Sambut Imlek 2024, Warga Tionghoa Makassar Pindahkan Rupang Dewa Kwan Kong

PEMINDAHAN RUPANG. Menyambut Tahun Baru Imlek 2575 yang bertepatan dengan 10 Februari 2024, warga keturunan Tionghoa di Kota Makassar menggelar prosesi pemindahan rupang (patung) Dewa Kwan Kong dari gedung lama ke gedung baru Klenteng Kwan Kong, di Jalan Sulawesi, Makassar, Rabu, 10 Januari 2024. (Foto: Asnawin Aminuddin / PEDOMAN KARYA)

 

------

Rabu, 10 Januari 2024

 

Sambut Imlek 2024, Warga Tionghoa Makassar Pindahkan Rupang Dewa Kwan Kong

 



MAKASSAR, (PEDOMAN KARYA). Menyambut Tahun Baru Imlek 2575 yang bertepatan dengan 10 Februari 2024, warga keturunan Tionghoa di Kota Makassar menggelar prosesi pemindahan rupang (patung) Dewa Kwan Kong dari gedung lama ke gedung baru Klenteng Kwan Kong, di Jalan Sulawesi, Makassar, Rabu, 10 Januari 2024.

Prosesi diawali beberapa ritual di gedung lama dan puncaknya mengangkat rupang Dewa Kwan Kong dan membawanya ke gedung baru yang jaraknya hanya dua ruko dari gedung lama.

Selain pemindahan rupang Dewa Kwan Kong, juga dipindahkan beberapa rupang dewa lainnya, termasuk bendera dan senjata.

Rupang dewa yang turut dipindahkan yaitu rupang Dewa Kwan Phing, rupang Dewa Cou Chang, rupang Dewa Kuda dan Joki Kuda, rupang Dewa Tabib Hua Tho, Prasasti Dewa Thai Sui, rupang Dewa Macan, rupang Dewa Rejeki (Chai Shen), dan rupang Dewa Pintu (Meng Kuan).

Pada saat prosesi pemindahan rupang berlangsung, arus lalu lintas di Jalan Sulawesi di depan Klenteng Kwan Kong, ditutup sementara hingga rupang Dewa Kwan Kong dimasukkan ke gedung baru.

Atraksi pertunjukan barongsai turut mewarnai Prosesi Sakral Rupang Dewa Kwan Kong ke Gedung Baru Klenteng Kwan Kong Makassar yang berlantai delapan.

Wakil Sekretaris Yayasan Klenteng Kwan Kong Makassar, Miguel Dharmadjie, kepada wartawan mengaku sangat bahagia dengan pemindahan rupang Dewa Kwan Kong dan dewa-dewa lainnya, karena sudah dipindahkan menjelang perayaan Tahun Baru Imlek 2575 yang jatuh pada 10 Februari 2024.

“Dalam keyakinan umat Buddha tradisi, dipercaya ada hari-hari tertentu yang disebut hari baik, dan hari terbaik untuk memindahkan rupang Dewa Kwan Kong yaitu pada hari ini jam 7.30 dan paling lambat Dewa Kwan Kong sudah menduduki tahtanya paling lambat jam 9 pagi,” jelas Miguel.

Mewakili yayasan, ia menyampaikan terima kasih kepada para donatur dan pemerintah yang telah memberikan bantuan untuk pembangunan gedung baru Klenteng Kwan Kong yang berlantai delapan.

Di tempat dan waktu yang sama, Pembimbing Masyarakat Buddha (Pembimas Buddha) Kementerian Agama Sulsel, Pandhit Amanvijaya, menyampaikan terima kasih kepada Yayasan Klenteng Kwan Kong yang telah melaksanakan proses renovasi gedung yang sebagian dananya merupakan bantuan dari pemerintah.

“Tugas kami selaku pemerintah yang merupakan mitra kerja tempat ibadah memang merupakan tugas dan tanggung jawab kami untuk memberi bantuan, baik sarana prasarana maupun renovasi,” kata Pandhit Amanvijaya.

Ia menambahkan, di Klenteng Kwan Kong Makassar terdapat sekolah minggu dan nantinya pemerintah siap mensupport pendidikan tersebut.

“Ini tujuannya semata-mata untuk memberikan stimulus agar lebih bersemangat, dan berkeyakinan, serta berbakti kepada leluhur,” kata Pandhit Amanvijaya. (yayat/win)


Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama