Mahasiswa Pascasarjana Unismuh Makassar Disarankan Membaca Buku Setiap Hari

ORIENTASI MABA. Rektor Unismuh Makassar, Prof Ambo Asse membuka Orientasi Maba, dan Direktur PPs Unismuh Makassar Prof Irwan Akib membawakan kuliah umum pada Kuliah Umum dan Orientasi Mahasiswa Baru Program Pascasarjana Unismuh Tahun Akademik 2023/2024, di Aula Mini FKIP Kampus Unismuh, Jl Sultan Alauddin, Makassar, Kamis, 21 September 2023.

 

------

Kamis, 21 September 2023

 

Mahasiswa Pascasarjana Unismuh Makassar Disarankan Membaca Buku Setiap Hari

 

MAKASSAR, (PEDOMAN KARYA). Mahasiswa Program Pascasarjana (PPs) Universitas Muhammadiyah (Unismuh) Makassar disarankan agar membaca buku setiap hari, karena mahasiswa pascasarjana memang dituntut mandiri dalam belajar dan menambah ilmu.

Saran tersebut disampaikan Rektor Unismuh Makassar, Prof Ambo Asse, dan Direktur PPs Unismuh Makassar Prof Irwan Akib, pada Kuliah Umum dan Orientasi Mahasiswa Baru Program Pascasarjana Unismuh Tahun Akademik 2023/2024, di Aula Mini FKIP Kampus Unismuh, Jl Sultan Alauddin, Makassar, Kamis, 21 September 2023.

“Terkait dengan buku yang ingin dibaca, tidak susah, gampang dicari di perpustakaan, dan juga tersedia buku online,” ujar Ambo Asse.

Ia juga mengingatkan mahasiswa agar serius kuliah agar bisa selesai tepat waktu. Mahasiswa S2 tidak boleh lewat dari dua tahun, begitu juga S3 tidak boleh melebihi tiga tahun kuliahnya.

“Mahasiswa agar fokus, banyak membaca buku, berkomitmen, dan bersabar dalam perjalanan studi,” kata Ambo Asse.

Saran dan harapan yang sama dikemukakan Direktur PPs Unismuh Makassar, Prof Irwan Akib. Dia mengatakan, mahasiswa harus membaca buku setiap hari.

“Mahasiswa pascasarjana harus ditanya berapa buku yang dibaca setiap hari. Bukan berapa lembar, tapi berapa buku yang dibaca setiap hari. Buku sekarang gampang dicari, bisa sambil duduk di kafe, sudah bisa baca buku secara online. Beda dengan dulu, saat kami masih kuliah, mencari satu buku saja kadang-kadang susah,” kata Irwan.

Pada kesempatan itu, Irwan Akib juga memperkenalkan program fast track, yaitu program percepatan perkuliahan yang mengintegrasikan studi S1 dan S2, serta antara studi S2 dan S3.

“Tentu ada beberapa persyaratan yang harus dipenuhi,” kata Irwan.

Seusai pembukaan orientasi mahasiswa baru, dilanjutkan dengan Kuliah Umum oleh Prof Irwan Akib yang membawakan materi berjudul, “Magister dan Doktor untuk apa?”

Kuliah Umum dan Orientasi Mahasiswa Baru yang digelar secara daring dan luring dihadiri Asdir I PPs Unismuh Makassar Dr A Ifayani Haanurat SE MM, Ketua Prodi Pendidikan Program Doktor Dr Sukmawati MPd, Ketua Prodi S2 Pendidikan Sosiologi Kaharuddin SPd MPd PhD, Ketua Prodi S2 Pendidikan Islam Dr Rusli Malli, beberapa ketua prodi dan dosen, serta puluhan perwakilan mahasiswa baru seluruh program studi. (asnawin)

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama