Puluhan Mahasiswa Unismuh Makassar Ikuti Seleksi Internal MTQMN XVII

Wakil Rektor IV Unismuh Makassar, Dr KH Mawardi Pewangi, memberikan kaa sambutan dan sekaligus membuka Seleksi Internal MTQMN XVII Tahun, di Aula Ma’had Al Birr Kampus Unismuh, Jl Sultan Alauddin Makassar, Senin 11 September 2023. (ist) 

 

-----

Senin, 11 September 2023

 

Puluhan Mahasiswa Unismuh Makassar Ikuti Seleksi Internal MTQMN XVII

 

MAKASSAR, (PEDOMAN KARYA). Sebanyak 70 mahasiswa Universitas Muhammadiyah (Unismuh) Makassar mengikuti seleksi internal yang akan mewakili kampus mengikuti Musabaqah Tilawatil Quran Mahasiswa Nasional (MTQMN) XVII Tahun 2023.

Seleksi dihelat di Aula Ma’had Al Birr Kampus Unismuh, Jl Sultan Alauddin Makassar, Senin 11 September 2023. MTQMN XVII akan diselenggarakan di Kampus Universitas Brawijaya (Unibraw), Malang, 3-10 November 2023.

Ketua Tim Seleksi Internal Unismuh Makassar, Lukman Abdul Samad Lc MPd, yang juga Mudir Ma’had Al Birr, mengatakan, seleksi internal diharapkan memunculkan bakat-bakat mahasiswa dalam bidang tilawatil Qur’an.

“Dengan seleksi ini, diharapkan bakat-bakat mahasiswa dalam bidang tilawatil Qur’an dan tahfidz dapat terbina dan dipertahankan,” kata Lukman, pada acara pembukaanungkapnya.

Ketua Panitia, Syahban Nur, dari Lembaga Pengembangan Kemahasiswaan dan Alumni (LPKA), menambahkan, tujuan dari seleksi ini bukan hanya untuk mengikuti perlombaan, melainkan juga untuk memperbanyak sumber daya manusia berkualitas, khususnya dalam bidang tahfidz dan tilawah.

“Tujuan utama kami adalah untuk memperbanyak sumber daya manusia yang berkualitas, khususnya dalam pembinaan tahfiz dan tilawah. Hal ini sejalan dengan visi Unismuh Makassar,” kata Syahban.

Wakil Rektor IV Unsimuh Makassar, Dr Mawardi Pewangi, yang membuka acara, menyatakan harapannnya agar seleksi ini menjadi agenda rutin dan tidak hanya dilaksanakan saat ada perlombaan.

Turut hadir dalam acara tersebut Wakil Dekan I Dr Ilham Mukhtar, para ketua divisi LPKA, LP3AIK, serta dewan juri dari Ma’had Al Birr.

 

15 Bidang Musabaqah

 

Dikutip dari https://lldikti13.kemdikbud.go.id/2023/09/06/pelaksanaan-mtqmn-xvii-tahun-2023/, Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) Mahasiswa merupakan ajang dua tahunan yang dilaksanakan oleh Kemendikbudristek dalam upaya pengembangan talenta mahasiswa di bidang Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ).

Tujuan MTQ Mahasiswa Nasional antarperguruan tinggi yaitu meningkatkan pemahaman, penghayatan dan pengamalan isi kandungan Al-Qur’an, meningkatkan Syiar dan Ukhuwwah Islamiyah antar sivitas akademika perguruan tinggi se-Indonesia, serta melestarikan seni dan budaya Qur’ani, sebagai upaya pengembangan moderasi beragama di kalangan masyarakat Indonesia.

Sasaran dari pelaksanaan MTQ Mahasiswa Nasional antarperguruan tinggi ini yaitu memberikan kesempatan bagi mahasiswa mengembangkan minat dan bakat bidang Al- Qur’an, membentuk karakter mahasiswa sebagai penerus masa depan bangsa dengan nilai-nilai Qurani, serta menanamkan nilai-nilai seni budaya Islami di kalangan mahasiswa.

Tema yang diusung dalam MTQMN XVII Tahun 2023, yaitu “Aktualisasi Nilai-nilai Qur’ani Dalam Mencetak Talenta Emas Indonesia.”

Bidang yang diperlombakan dalam MTQMN tahun 2023 sebanyak bidang musabaqah, yaitu Musabaqah Tilawatil Qur’an (TQ), Musabaqah Tartil Qur’an (TL), Musabaqah Qira’at Sab’ah (QS).

Musabaqah Hifzhil Qur’an 10 Juz (HQ10), Musabaqah Hifzhil Qur’an 20 Juz (HQ20), Musabaqah Hifzhil Qur’an 30 Juz (HQ30), Musabaqah Khaththil Qur’an (KQ) Golongan Dekorasi, Musabaqah Khaththil Qur’an (KQ) Golongan Kontemporer.

Musabaqah Fahmil Qur’an (FQ), Musabaqah Syarhil Qur’an (SQ), Musabaqah Karya Tulis Ilmiah Kandungan Al-Qur’an (KTIQ), Musabaqah Debat Ilmiah Kandungan Qur’an dalam Bahasa Arab (DA), Musabaqah Debat Ilmiah Kandungan Qur’an dalam Bahasa Inggris (DI).

Musabaqah Desain Aplikasi Komputer Al-Qur’an (DAQ), serta Musabaqah Pembacaan Kitab Maulid Nabi Muhammad SAW (MMN). (asnawin)


Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama