Unismuh Makassar Perguruan Tinggi Muhammadiyah Pertama di KTI Raih Akreditasi Unggul

AKREDITASI UNGGUL. Unismuh Makassar meraih Akreditasi Unggul dari BAN-PT, sebagaimana tertuang dalam laman Sistem Akreditasi Perguruan Tinggi Online (SAPTO) BAN PT, Selasa, 23 Januari 2024.

 

-----

Rabu, 24 Januari 2024

 

Unismuh Makassar Perguruan Tinggi Muhammadiyah Pertama di KTI Raih Akreditasi Unggul

 

MAKASSAR, (PEDOMAN KARYA). Universitas Muhammadiyah (Unismuh) Makassar meraih Akreditasi Unggul dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT), sebagaimana tertuang dalam laman Sistem Akreditasi Perguruan Tinggi Online (SAPTO) BAN PT, Selasa, 23 Januari 2024.

Dalam laman tersebut, Unismuh ditetapkan meraih akreditasi Unggul dengan nilai sebesar 368. Pada 14-16 Januari 2024, empat asesor BAN-PT melakukan verifikasi dan validasi komprehensif terhadap Laporan Evaluasi Diri (LED) yang disampaikan oleh Unismuh Makassar.

Empat asesor tersebut, yakni Prof Mulyono Baskoro dari Institut Pertanian Bogor, Prof Adang Suhendra dari Universitas Gunadarma, Prof Asaril Muhajir dari UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, dan Prof Andi Sularso dari Universitas Jember.

Proses asesmen meliputi observasi sarana prasarana kampus, verifikasi dokumen, serta wawancara dengan dosen, mahasiswa, alumni, dan stakeholder.

Dengan raihan tersebut, maka Unismuh Makassar menjadi perguruan tinggi Muhammadiyah – Aisyiyah (PTMA) pertama di kawasan timur Indonesia yang meraih Akreditasi Unggul Secara Institusi, dan PTMA ke-9 secara nasional.

Ke-9 PTMA yang telah meraih Akreditasi Unggul yaitu Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY), Universitas Ahmad Dahlan (UAD) Yogyakarta, Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS), Universitas Muhammadiyah Malang (UMM), Universitas Muhammadiyah Prof. DR. Hamka (Uhamka), Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara (UMSU), Universitas Muhammadiyah Purwokerto (UMP), Universitas Aisyiyah Yogyakarta, dan Universitas Muhammadiyah (Unismuh) Makassar.

Rektor Unismuh Prof Ambo Asse menyampaikan rasa syukur kepada Allah subhanahu wa ta’ala atas keberhasilan Unismuh Makassar meraih Akreditasi Unggul dari BAN-PT, dan mengatakan bahwa capaian ini adalah bukti dari kerja keras, dedikasi, dan komitmen seluruh sivitas akademika Unismuh Makassar dalam memajukan standar pendidikan dan kualitas akademis.

“Terima kasih kepada segenap sivitas akademika, para wakil rektor, dekan, ketua badan, ketua lembaga, dan kepala biro, wakil dekan, dan terkhusus tim task force akreditasi di bawah komando Badan Penjaminan Mutu. Sekali lagi terima kasih,” kata Ambo Asse, usai mengikuti Pembukaan Pameran Pendidikan Tinggi LLDikti Wilayah IX, di Hotel Claro, Jl AP Pettarani, Makassar, Selasa, 23 Januari 2024.

Akreditasi Unggul, katanya, merupakan pengakuan akan standar tinggi yang dijaga oleh Unismuh Makasasr dalam bidang pendidikan dan pembelajaran, serta komitmen berkelanjutan mereka terhadap peningkatan kualitas pendidikan tinggi.

Wujud komitmen Unismuh Makassar menjaga kualitas mutu, juga dibuktikan dengan pengakuan internasional melalui pencapaian Sertifikat ISO 21001:2018 beberapa waktu lalu.

“Demikian pula Akreditasi Internasional ASIIN yang telat dicapai oleh Prodi Sarjana Kedokteran dan Prodi Profesi Dokter FKIK Unismuh,” kata Ambo Asse.

Pernyataan itu disampaikan Ambo Asse didampingi Ketua BPH Unismuh Prof Gagaring Pagalung, Wakil Rektor I Dr Abdul Rakhim Nanda, Wakil Rektor II Prof Andi Sukri Syamsuri, Wakil Rektor IV Dr Mawardi Pewangi, dan Ketua Badan Penjaminan Mutu (BPM) Unismuh Dr Burhanuddin.

Sebelum meraih Akreditasi Institusi Unggul, 11 Program Studi di Unismuh juga telah meraih Akreditasi Unggul, dan sembilan Prodi telah mencapai Akreditasi A. Sebagian lainnya terakreditasi Baik Sekali dan B.

“Pencapaian ini merupakan langkah penting dalam perjalanan Unismuh Makassar untuk terus berkontribusi pada peningkatan kualitas pendidikan tinggi di Indonesia dan mempersiapkan generasi muda yang berdaya saing tinggi di kancah global,” kata Ambo Asse. (zak)


Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama