Takalar Kini Miliki Lima Rumah Sakit

SOFT LAUNCHING. Pj Bupati Takalar Setiawan Aswad berbincang dengan Direktur RSUD Galesong dr Irmastuti, saat meninjau rumah tersebut seusai acara peresmian, di Desa Biring Kassi, Kecamatan Galesong Utara, Takalar, Jumat, 29 Februari 2024. (ist)


------

Kamis, 29 Februari 2024

 

Takalar Kini Miliki Lima Rumah Sakit

 

RSUD Galesong Diresmikan Februari 2024

 

TAKALAR, (PEDOMAN KARYA). Setelah diresmikannya RSUD Galesong, pada Jumat, 09 Februari 2024, Kabupaten Takalar, Provinsi Sulawesi Selatan, kini memiliki lima rumah sakit, terdiri atas empat rumah sakit pemerintah dan satu rumah sakit swasta.

Rumah Sakit Pemerintah Takalar yaitu RSUD H. Padjonga Dg. Ngalle (Tipe C), RSUD Pratama Takalar di Palleko, RS Ibu dan Anak Zaenab di Galesong, serta RSUD Galesong Takalar di Galesong (Tipe C). RSUD Padjonga Dg. Ngalle dan RSUD Pratama sudah melayani BPJS, sedangkan Rumah Sakit Zaenab dan Rumah Sakit Galesong belum melayani BPJS.

Satu rumah sakit swasta yaitu Rumah Sakit Umum (RSU) Maryam Citra Medika, di Bajeng, Takalar, yang merupakan rumah sakit Tipe D.

RSUD Galesong yang mendapatkan izin operasional pada 11 Januari 2024, diresmikan pada puncak peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-64 Kabupaten Takalar, Jumat, 9 Februari 2024.

Pj Bupati Takalar Setiawan Aswad mengatakan, masyarakat Takalar patut berbangga karena RSUD Galesong sudah resmi beroperasi dan lokasinya berada di jalan poros utama Galesong yang merupakan penyangga Kabupaten Takalar, Kabupaten Gowa, dan Kota Makassar, sehingga nantinya masyarakat dapat mendapatkan pelayanan kesehatan dengan tepat dan akses yang lebih dekat.

“Ke depan, keberadaan Rumah Sakit Umum Daerah Galesong sangat menunjang sistem rujukan, terutama fasiltas kesehatan yang berada di wilayah Galesong. Rumah Sakit Galesong ini merupakan ikhtiar dari Pemerintah Takalar dalam memberikan pelayanan kesehatan kepada masyarakat yang paripurna dalam era transformasi pelayanan kesehatan. Selain melakukan transformasi layanan, kita juga harus memenuhi seluruh standar-standar layanan yang ada, menuju Indonesia Emas 2045,” tutur Setiawan.

Ia menyampaikan terima kasih kepada semua pihak dan pemangku kepentingan yang telah bekerjasama sehingga RSUD Galesong dapat digunakan.

“Semoga di momentum Hari Jadi Kabupaten Takalar tahun ini memiliki arti khusus dalam memberikan layanan kesehatan kepada masyarakat,” kata Setiawan.

Kadis Kesehatan Kabupaten Takalar, dr Nilal Fauziah, menjelaskan, RSUD Galesong nantinya akan memberikan pelayanan kesehatan umum maupun pelayanan spesialis.

Peresmian RSUD Galesong ditandai kegiatan bakti sosial, sunatan massal, pemeriksaan kesehatan, donor darah, serta pemberian sembako kepada 20 orang lansia.

“Dengan beroperasi RSUD Galesong ini, tentu merupakan salah satu program Pemerintah Kabupaten Takalar dalam upaya meningkatkan dan mendekatkan pelayanan kesehatan. Tersedianya fasilitas yang memadai dan tenaga kesehatan yang profesional tentunya merupakan bagian yang tidak terpisahkan dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat,” papar Nilal. (Hasdar Sikki)


Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama