Literasi Digital dan Penguasaan Bahasa Internasional Kunci Sukses Bagi Kader IMM

DIALOG PENDIDIKAN. DPD IMM Sulsel mengadakan Dialog Pendidikan dengan menghadirkan beberapa pembicara, yakni Ketua PP Muhammadiyah Prof Irwan Akib, Anggota DPR RI Mitra Fakhruddin MB, Rektor UMS Rappang Prof Jamaluddin, dan Sekretaris Muhammadiyah Sulsel / Wakil Rektor 1 Unismuh Makassar Dr Abdul Rakhim Nanda, di Mini Hall Fakultas Pertanian, Lantai 6 Menara Iqra Kampus Unismuh Makassar, Ahad, 03 September 2023. (ist)

 

------

Rabu, 06 September 2023

 

Literasi Digital dan Penguasaan Bahasa Internasional Kunci Sukses Bagi Kader IMM

 

MAKASSAR, (PEDOMAN KARYA). Setidaknya ada dua bidang keterampilan dan kompetensi yang harus dimiliki mahasiswa dalam menghadapi perkembangan teknologi informasi dan komunikasi di era globalisasi, yaitu keterampilan literasi digital dan penguasaan bahasa internasional.

Literasi digital atau melek digital adalah pengetahuan dan kecakapan untuk menggunakan media digital, alat-alat komunikasi, atau jaringan dalam menemukan, mengevaluasi, menggunakan, membuat informasi, dan memanfaatkannya secara sehat, bijak, cerdas, cermat, tepat, dan patuh hukum sesuai dengan kegunaannya, dalam rangka membina komunikasi dan interaksi dalam kehidupan sehari-hari.

Di sisi lain, penguasaan bahasa internasional dapat mendukung keseimbangan hard skill dan soft skill yang berpengaruh positif kepada mahasiswa. Dengan menguasai bahasa internasional, mahasiswa dapat berkontribusi membangun Indonesia lewat berbagai bidang seperti program  transfer ilmu dan program internasionalisasi. Selain itu mahasiswa juga bisa mewakili kampus dalam berbagai kompetisi internasional.

“Literasi digital dan penguasaan bahasa internasional adalah kunci bagi kader IMM (Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah) untuk bersaing di era global saat ini,” kata Sekretaris Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Sulsel yang juga Wakil Rektor 1 Universitas Muhammadiyah (Unismuh) Makassar, Dr H Abdul Rakhim Nanda.

Hal itu ia kemukakan saat tampil sebagai pembicara pada Dialog Pendidikan bertajuk “Kolaborasi Berkemajuan: Membangun SDM Unggul dan Berdaya Saing”, yang diadakan Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah (IMM) Sulawesi Selatan, di Mini Hall Fakultas Pertanian, Lantai 6 Menara Iqra Kampus Unismuh Makassar, Ahad, 03 September 2023.

Pada kesempatan yang sama, Ketua Pimpinan Pusat Muhammadiyah, Prof Irwan Akib, menekankan pentingnya pendidikan berkualitas dan profesionalisme akademik.

Direktur Program Pascasarjana Unismuh Makassar kemudian menyebut Muhammadiyah Scholarship Preparation Program (MSPP) yang merupakan program pembibitan kader atau aktivis persyarikatan dan dosen Perguruan Tinggi Muhamamdiyah dan ‘Aisyiyah (PTMA) untuk melanjutkan studi jenjang magister atau doktoral ke luar negeri, melalui pelatihan Bahasa Inggris (termasuk academic writing & pembuatan research proposal), serta pendampingan persiapan pendaftaran beasiswa.

“Melalui program MSPP, Muhammadiyah berupaya membekali kader-kadernya untuk siap melanjutkan studi dan berkompetisi di tingkat global,” kata Irwan Akib.

Rektor Universitas Muhammadiyah Sidrap (UMS) Rappang, Prof Jamaluddin, juga tampil sebagai pembicara dengan mengatakan dibutuhkan inisiatif dan kolaborasi antar-lembaga pendidikan untuk menciptakan sumber daya manusia (SDM) unggu;.

“Dibutuhkan inisiatif dan kolaborasi antarlembaga pendidikan untuk menciptakan SDM yang unggul. Inovasi dari kampus-kampus saat ini sangat mendukung dalam membentuk SDM berkualitas,” kata Jamaluddin.

Pembicara lain pada Dialog Pendidikan IMM Sulsel yaitu Mitra Fachruddin MB, Anggota Komisi X DPR RI / Fraksi PAN.

Pria kelahiran 20 September 1986 adalah politisi Partai Amanat Nasional (PAN) Indonesia yang menjabat sebagai anggota DPR-RI periode 2019–2024, daerah pemilihan Sulawesi Selatan III, yang meliputi Kabupaten Sidenreng Rappang, Kabupaten Pinrang, Kabupaten Enrekang, Kabupaten Luwu, Kabupaten Tana Toraja, Kabupaten Toraja Utara, Kabupaten Luwu Utara, Kabupaten Luwu Timur, dan Kota Palopo.

“Diskusi interaktif ini akan menjadi langkah awal bagi kader IMM untuk mengevaluasi kelemahan dan melihat peluang di masa depan, khususnya dalam meningkatkan kualitas pendidikan,” kata Mitra.

Ketua DPD IMM Sulsel, Ilmiawan, mengatakan Dialog Pendidikan yang mereka adakan merupakan upaya nyata IMM Sulsel, khususnya Bidang Riset dan Pengembangan Keilmuan, untuk membekali kader dalam meningkatkan potensi dan soft skill.

Dialog Pendidikan IMM Sulsel turut dihadiri Ketua Pemuda Muhammadiyah Sulsel, Elli Oscar, yang mencalonkan diri sebagai Calon Anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI Dapil Sulsel. (asnawin)


Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama