BPR GMD Takalar Sering Jadi Percontohan di Sulampapua

Pj Bupati Takalar Setiawan Aswad (kedua dari kanan) foto bersama komisaris dan Direktur BPR GMD Galesong Takalar pada RUPS BPR GMD Galesong di Galesong Takalar, 21 Juni 2024. (ist) 

 


------

Ahad, 23 Juni 2024

 

BPR GMD Takalar Sering Jadi Percontohan di Sulampapua

 

TAKALAR, (PEDOMAN KARYA). Bank Perkreditan Rakyat (BPR) Gerbang Masa Depan (GMD) Galesong Takalar sudah menerapkan Standar Operasional Prosedur (SOP) perbankan dan norma-norma perbankan yang berlaku umum.

“BPR GMD Galesong Takalar juga sering dijadikan percontohan oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) untuk wilayah Regional 6 Sulawesi, Maluku dan Papua (Sulampapua),” kata Komisaris Utama BPR GMD Galesong Takalar, H Khaedar, pada Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan PT BPR Gerbang Masa Depan, di Kecamatan Galesong, Takalar, Jumat, 21 Juni 2024.

Kalau kita lihat perkembangan untuk BPR, lanjutnya, hampir setiap bulan ada BPR yang ditutup karena tidak mampu bersaing dan mengalami kerugian.

“Alhamdulillah, kami BPR GMD Galesong mampu bersaing dan tetap bertahan, walaupun kami pernah mengalami kerugian, tetapi kami mampu bangkit kembali dan lebih baik,” kata Khaedar.

Tahun 2023, BPR GMD Galesong mengalami beberapa kendala seperti permodalan yang mengakibatkan keuntungan mengalami sedikit penurunan karena dampak dari Covid-19 dan banyak pihak ketiga yang menarik modalnya.

“Semoga dengan permasalahan ini dapat disupport untuk kemajuan BPR ini, karena kami juga fokus kepada UMKM yang membutuhkan modal dalam meningkatkan usahanya untuk meningkatkan kesejahtaraan keluarganya,” tutur Khaedar.

Pj Bupati Takalar Setiawan Aswad pada kesempatan itu memberikan apresiasi atas pencapaian BPR GMP Galesong karena bisa menjadi referensi dari lembaga Bank Perkreditas Rakyat lainnya yang ada di Indonesia.

Dia mengucapkan terima kasih kepada pengurus dan pengelola BPR GMP yang selama ini sudah bekerja keras membuat PT BPR GMD Galesong tetap eksis. Kehadiran BPR dilingkungan strategis memberikan dampak yang signifikan dan banyak dirasakan masyarakat, mereka merasa terbantu dengan kredit permodalan yang ditawarkan.

"Di tengah tantangan yang dihadapi, saya optimis bisa dihadapi karena di BPR pelanggan utamanya adalah kebanyakan pelaku ekonomi UMKM di masyarakat yang ketika mengalami goncangan ekonomi mereka punya daya tahan cukup tinggi. Tantangan lainnya yaitu produk layanan yang diberikan, jatuh bangunnya kita tergantung dari pilihan yang diberikan kepada customer, skema kredit pembiayaan yang ditawarkan harus bervariasi pilihan pembiayaannya kepada warga,” kata Setiawan.

Dia menambahkan, agar BPR tetap bertahan harus ditopang dengan SDM yang mampu memberikan pemikiran kreatif terhadap produk layanan dan tata kelola. Digitalisasi layanan juga dibutuhkan agar mampu bersaing di tengah kemajuan teknologi.

“Lembaga BPR Gerbang Masa Depan diharapkan bisa berkontribusi terhadap pembangunan daerah, dan bisa memainkan peranannya dalam menggeliatkan perekonomian Takalar, khususnya daerah pesisir Galesong raya,” kata Setiawan.

Di akhir kegiatan dilanjutkan dengan penandatanganan persetujuan dan pengakuan laba serta deviden PT. BPR Gerbang Masa Depan berdasarkan hasil Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) Tahun Buku 2023 oleh Pj Bupati Takalar, Ketua DPRD Takalar dan Pengurus PT. BPR GMP.

Turut hadir dalam RAT tersebut Ketua DPRD Takalar Darwis Sijaya, Plh Sekda Takalar Rahman Lantara, Kapolres Takalar, Kabag Hukum Setda Takalar, Kabag Perekonomian Setda Takalar, Kepala Bagian Prokopim Setda Takalar, Camat Galesong Takalar Ikhsan Larigau, serta para Pemegang Saham BPR GMD Galesong.

Direktur PT. BPR GMD Galesong Takalar, Ahmad Idrus, kepada wartawan mengatakan, pihaknya berharap Pemkab Takalar memberikan support penambahan penyertaan modal agar BPR GMD Galesong bisa memberikan lebih banyak bantuan kredit kepada pengusaha kecil dan menengah, khususnya di sekitar wilayah pesisir di Kecamatan Galesong Kabupaten Takalar

“Kalau banyak pengusaha kecil dan menengah yang diberikan bantuan modal, tentu dampaknya akan kembali juga kepada pemerintah dengan meningkatnya kesejahteraan rakyat dan perputaran ekonomi di masyarakat,” kata Ahmad Idrus. (Hasdar Sikki)

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama