Perlu Ada Strategi dalam Peningkatan IPM Takalar

PEMBANGUNAN IPM. Sekda Takalar Muhammad Hasbi memimpin Rapat Koordinasi Peningkatan IPM Kabupaten Takalar, di Baruga I Manindori Kantor Bupati Takalar, Senin, 11 Desember 2023. (ist)

 

-----

Rabu, 13 Desember 2023

 

Perlu Ada Strategi dalam Peningkatan IPM Takalar

 

TAKALAR, (PEDOMAN KARYA). Dalam rangka peningkatan Indeks Pembangunan Manusia (IPM) di Kabupaten Takalar, Badan Perencanaan, Pembangunan, Penelitian dan Pengembangan Daerah (Bapelitbangda) Kabupaten Takalar melaksanakan Rapat Koordinasi Peningkatan IPM Kabupaten Takalar. Rapat diselenggarakan Senin, 11 Desember 2023, di Baruga I Mannindori Kantor Bupati Takalar.

Sekda Takalar Muhammad Hasbi, mewakili Bupati Takalar dalam memimpin dan membuka secara langsung rapat tersebut menekankan bahwa IPM merupakan tolak ukur kemajuan dan keberhasilan pembangunan suatu daerah. Maka, sudah seharusnya Pemerintah melakukan upaya-upaya maksimal dalam meraih IPM yang tinggi.

“Terdapat tiga komponen IPM, yakni Dimensi Kesehatan (umur panjang dan hidup sehat), Dimensi Pengetahuan (Harapan Lama Sekolah (HLS) dan Rata-rata Lama Sekolah (RLS), dan Dimensi Ekonomi,” kata Hasbi.

Ia juga menambahkan strategi peningkatan IPM di Kabupaten Takalar dapat dicapai dengan intervensi pemerintah pada tataran input, process, dan output. BPS akan memotret tataran outcome dan impact dari intervensi program dan kegiatan yang meningkatkan IPM. Akhirnya, diperlukan koordinasi dan kerja sama yang baik demi peningkatan IPM di Kabupaten Takalar.

Kepala Bapelitbangda Kab. Takalar, Rahmansyah Lantara, dalam laporannya mengatakan, urutan atau nilai IPM Kabupaten Takalar berada pada urutan ke 18 dari 24 Kabupaten dan kota se-Sulsel. Ini merupakan suatu prestasi yang membanggakan bagi masyarakat Takalar.

Kita harus melakukan strategi sehingga angka yang di peroleh bukan hanya sekedar angka atau kenaikan peringkat tetapi mencerminkan kualitas SDM Kab. Takalar bisa meningkat sejalan dengan posisi dan peringkat yang kita raih.

“Selama ini IPM Kab. Takalar berada diangka enam puluhan dengan kategori sedang, dan dengan kerjasama kita semua baru tahun ini kita masuk diangka 71,4 dan berada dalam kualifikasi tinggi,” kata Rahmansyah.

Hadir dalam rakor tersebut Ketua DPRD Kabupaten Takalar, Kasi Intel Kejaksaan Negeri Takalar, Wakapolres Takalar, para Kepala OPD Takalar, para camat dan para staf di Pemkab Takalar. (Hasdar Sikki)

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama