa Realisasikan Harapan Masyarakat Takalar

TNI MANUNGGAL MEMBANGUN DESA. TMMD Ke-117 Kodim 1426/Takalar, Korem 141/Toddopuli, Kodam XIV/Hasanuddin, 12 Juli 2023 sampai dengan 10 Agustus 2023, melaksanakan berbagai kegiatan pembangunan antara lain pembuatan tana tani sepanjang 1,4 kilometer dengan lebar 4,5 meter, pembuatan talud sepanjang 2.800 meter, jembatan 2 M x 4,5 M, plat duecker 1 buah, pembuatan gorong-gorong 3 titik, serta rehab dua unit rumah warga dan pembuatan sarana MCK (Mandi Cuci Kakus). 

 

------

Sabtu, 12 Agustus 2023

 

TNI Manunggal Membangun Desa Realisasikan Harapan Masyarakat Takalar

 

TAKALAR, (PEDOMAN KARYA). Masyarakat Takalar, khususnya yang bermukim di sekitar Kelurahan Bontokadatto dan Kelurahan Canrego, Kecamatan Polongbangkeng Selatan, sudah lama berharap ada jalan tani yang menghubungkan kedua kelurahan tersebut.

Jalan tani tersebut berguna selain menghubungkan kedua kelurahan tersebut, juga untuk menahan luapan banjir yang setiap tahun terjadi sehingga merusak hasil pertanian dan menganggu aktivitas masyarakat.

Harapan masyarakat tersebut akhirnya terealisasi melalui kegiatan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Ke-117 Kodim 1426/Takalar, Korem 141/Toddopuli, Kodam XIV/Hasanuddin, yang dimulai 10 Juli 2023 sampai dengan 10 Agustus 2023.

Jalan tani yang membelah areal persawahan tersebut panjangnya 1,4 kilometer dengan lebar 4,5 meter, dikerjakan bersama oleh Tim Satgas TMMD Ke-117 yang berjumlah 162 personil, terdiri atas 111 anggota TNI Angkatan Darat (AD), 12 personil TNI Angkatan Udara (AU), 5 personil Angkatan Laut (AL), 12 personil Polri, 12 orang pegawai Pemda Takalar, dan 10 warga sipil, serta dibantu oleh masyarakat setempat.  

Selain pembuatan jalan tani sepanjang 1,4 kilometer dengan lebar 4,5 meter di Kelurahan Bontokadatto dan Kelurahan Canrego, TMMD Ke-117 Kodim 1426/Takalar juga melakukan beberapa kegiatan di Desa Cikoang, Kecamatan Mangarabombang.

Kegiatan yang dilakukan pada dua kelurahan dan satu desa itu selain pembuatan jalan tani, juga pembuatan talud sepanjang 2.800 meter, jembatan 2 M x 4,5 M, plat duecker 1 buah, pembuatan gorong-gorong 3 titik, serta rehab dua unit rumah warga dan pembuatan sarana MCK (Mandi Cuci Kakus).

Selain kegiatan fisik, juga ada beberapa kegiatan non-fisik, antara lain penyuluhan kesehatan, wawasan kebangsaan, ketertiban, dan keagamaan.

TMMD Ke-117 dibuka secara resmi dengan upacara di Lapangan Baba Kelurahan Bontokadatto, Kecamatan Polongbangkeng Selatan, Kabupaten Takalar, Rabu, 12 Juli 2023, dan ditutup di tempat yang sama pada Kamis, 10 Agustus 2023.

Penutupan TMMD dilakukan dalam upacara yang dipimpin langsung Panglima Kodam XIV/Hasanuddin Mayjen TNI Dr Totok Imam Santoso, dengan Komandan Upacara Dandim 1425/Jeneponto Letkol Inf Muhammad Amin, serta dihadiri Pj Bupati Takalar Setiawan Aswad, dan unsur Forkopimda Takalar.

Pj Bupati Takalar Setiawan Aswad, menyampaikan terima kasih dan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada Pangdam XIV/Hasanuddin beserta jajarannya yang sudah bersama-sama dengan Pemerintah Kabupaten Takalar memecahkan berbagai permasalahan di masyarakat.

“Dengan adanya kegiatan ini, sinergi kebersamaan antara TNI Angkatan Darat, Kepolisian, dan masyarakat harus kita kuatkan,” kata Setiawan.

Pangdam XIV/Hasanuddin Mayjen TNI Totok Imam Santoso, mengatakan penutupan TMMD Reguler Ke-117 bukan hanya di wilayah Kodim 1426/Takalar, melainkan juga pada tiga daerah lainnya dalam wilayah Kodam XIV/Hasanuddin yaitu Kodim 1411/Bulukumba, Kodim 1428/Mamasa, Sulawesi Barat, serta di Korem 143/Halu Oleo, Kendari, Sulawesi Tenggara.

Pada upacara tersebut juga diserahkan bantuan sembako bagi masyarakat kurang mampu, pemberian tali asih bagi anak yatim, pengobatan massal di antaranya pemeriksaan kesehatan mata dan lainnya, serta pemberian hadiah bagi para pemenang pertandingan olahraga sepak bola, sepak takraw, dan bola voli. (Hasdar Sikki)

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama