Pelatihan Hidroponik Diikuti Muhammadiyah Takalar, Gowa, Jeneponto dan Bantaeng

PELATIHAN HIDROPONIK. Wakil Ketua Muhammadiyah Sulsel Prof Arifuddin Ahmad (duduk kedua dari kiri), Ketua MPM Muhammadiyah Sulsel Prof Abdul Rasyid Masri (duduk kedua dari kanan), dan Ketua Muhammadiyah Takalar Dr Islahuddin Tahir Dg Sila (paling kiri) foto bersama peserta Pelatihan Hidroponik Holtikultura, di Pusat Dakwah Muhammadiyah Takalar, Ahad, 26 Mei 2024. (ist)   

 


-----

Ahad, 26 Mei 2024

 

Pelatihan Hidroponik Diikuti Muhammadiyah Takalar, Gowa, Jeneponto dan Bantaeng

 

TAKALAR, (PEDOMAN KARYA). Majelis Pemberdayaan Masyarakat (MPM) Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Sulsel menggelar Pelatihan Hidroponik Holtikultura, di Pusat Dakwah Muhammadiyah (Pusdam) Takalar, Ahad, 26 Mei 2024.

Pelatihan diikuti utusan Pimpinan Daerah Muhammadiyah (PDM) Takalar, PDM Gowa, PDM Jeneponto, dan PDM Bantaeng. Kegiatan pelatihan dirangkaikan dengan Sosialisasi dan Pengukuhan Jamaah Tani Muhammadiyah (Jatam) & Jamaah Nelayan Muhammadiyah (Jalamu).

Ketua PDM Takalar, Dr Islahuddin Tahir Dg Sila, menyambut baik penunjukan Takalar sebagai tuan rumah Pelatihan Hidroponik. Menurutnya kegiatan ini bisa memperkuat ekonomi keluarga, khususnya keluarga Muhammadiyah dan Aisyiyah Takalar.

Ketua MPM PWM Sulsel Prof Rasyid Masri mengatakan, Pelatihan Hidroponik di Takalar ini baru pertama kali diadakan MPM PWM Sulsel dan akan menjadi pioneer untuk kegiatan-kegiatan kolaboratif MPM yang akan datang.

Wakil Ketua Muhammadiyah Sulsel, Prof.Arifuddin Ahmad yang membuka pelatihan tersebut, memberikan beberapa harapan untuk MPM, termasuk menggali potensi persarikatan, khususnya fungsi sebagai pemberdaya. Dia juga mengingatkan tentang persaingan ke depan mesti lebih kreatif dan adaptif.

Setelah opening ceremony, sesi selanjutnya adalah pemaparan dua narasumber, yakni Muhammad Fathur (Sarjana Informatika yang juga owner Samata Green House / SGH) dan Ir Ikbal Rasyid MM (Koordinator Bidang Pertanian Terpadu MPM Sulsel sekaligus Ketua Jatam MPM PWM Sulsel).

Ikbal tampil dengan materi berjudul; “Ketahanan Pangan dan Hidroponik Organik Sederhana”, sedangkan Fathur tampil dengan topik: “Budidaya Hidroponik Modern Dan Mekanisme Pasarnya.

Ba’da “shalat lohor dan makan siang, pelatihan dilanjutkan dengan praktek dan diskusi. Peserta sangat bersemangat dan partisipatif dalam praktek, mulai dari bagaimana penyediaan alat dan bahan tanam, pemberian nutrisi, perawatan dan seterusnya. (amr)


Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama