Rektor Unhas Beri Kuliah Umum di Depan Pelajar SMA Jeneponto

KULIAH UMUM. Rektor Unhas Prof Jamaluddin Jompa, memberikan kuliah umum di depan ratusan pelajar SMA dan sekolah sederajat di Gedung Sipitangarri, Kecamatan Binamu, Kabupaten Jeneponto, Ahad, 28 Januari 2024. (IST)


-----

Senin, 29 Januari 2024

 

Rektor Unhas Beri Kuliah Umum di Depan Pelajar SMA Jeneponto

 

Dan Kunjungi Mahasiswa KKN Gelombang 111

 

JENEPONTO, (PEDOMAN KARYA). Rektor Universitas Hasanuddin (Unhas) Prof Jamaluddin Jompa, memberikan kuliah umum di depan ratusan pelajar SMA dan sekolah sederajat di Gedung Sipitangarri, Kecamatan Binamu, Kabupaten Jeneponto, Ahad, 28 Januari 2024.

Kuliah umum itu diberikan Rektor Unhas dalam kegiatan try out test Seleksi Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SMPTN) yang diadakan oleh Himpunan Pelajar Mahasiswa Turatea (HPMT) Unhas bekerja sama IKA Unhas Jeneponto dan Pemkab Jeneponto.

Rektor Unhas Jamaluddin Jompa dalam kuliah umum itu memberikan motivasi agar pelajar dari Jeneponto terus semangat belajar demi mencapai cita-citanya.

“Jangan rendah diri dan berkecil hati apabila mengalami rintangan dalam meraih impian masa depan. Gantungkan cita-citamu setinggi langit dan kalau pun jatuh, akan berada di antara bintang-bintang,” ujar Prof JJ, sapaan akrab Jamaluddin Jompa.

Kedatangan Rektor Unhas di Jeneponto juga dalam rangka mengunjungi mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Unhas Gelombang 111 dan pertemuan dilangsungkan di Lapangan Passamaturukang, Kelurahan Empoang, Kecamatan Binamu, Kabupaten Jeneponto, pada hari yang sama.

Rektor Unhas pada kesempatan itu didampingi Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan Prof Muhammad Ruslim, Ketua Senat Akademik Prof Baharuddin Thalib, Wakil Rektor IV Prof Adil Maulana, dan sejumlah dekan.

Kunjungan ini dilakukan untuk monitoring dan evaluasi proses KKN yang telah berlangsung sejak 28 Desember 2023. Acara ini juga diisi dengan kegiatan donor darah bekerja sama dengan Dinas Kesehatan Kabupaten Jeneponto dan Palang Merah Indonesia (PMI) Jeneponto.

Selain itu, juga diadakan pameran hasil-hasil kegiatan dan produk inovasi pemberdayaan dari mahasiswa KKN.

Rektor Unhas Prof JJ pada kesempatan itu menyampaikan pentingnya peran masyarakat dan pemerintah daerah mendukung kegiatan KKN mahasiswa.

Jeneponto adalah universitas kehidupan bagi mahasiswa yang ber-KKN. Terima kasih kepada Pemda Jeneponto dan masyarakat yang telah mendampingi anak-anak kami,” ujar Prof JJ.

Kasubdit Pendidikan Berbasis Pengabdian Kepada Masyarakat Unhas, Dr Syarifuddin Mabe Parenreng, menyampaikan, program KKN ini akan terus berbenah mengikuti tuntutan pembelajaran yang terus berkembang berada di bawah koordinasi Direktorat Transformasi Pendidikan dan Inovasi Pembelajaran.

KKN menjadi kunci utama dalam menggerakkan roda tridharma perguruan tinggi, terutama di bidang pengabdian kepada masyarakat. Oleh karena itu, KKN akan terus bertransformasi dan berinovasi dalam isu-isu pemberdayaan masyarakat yang relevan,” kata Syarifuddin.

Dalam acara tersebut, Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan Unhas, Prof Muhammad Ruslin, menyerahkan secara simbolis teknologi biosand filter water kepada pihak Pemda Jeneponto.

Produk-produk UMKM berbasis kearifan lokal juga diserahkan oleh Rektor Unhas, mencakup berbagai barang seperti minyak kuda, kopi, keripik talas, dan lain-lain, yang dikembangkan oleh peserta KKN bersama masyarakat Desa Bontolebang, Desa Kassi, dan Desa Samataring.

Mahasiswa Unhas yang mengikuti KKN Gelombang 111 sebanyak 1.280 orang dan disebar pada 8 kabupaten dan kota, yaitu Kabupaten Bantaeng, Kabupaten Sinjai, Kabupaten Takalar, Kabupaten Gowa, Kabupaten Pangkep, Kabupaten Jeneponto, Kabupaten Bone, dan Kota Makassar. (kia)


Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama