Ratusan Pelajar dan Mahasiswa Ikuti Pekan Kreativitas di Unismuh Makassar

PEKAN KREATIVITAS. Dosen pembina dan panitia PIKIR 2024 foto bersama seusai pembukaan Final Pekan Ilmiah dan Kreativitas Remaja 2024, di Balai Sidang Muktamar 47 Kampus Unismuh, Jl Sultan Alauddin, Makassar, Sabtu, 25 Mei 2024. (ist) 

 

-----

Senin, 27 Mei 2024

 

Ratusan Pelajar dan Mahasiswa Ikuti Pekan Kreativitas di Unismuh Makassar

 

MAKASSAR, (PEDOMAN KARYA). Ratusan pelajar dari 16 sekolah menengah atas dan mahasiswa dari 29 perguruan tinggi se-Indonesia mengikuti Final Pekan Ilmiah dan Kreativitas Remaja (PIKIR) 2024, di Universitas Muhammadiyah (Unismuh) Makassar, 25-28 Mei 2024.

Peserta pelajar berjumlah 28 tim, sedangkan peserta mahasiswa berjumlah 63 tim. Mereka adalah finalis PIKIR 2024 setelah melalui beberapa tahap seleksi. PIKIR 2024 diadakan oleh Lembaga Kreativitas Ilmiah Mahasiswa Penelitian dan Penalaran (LKIM-PENA) Unismuh Makassar.

Final PIKIR 2024 dibuka oleh Wakil III/IV Unismuh Dr Mawardi Pewangi, dan dihadiri Pj Gubernur Sulsel diwakili Kadis Dukcapil Dr Iqbal S Suhaeb, Kepala LLDikti Wilayah IX Sultanbatara Dr Andi Lukman, Ketua LP3M Dr Arief Muhsin, dan para ketua lembaga mahasiswa se-Unismuh, di Balai Sidang Muktamar 47 Unismuh, Jl Sultan Alauddin, Makassar, Sabtu, 25 Mei 2024.

Wakil Rektor III/IV Unismuh Makassar, Mawardi Pewangi, mengucapkan selamat datang kepada para peserta PIKIR 2024 di Unismuh, dan berharap acara ini membawa berkah bagi Unismuh.

Ia juga berterima kasih kepada LKIM-Pena yang berhasil menghadirkan Gubernur Sulsel, Kepala LLDikti IX, serta Walikota Makassar.

“Bagi yang ikut lomba, manfaatnya luar biasa. Dapat menambah pengalaman, bertukar pengetahuan, dan sebagainya. Dalam lomba pasti ada kalah dan menang, jadikan ini sebagai pelajaran untuk perbaikan ke depan,” ujar Mawardi.

Kadis Dukcapil Sulsel Iqbal Suhaeb menyampaikan permohonan maaf Pj Gubernur Sulsel Prof Zudan Arief Fakrullah yang tidak sempat hadir karena ada kegiatan lain yang tak kalah pentingnya.

“Prof Zudan Arief Fakhrullah selain sebagai birokrat, juga seorang akademisi dan selalu merasa senang jika diundang ke kampus, namu beliau menyampaikan permohonan maaf karena tidak dapat hadir berhubung ada acara lain yang sama pentingnya. Beliau mengucapkan terima kasih dan memberikan apresiasi terhadap pelaksanaan PIKIR 2024 yang dilaksanakan LKIM-Pena Unismuh Makassar,” kata Iqbal.

Pj Gubernur Sulsel dalam sambutan tertulisnya dibacakan Iqbal Suhaeb mengatakan, Indonesia akan menghadapi bonus demografi beberapa tahun ke depan, tepatnya pada tahun 2020 hingga 2040 dan puncaknya pada tahun 2045.

“Bonus demografi ini, di mana penduduk usia produktif lebih besar dengan proporsi 60 persen dari jumlah penduduk Indonesia, dapat menjadi sumber daya sekaligus tantangan bagi aspek ekonomi dan pembangunan. Generasi milenial dan generasi Z yang mendominasi akan menjadi bagian penting dari SDM yang menjadi tumpuan harapan bangsa ini,” tutur Iqbal.

Kepala LLDikti Wilayah IX Sultanbatara, Andi Lukman, menganggap kegiatan PIKIR 2024 LKIM-Pena Unismuh sangat luar biasa dengan kehadiran sejumlah pejabat pemerintah dan ratusan peserta dari puluhan perguruan tinggi dan sekolah menengah atas.

“Kegiatan ini memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk mempresentasikan hasil penelitian atau karya ilmiah mereka masing-masing, meningkatkan keterampilan komunikasi dan presentasi mahasiswa, serta menjadi ajang berbagi pengetahuan dan ide,” kata Lukman.

PIKIR 2024 yang mengusung tema; “Aksi Pemuda dalam Mengoptimalkan Bonus Demografi Menuju Era Transformasi dan Inovasi” sangat terkait dengan kebijakan Merdeka Belajar Kampus Merdeka yang memberikan kesempatan 60 SKS bagi mahasiswa untuk mencari pengetahuan karakter di luar prodi.

Dengan kebijakan ini, diharapkan peningkatan karakter dan keterampilan yang sangat dibutuhkan oleh dunia usaha.

Kegiatan PIKIR 2024 juga dirangkaikan dengan seminar dan berbagai lomba seperti video competition, esai mahasiswa nasional, karya tulis ilmiah mahasiswa nasional, karya tulis ilmiah siswa, dan pentas siswa (musikalisasi puisi dan akustik). (zak)


Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama