Peserta PKN Puslatbang KMP Lakukan Visitasi Kepemimpinan di Takalar

VISITASI KEPEMIMPINAN. Sekda Takalar Muhammad Hasbi (tengah) bertukar cendera mata dengan Ketua Rombongan Peserta PKNTingkat II Angkatan V Puslatbang KMP LAN Makassar, Nurwahyudianti, di Ruang Pola Kantor Bupati Takalar, Selasa, 04 Juni 2024. (Foto: Humas Pemkab Takalar)

 

-----

Selasa, 04 Juni 2024

 

Peserta PKN Puslatbang KMP Lakukan Visitasi Kepemimpinan di Takalar

 

TAKALAR, (PEDOMAN KARYA). Sebanyak 30 peserta Pelatihan Kepemimpinan Nasional (PKN) Tingkat II Angkatan V Pusat Pelatihan dan Pengembangan dan Kajian Manajemen Pemerintahan (Puslatbang KMP) LAN Makassar melakukan Locus Visitasi Kepemimpinan Nasional, di Kabupaten Takalar.

Peserta PKN yang dipimpin Ketua Rombongan Nurwahyudianti, diterima oleh Sekda Takalar Muhammad Hasbi, di Ruang Pola Kantor Bupati Takalar, Selasa, 04 Juni 2024.

Nurwahyudianti, menjelaskan, Visitasi Kepemimpinan Nasional dibagi menjadi dua locus kegiatan yaitu locus Dinas Koperasi dan UMKM, serta locus Bapelitbangda Takalar.

Visitasi Kepemimpinan Nasional bertujuan membekali peserta dengan kemampuan mengadopsi dan mengadaptasi keunggulan organisasi yang memiliki smart practice dalam pengelolaan program dan untuk melihat bagaimana penguatan peran kepemimpinan nasional dalam transformasi tata kelola pemerintahan untuk mewujudkan Visi Misi Indonesia 2029.

“Potret dari Takalar ini akan menjadi bahan kita mengajukan kebijakan nasional. Dan melalui visitasi ini, diharapkan peserta pelatihan dapat melakukan knowledge replication dan knowledge costomization di tempat kerja masing-masing,” kata Nurwahyudianti.

PKN berlangsung dari tanggal 26 Maret hingga 15 Agustus 2024, dan salah satu mata pelatihan inti pada PKN Tingkat II Angkatan V terkait Visitasi Kepemimpinan Nasional. Peserta pelatihan khusus locus Kabupaten Takalar sebanyak 30 orang, dan 6 orang pendamping.

Sekda Takalar Muhammad Hasbi mengucapkan selamat datang kepada para peserta locus di Butta Panrannuangku Kabupaten Takalar, tanah yang menjadi harapan semua orang.

Ia mengemukakan, di Takalar lahir tiga pahlawan nasional, yaitu Ranggong Daeng Romo, H. Padjonga Dg. Ngalle, dan Wolter Mongisidi, yang menandakan bahwa orang Takalar punya gagasan untuk mempertahankan NKRI dan punya keberanian menolak untuk dijajah dan tetap bersatu mempertahankan NKRI.

“Dalam peningkatan kompetensi tidak hanya berbasis data tetapi harus ada dialog yang merupakan salah satu dimensi kolaborasi. Dalam pemerintahan kita harus memiliki inovasi dan meningkatkan kemampuan agar dapat meningkatkan karier yang lebih bagus,” kata Hasbi.

Dia mengatakan, semua punya kelebihan, jadikan kelebihan kita menjadi spirit untuk maju, kita juga harus melihat peluang di sekitar kita dan berani melangkah maju agar menjadi lebih baik.

“Silaturrahim harus dijalin dimanapun berada untuk melanjutkan kinerja ke depan,” kata Hasbi.

Di akhir acara dilanjutkan dengan penyerahan  cendera mata dari Pemerintah Kabupaten Takalar kepada Ketua Rombongan PKN dilanjutkan dengan penyerahan piagam penghargaan dari Puslatbang KMP LAN RI kepada Pemerintah Kabupaten Takalar atas kesediaannya sebagai locus Visitasi Kepemimpinan Nasional Tingkat II Angkatan V Tahun 2024, yang disaksikan Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan SDM Kabupaten Takalar serta para Kepala OPD Lingkup Pemkab Takalar. (Hasdar Sikki)


Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama