Foto Wisma Tunarungu di Bandung Tahun 1920

 

Foto atas: Internaat Voor Doofstommen te hoek Riouwstraat een de Lombokstraat Bandoeng 1920 (Sumber: KITLV Universiteit Leiden). Foto bawah: Restoran siap saji KFC di sudut Jl.L.L.R.E Martadinata dan Jl.Lombok Bandung 2023 (Koleksi Foto Pribadi)


-----

PEDOMAN KARYA

Rabu, 06 September 2023

 

Foto-foto Bersejarah:

 

Foto Wisma Tunarungu di Bandung Tahun 1920

 



Foto adalah gambar yang berbicara. Ia berbicara tentang tempat, peristiwa, orang, benda, bangunan, dan lain-lain. Maka sangat penting bagi para fotografer menulis keterangan atau informasi mengenai apa yang ada dalam foto tersebut, terutama kegiatan, nama orang, tempat, serta nama benda dan tanggal kejadian.

Media sosial Facebook kini menjadi salah satu wadah bagi para fotografer dan pencinta sejarah untuk menyajikan foto-foto lama, baik foto-foto yang memiliki nilai sejarah, maupun foto biasa tentang masa lalu.

Hari Rabu pagi, 06 September 2023, saya membuka Facebook. Di grup “Bangunan Kolonial kota2 Indonesia”, terpajang sebuah foto yang diposting Iwan Bermansyah, pada 1 September 2023.

Foto tersebut merupakan gabungan dua foto yang disusun atas bawah. Iwan Bermansyah memberi keterangan gambar;

Atas dulu: Internaat Voor Doofstommen te hoek Riouwstraat een de Lombokstraat Bandoeng 1920 (Sumber: KITLV Universiteit Leiden)

Bawah kini: Restoran siap saji KFC di sudut Jl.L.L.R.E Martadinata dan Jl.Lombok Bandung 2023 (Koleksi Foto Pribadi)

Sampai dengan Rabu siang, 06 September 2023, foto tersebut sudah dibagikan sebanyak 238 kali, dengan 510 komentar. Komentar-komentar tersebut sebagian berisi diskusi mengenai foto tersebut.

Akun Dewi Kunti memberikan keterangan atas foto tersebut dengan menulis; Rumah Internaat voor Doofstommen (tempat penampungan orang bisu & tuli) di Jl. Riau - Bandung sebelum 1931 (sumber : KITLV - Leiden).

Beberapa facebooker pun menyampaikan terima kasih kepada Dewi Kunti atas keterangan gambar yang ditulisnya.

Foto Wisma Tunarungu di Jalan Riau - Bandung tahun 1920 tentu merupakan dokumentasi sejarah yang berhasil diabadikan oleh fotografer. Wisma tersebut kini berubah fungsi menjadi restoran cepat saji KFC. (Asnawin Aminuddin, wartawan)


Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama