Pembangunan Tanggul Pengaman Pantai di Galesong Takalar Sudah Capai 95 Persen

TANGGUL PENGAMAN PANTAI. Pj Bupati Takalar Setiawan Aswad meninjau progres atau bobot pekerjaan pembangunan tanggul pengaman pantai di pesisir pantai Desa Galesong Kota, Kecamatan Galesong, Kabupaten Takalar, Jumat, 08 Desember 2023. (ist)

 

-----

Selasa, 12 Desember 2023

 

Pembangunan Tanggul Pengaman Pantai di Galesong Takalar Sudah Capai 95 Persen

 

TAKALAR, (PEDOMAN KARYA). Progres atau bobot pekerjaan pembangunan tanggul pengaman pantai di pesisir pantai Desa Galesong Kota, Kecamatan Galesong, Kabupaten Takalar, Sulawesi Selatan, sudah mencapai 95,2 persen, dan sisa menunggu penyelesaian akhir (finishing) hingga akhir Desember 2023.

“Hari ini kita melakukan pemantauan pembangunan pengaman pantai, dan alhamdulillah sudah 95,2% pengerjaannya. Ini artinya pekerjaan yang dilaksanakan sesuai target, dan memang diupayakan agar pengerjaan pembangunan pengaman pantai ini secepatnya diselesaikan karena sudah mulai musim hujan,” kata Pj Bupati Takalar, Setiawan Aswad, kepada wartawan seusai melakukan peninjauan, Jumat, 08 Desember 2023.

Tanggul pengaman pantai adalah suatu konstruksi yang digunakan untuk upaya perlindungan terhadap banjir rob yang meningkat di kawasan pesisir pantai. Banjir rob adalah banjir di tepi pantai karena permukaan air laut yang lebih tinggi daripada bibir pantai atau daratan di pesisir pantai.

Pengerjaan proyek fisik tanggul pengaman pantai ini diharapkan bisa memberikan rasa aman kepada masyarakat terhadap ancaman gelombang pasang seperti yang terjadi beberapa tahun lalu.

“Pembangunan pengaman pantai ini diharapkan bisa mengurangi dampak abrasi yang kerap mengancam masyarakat yang bermukim di tepi pantai,” kata Setiawan.

Selain pembangunan tanggul pengaman pantai, juga dibangun proyek pemecah ombak (breakwater) yang terletak di tiga tempat di Kabupaten Takalar, yakni di Desa Punaga, Kecamatan Mangngarabombang, serta di Desa Popo dan Desa Kanaeng, di Kecamatan Galesong. (Hasdar Sikki)


Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama