Porseni SMAN 19 Bone Adakan Lomba Cosplay

PORSENI. Kepala SMA 19 Bone, Drs Abdul Rauf,MM (duduk paling kanan) foto bersama beberapa guru pada kegiatan Porseni dan Keagamaan di sekolah tersebut, Jumat, 15 Desember 2023. (ist)

 

-------

Ahad, 17 Desember 2023

 

Porseni SMAN 19 Bone Adakan Lomba Cosplay

 

BONE, (PEDOMAN KARYA). Setelah melaksanakan ujian semester, SMA Negeri 19 Kabupaten Bone, Sulawesi Selata, mengadakan Pekan Olahraga dan Seni (Porseni) dan Keagamaan pada pekan kedua Desember 2023.

Salah satu lomba yang diadakan yaitu lomba cosplay. Cosplay adalah gabungan dari kata “costume” yang berarti kostum, dan “play” yang artinya bermain, sehingga cosplay dapat diartikan sebagai permainan kostum.

Cosplay artinya tindakan berdandan sebagai karakter atau konsep dari sebuah karya umumnya fiksi. Orang yang melakukan cosplay disebut dengan cosplayer.

Para cosplayer akan mengenakan kostum yang menggambarkan karakter favorit mereka sambil berjalan-jalan di sekitar acara penggemar, konvensi, premier film, atau di berbagai kesempatan lain.

Cosplayer akan menggunakan kostum dilengkapi dengan rambut palsu, riasan khusus, atau properti untuk menggambarkan desain sebuah karakter secara detail. Para karakter yang di-cosplay berasal dari berbagai sumber, seperti film, permainan video, seri anime Jepang, atau bahkan kreasi pribadi.

Cosplayer akan memainkan tindakan dan dialog untuk meniru karakter dari segi visual ataupun kepribadian. Sebagian besar cosplayer berkumpul di acara penggemar agar dapat berinteraksi dengan banyak orang dengan kegemaran yang sama.

Suasana seperti itulah yang terlihat di SMAN 19 Bone, Jumat, 15 Desember 2023. Sejumlah siswa memakai berbagai macam kostum meniru berbagai karakter tokoh dan profesi.

“Lomba cosplay dan Porseni ini kami lakukan untuk memupuk persaudaraan di antara siswa dan juga ditumbuhkan sportivitas dan kerjakeras dengan potensi yang dimiliki. Selain itu tak kalah pentingnya dengan menumbuhkan karakter yang baik. Maka dalam pentas seni ini diberikan ruang sebagai ajang bakat para siswa untuk mencontoh karakter para tokoh tersebut,” tutur Kepala SMA 19 Bone, Drs Abdul Rauf,MM, kepada wartawan.

Beberapa siswa ada yang meniru tokoh Proklamator dan Presiden Pertama RI, Soekarno, ada juga yang meniru Ibu Fatmawati (Istri Soekarno), ada yang meniru mantan Presiden BJ Habbibie, dan juga ada yang meniru Ibu Ainun Habibie.

Juga ada yang meniru kostum polisi, tenaga kesehatan yang sedang melayani pasien, kostum guru yang sedang mengajar.

“Mereka memerankan tokoh dan profesi yang berbeda-beda. Diharapkan nanti setelah bekerja, mereka bekerja dengan baik, memiliki karakter yang kuat dan baik. Saya sangat terharu melihat dan merasakan suasana yang akrab dalam Porseni dan Keagamaan ini,” kata Abdul Rauf. (win)


Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama