Puluhan Mahasiswa dari 31 PT se-Indonesia Kuliah 1 Semester di Unismuh Makassar

PERTUKARAN MAHASISWA. Ketua Divisi Kurikulum dan MBKM LP2AI Unismuh Makassar selaku Person In Charge (PIC) PMM 4 Unismuh Makassar, Dr Andi Mulawakkan Firdaus MPd, memberikan laporan pada acara Penerimaan Mahasiswa Inbound Program Pertukaran Mahasiswa Merdeka (PMM 4) Tahun 2024, di Grand Makassar Hotel, Jumat, 01 Maret 2024. (ist)

 

------

Sabtu, 02 Maret 2024

 

Puluhan Mahasiswa dari 31 PT se-Indonesia Kuliah 1 Semester di Unismuh Makassar

 

MAKASSAR, (PEDOMAN KARYA). Sebanyak 49 mahasiswa dari 31 perguruan tinggi se-Indonesia akan mengikuti perkuliahan selama satu semester di Universitas Muhammadiyah (Unismuh) Makassar, pada semester genap tahun akademik 2023/2024.

Mereka mengikuti Program Pertukaran Mahasiswa Merdeka Angkatan 4 (PMM 4) yang merupakan bagian dari program Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Kemendikbudristek RI.

Kedatangan ke-49 mahasiswa tersebut disambut oleh Rektor Unismuh Makassar Prof Ambo Asse pada acara Penerimaan Mahasiswa Inbound Program Pertukaran Mahasiswa Merdeka (PMM 4) Tahun 2024, di Grand Makassar Hotel, Jumat, 01 Maret 2024.

Rektor Unismuh Makassar, Prof. Ambo Asse, dalam sambutannya terlebih dahulu menjelaskan bahwa Unismuh Makassar telah mencapai status Terakreditasi Unggul oleh BAN-PT sejak Januari 2024, yang menjadi bukti komitmen universitas dalam menyediakan pendidikan berkualitas tinggi.

Kepada para peserta PMM 4, ia mengajak untuk menjelajahi kekayaan budaya Sulawesi Selatan, yang melimpah dengan tradisi dan kearifan lokal dari suku Bugis, Makassar, Toraja, dan Mandar. Hal ini diharapkan dapat memberikan pengalaman yang berharga dan memperkaya wawasan peserta.

Prof Ambo Asse menutup sambutannya dengan harapan besar bahwa para mahasiswa PMM 4 akan tumbuh menjadi pilar-pilar pembangunan bangsa dan pemimpin masa depan yang berpengetahuan, berakhlak mulia, dan berkontribusi aktif dalam mencerdaskan kehidupan bangsa dan memanusiakan manusia.

Ketua Divisi Kurikulum dan MBKM LP2AI Unismuh Makassar selaku Person In Charge (PIC) PMM 4 Unismuh Makassar, Dr Andi Mulawakkan Firdaus MPd, dalam laporannya mengatakan, Program PMM 4 merupakan kesempatan emas bagi mahasiswa untuk mengenyam pendidikan selama satu semester di Unismuh Makassar.

Program ini tidak hanya akademik, tetapi juga mencakup pemahaman keberagaman Nusantara melalui mata kuliah Modul Nusantara yang terstruktur dalam 8 kegiatan pembelajaran, termasuk kunjungan ke situs budaya, interaksi dengan tokoh masyarakat, dan kegiatan kontribusi sosial.

“Tujuan utama dari program ini adalah membentuk pemahaman yang luas tentang nilai-nilai budaya, kebangsaan, dan kebinnekaan,” terang Mulawakkan.

 

31 Perguruan Tinggi

 

Ke-31 perguruan tinggi tempat kuliah ke-49 mahasiswa yang mengikuti Program Pertukaran Mahasiswa Merdeka (PMM 4) di Unismuh Makassar, yaitu STKIP PGRI Sumenep, STKIP Taman Siswa Bima, STIA Bala Putra Dewa, Institut Transportasi dan Logistik.

Universitas Madura, Universitas Malahayati, Universitas Samawa, Universitas Islam Nusantara, Universitas Palembang, Universitas Lambung Mangkurat, Universitas Ibnu Khaldun Bogor, Universitas Nahdlatul Ulama Yogyakarta.

Universitas Nusa Nipa Maumere, Universitas Muria Kudus, Universitas Semarang, Universitas Syiah Kuala, Universitas Islam Riau, Universitas Dharmas Indonesia, Universitas HKBP Nomensen Pematangsiantar, Universitas Bina Sarana Informatika.

Universitas Muhammadiyah Malang, Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta, Universitas Muhammadiyah Sorong, Universitas Muhammadiyah Tangerang, Universitas Muhammadiyah Prof Dr Hamka.

Universitas Muhammadiyah Surakarta, Universitas Muhammadiyah Sukabumi, Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara, Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat, serta Universitas Muhammadiyah Bengkulu. (asnawin)

 


Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama