PKK Remaja Takalar Diharapkan Menginspirasi di Lingkungannya Masing-masing

PKK REMAJA. Para peserta foto bersama pada Bimtek PKK Remaja yang diadakan oleh TP PKK Kabupaten Takalar, Sulawesi Selatan, di Gedung PKK Kabupaten Takalar, pekan ketiga Desember 2023. (ist)

 

-----

Kamis, 21 Desember 2023

 

PKK Remaja Takalar Diharapkan Menginspirasi di Lingkungannya Masing-masing

 

TAKALAR, (PEDOMAN KARYA). Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Kabupaten Takalar, Sulawesi Selatan, menggelar Bimbingan Teknis (Bimtek) PKK Remaja, di Gedung PKK Kabupaten Takalar, pekan ketiga Desember 2023.

“Bimtek PKK Remaja ini tujuannya agar PKK Remaja mengetahui lebih dalam apa itu PKK Remaja dan saya berharap dengan mengetahui Kinerja PKK per Pokja, para peserta dapat merealisasikan konsep ini dalam lingkungan sekitar mereka dan menjadi contoh yang menginspirasi di lingkungannya masing-masing,” kata Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Takalar, Sri Astuti Thamrin.

Ia berharap dengan kehadiran PKK Remaja dapat memberikan dampak positif bagi generasi milenial. Melalui kegiatan seperti ini, PKK Remaja dapat menjadi agen perubahan yang membawa manfaat bagi masyarakat.

Acara ini merupakan bimtek perdana PKK Remaja yang diadakan oleh Tim Penggerak PKK Kabupaten Takalar. Bimtek PKK Remaja ini dihadiri oleh Sekretaris TP PKK Provinsi Sulsel Dr Zulfitriany Dwiyanti Mustaka SP MP, yang juga merupakan pembawa materi, serta pengurus TP PKK Kabupaten dan TP PKK Remaja Kabupaten Takalar.

Dalam Bimtek tersebut disampaikan 10 Program Pokok PKK yang pada hakikatnya merupakan kebutuhan dasar manusia, yaitu (1)Penghayatan dan Pengamalan Pancasila, (2) Gotong Royong, (3) Pangan, (4) Sandang, (5) Perumahan dan Tatalaksana Rumah Tangga, (6) Pendidikan dan Keterampilan, (7) Kesehatan, (8) Pengembangan Kehidupan Berkoperasi, (9) Kelestarian Lingkungan Hidup, dan (10) Perencanaan Sehat.

Untuk melaksanakan 10 Program Pokok PKK tersebut, mulai dari tahap perencanaan, pelaksanaan, pembinaan sampai fasilitasi, dibentuk empat (4) Kelompok Kerja (Pokja) secara luwes dan koordinatif, yaitu Pokja I mengelola program Penghayatan dan Pengamalan Pancasila, dan Program Gotong Royong, Pokja II mengelola Program Pendidikan dan Ketrampilan dan Pengembangan Kehidupan Berkoperasi, Pokja III mengelola program Pangan, Sandang, Perumahan dan Tata Laksana Rumah Tangga, serta Pokja IV mengelola Program Kesehatan, Kelestarian Lingkungan Hidup dan Perencnaan Sehat.

Juga disampaikan bahwa Gerakan PKK bertujuan memberdayakan keluarga untuk meningkatkan kesejahteraan menuju terwujudnya keluarga yang beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia dan berbudi luhur, sehat sejahtera, maju dan mandiri, kesetaraan dan keadilan gender serta kesadaran hukum dan lingkungan.

Sasaran Gerakan PKK adalah keluarga, baik di perdesaan maupun perkotaan yang perlu  ditingkatkan  dan  dikembangkan kemampuan dan kepribadiannya, dalam bidang mental dan fisik.

Mental spiritual meliputi sikap dan perilaku sebagai insan hamba Tuhan, anggota masyarakat dan warga negara yang dinamis serta bermanfaat, berdasarkan Pancasila dan Undang-Undang Dasar 1945.

Fisik material meliputi pangan, sandang, papan, kesehatan, kesempatan kerja yang layak serta lingkungan hidup yang sehat dan lestari melalui peningkatan pendidikan, pengetahuan dan keterampilan. (Hasdar Sikki)


Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama