-----
PEDOMAN KARYA
Selasa, 05 Maret 2024
Ibadah dalam Kondisi Apapun
Oleh: Asnawin Aminuddin
(Komisi Kominfo MUI Sulsel / Majelis Tabligh Muhammadiyah Sulsel)
Manusia diciptakan untuk beribadah kepada Allah. Allah berfirman; wa maa khalaqtul-jinna
wal-ingsa illaa liya’buduun, “Aku tidak menciptakan jin dan manusia melainkan
agar mereka beribadah kepada-Ku.” (QS. Az-Zariyat 51: Ayat 56)
Jadi kita hidup di dunia ini memang ditugaskan untuk beribadah. Mengapa
kita ditugaskan beribadah? Karena kita masih akan menghadapi beberapa tahapan
kehidupan berikutnya setelah mati dan itu butuh bekal, dan bekal itu adalah
ibadah.
Setelah kematian kita di dunia ini, kita akan menghadapi alam berikutnya
yaitu alam barzakh. Alam kubur. Di alam barzakh, kita bisa bahagia dan bisa
juga sengsara. Kita bisa mendapat azab dan bisa juga mendapat nikmat dari Allah
SWT. Itu tergantung ibadah atau perbuatan dan amalan-amalan kita selama hidup di
dunia ini.
Selanjutnya, dunia akan kiamat. Semua makhluk ciptaan Allah, semuanya akan
mati. Setelah itu, kita dibangkitkan kembali dan kemudian dikumpulkan di Padang
Mahsyar untuk menghadapi hizab, timbangan amal dan dosa-dosa kita selama berada
di dunia, selama hidup di dunia ini.
Setelah itu, kita akan masuk surga atau masuk neraka. Dan itu semua
bergantung amal ibadah kita selama hidup di dunia.
Maka selama masih ada kesempatan, selama hidup di dunia ini, manfaatkanlah
untuk sebanyak-banyaknya beribadah kepada Allah.
Ibadah itu terbagi dua kategori, yakni ibadah mahdhah dan ibadah ghairu
mahdah. Ibadah mahdah adalah hablumminallah, ibadah yang berhubungan langsung
dengan Allah, seperti shalat, puasa, zakat, haji, membaca Al-Qur’an, dan dzikir.
Selanjutnya, ibadah ghairu mahdah, hablumminannas, ibadah yang tidak
langsung berhubungan dengan Allah, ibadah hubungan antar-manusia, seperti sedekah,
akhlak, sopan santun, tidak menyakiti perasaan orang lain, dan sebagainya.
Dengan kata lain, ibadah ghairu mahdah merupakan ibadah yang bersifat
sosial-kemanusiaan.
Ibadah mahdah seperti shalat, puasa, zakat, haji, semua itu wajib hukumnya,
kecuali bila ada halangan atau tidak mampu melakukannya. Naik haji misalnya,
hanya diwajibkan bagi orang-orang yang mampu.
Kita ambil contoh, ibadah shalat. Shalat itu wajib hukumnya. Sesibuk apapun
kita, dalam kondisi bagaimana pun kita, kita tidak boleh meninggalkan shalat,
kecuali kalau memang tidak bisa melaksanakannya, misalnya karena sakit.
Kalau alasannya tidak beribadah atau jarang shalat karena sibuk mengurus
harta, sibuk mengurus pekerjaan, apakah kita lebih kaya dari Nabi Sulaiman?
Lebih sibuk dari Nabi Sulaiman?
Nabi Sulaiman itu kaya, hartanya banyak, tetapi beliau tetap taat
beribadah. Nabi Sulaiman itu raja, beliau sibuk mengurus kerajaan dan sibuk
mengurus rakyatnya, tetapi beliau tetap rajin beribadah. Nabi Sulaiman itu
nabi, sibuk mengurus umatnya, tetapi beliau tetap rajin dan taat beribadah.
Kalau alasannya tidak beribadah atau jarang shalat karena terhalang
penyakit, siapa yang paling menderita dengan penyakitnya dibandingkan penyakit
yang diderita oleh Nabi Ayyub.
Nabi Ayyub itu seorang nabi, seorang raja, kaya raya, anaknya banyak.
Beliau kemudian diuji dengan penyakit yang sangat parah, bahkan saking
parahnya, beliau terpaksa mengasingkan diri ke hutan karena dikhawatirkan penyakitnya
menular ke orang lain, bahkan ada yang mengisahkan bahwa di sekujur tubuhnya
penuh belatung, tetapi beliau tetap rajin dan taat beribadah.
Setiap akan shalat, beliau, Nabi Ayyub memohon kepada Allah agar
belatung-belatung itu dijatuhkan dari tubuhnya dan dinaikkan kembali setelah ia
selesai shalat. Nabi Ayyub sakit parah, tetapi tetap rajin dan taat beribadah.
Kalau alasannya tidak beribadah atau jarang shalat karena perlakuan tidak
adil, hak hidupnya dirampas oleh penguasa, dimasukkan ke dalam penjara, maka
Nabi Yusuf pun dimasukkan ke dalam penjara, tetapi di dalam penjara, Nabi Yusuf
tetap rajin beribadah, rajin shalat.
Kalau alasannya tidak beribadah atau jarang shalat karena miskin, tidak
punya waktu melaksanakan shalat, tidak bisa puasa karena sibuk mencari
pekerjaan, sibuk cari uang untuk memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari, maka
Nabi Isa Putra Maryam pun sangat miskin.
Nabi Isa tidak memiliki harta apapun, bahkan beliau tidak memiliki keluarga,
tetapi beliau tetap rajin beribadah dan rajin shalat.
Abdullah Bin Ummi Maktum
Kisah lain yaitu kisah tentang seorang sahabat Rasulullah yang bernama
Abdullah bin Ummi Maktum. Di usia tuanya, Abdullah bin Ummi Maktum pernah mengajukan
satu permintaan kepada Rasulullah SAW agar dibolehkan shalat lima waktu di
rumah karena kekurangan fisik yang ia miliki yaitu buta.
Beliau berkata: “Ya Rasulullah, saya adalah laki-laki yang buta, kediaman
saya jauh dari masjid, dan tak memiliki penuntun jalan menuju masjid yang
layak. Apakah saya memiliki rukshoh (keringanan) untuk menjalankan shalat lima
waktu di rumah?”
Rasulullah menjawab: “Ya, silakan.”
Maka Abdullah bin Ummi Maktum pun senang dan beranjak pergi meninggalkan
Rasulullah, tetapi Rasulullah kemudian memanggil beliau dan bertanya, “Apakah
engkau mendengar seruan shalat? (adzan)”
Abdullah bin Ummi Maktum menjawab, “Benar wahai Rasulullah, saya bisa
mendengar suara adzan.”
Rasulullah mengatakan, “Kalau begitu, engkau tetap harus hadir di masjid,
shalat berjamaah bersama kami.”
Mendengar jawaban Rasulullah ini, maka Abdullah bin Ummi Maktum tetap istiqamah
menjalankan shalat lima waktu di masjid, termasuk shalat subuh.
Padahal dalam riwayat disebutkan, jarak antara rumah Abdullah bin Ummi
Maktum dengan masjid Nabawi cukup jauh dan harus melewati kebun kurma, serta
kondisi jalanan yang harus dilewatinya bukan jalanan yang rata dan mulus,
melainkan jalan penuh bebatuan, sehingga Abdullah bin Ummi Maktum kesulitan
melewatinya.
Setiap mendengar suara adzan, maka Abdullah bin Ummi Maktum langsung
menyambut panggilan Allah itu dengan berjalan menuju masjid, tidak terkecuali
pada waktu subuh yang gelap dan dingin.
Maka sesungguhnya tidak ada alasan untuk tidak beribadah, tidak
melaksanakan shalat. Miskin, kaya, sibuk, penyakit, bahkan buta, semua itu
tidak boleh menghalangi kita untuk beribadah. Kita tetap beribadah dalam
kondisi apapun.***