Mahasiswa Unismuh Makassar Harus Bertekad Selesai Kuliah Paling Lambat 4 Tahun

PENYAMBUTAN MABA. Dua ribuan mahasiswa baru baru mengikuti Ta’aruf (Penyambutan) Mahasiswa Baru Unismuh Makassar Tahun Akademik 2023/2024, yang digelar secara hybrid (luring dan daring) di Balai Sidang Muktamar Muhammadiyah 47 Kampus Unismuh, Jl Sultan Alauddin, Makasasr, Kamis, 14 September 2023. (Foto: Asnawin Aminuddin / PEDOMAN KARYA)

 

------

Jumat, 15 September 2023

 

Mahasiswa Unismuh Makassar Harus Bertekad Selesai Kuliah Paling Lambat 4 Tahun

 

MAKASSAR, (PEDOMAN KARYA). Mahasiswa baru Universitas Muhammadiyah (Unismuh) Makassar harus pasang komitmen dalam diri sejak menginjakkan kaki di kampus bahwa mereka akan sukses menyelesaikan kuliah kuliah paling lambat empat tahun.

“Harus pasang komitmen dari sekarang ini. Maksima empat tahun di Universitas Muhammadiyah Makassar. Jangan ada yang tinggal lebih dari itu. Kalau ada yang tinggal lebih dari itu, Anda sudah menjadi mahasiswa abadi, karena ada yang bisa selesai kurang dari empat tahun. Tiga tahun dan enam bulan sudah bisa selesai,” tandas Rektor Unismuh Makassar, Prof Ambo Asse.

Hal itu ia sampaikan saat memberikan sambutan pada acara Ta’aruf (Penyambutan) Mahasiswa Baru Unismuh Makassar Tahun Akademik 2023/2024, yang digelar secara hybrid (luring dan daring) di Balai Sidang Muktamar Muhammadiyah 47 Kampus Unismuh, Jl Sultan Alauddin, Makasasr, Kamis, 14 September 2023.

Ambo Asse mengajak mahasiswa baru mengatakan dalam diri masng-masing bahwa mereka masuk kuliah di Unismuh Makassar adalah untuk mencari kebaikan-kebaikan. Jangan mencari yang tidak baik.

Kalau kita mencari kebaikan, katanya, maka kita harus menjadi orang yang baik. Tidak bisa masuk kebaikan-kebaikan itu dalam diri kita kalau kita tidak menjadi orang baik. Hati baik, pikiran baik, harus selalu berprasangka baik.

“Jadikanlah Universitas Muhammadiyah Makassar sebagai taman yang indah. Yang penuh kebaikan. Kebaikan yg dimaksud adalah ilmu pengetahauan, keterampilan, dan lain-lain yang ada di Universitas Muhammadiyah Makassar,” tutur Ambo Asse.

Mahasiswa baru, lanjutnya, harus bangga masuk di Unismuh Makassar, karena Unismuh Makassar adalah perguruan tinggi besar dan salah satu yang terbesar di Indonesia.

“Ananda harus bangga masuk di Unismuh. Jangan ada yang mengatakan, hanya masuk di Unismuh. Universitas Muhammadiyah Makassar salah satu perguruan tinggi yang besar di Indonesia. Universitas Muhammadiyah Makassar masuk 10 besar pada 171 perguruan tinggi Muhammadiyah di Indonesia,” kata Ambo Asse.

Ketua Badan Pembina Harian (BPH) Unismuh Makassar, Prof Gagaring Pagalung meminta mahasiswa agar menanamkan pola pikir berkemajuan. Berkemajuan yang dimaksudnya adalag sesuai dengan pikiran maju ala Muhammadiyah.

“Tiga ciri Muhammadiyah Berkemajuan yang telah mencapai usia 114 tahun. Ketiga ciri persyarikatan Muhammadiyah, yakni harus senantiasa berbuat yang lebih baik, pengembangan yang berbasis ilmu pengetahuan, serta membangun mental Kemuhammadiyahan,” kata Gagaring.

Ketua Panitia Ta’aruf Mahasiswa Baru, Dr Arfah Basha, melaporkan, mahasiswa baru tahun akademik 2023/2024 yaitu berjumlah 2.963 orang. Sebanyak 1.969 mahasiswa hadir secara luring dan 994 mahasiswa lainnya hadir secara daring.

Acara ta’aruf mahasiswa baru dihadiri para wakil rektor, para dekan, serta para ketua unit dan lembaga lingkup Unismuh Makassar.

Pada acara ta’aruf itu juga dilaksanakan penandatanganan perjanjian kerjasama (MoU) antara Unismuh Makassar diwakili Rektor Prof Ambo Asse, dan Polrestabes Makassar yang diwakili Kapolrestabes Kombes Pol, Mokhamad Ngajib. (zak)


Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama