Raja Gowa dan Bupati Bulukumba Hadiri Pertemuan Akbar Wija Bangkailong

PERTEMUAN AKBAR.  Raja Gowa ke-38 Andi Kumala Idjo Daeng Sila Karaeng Lembang Batara Gowa III, dan Bupati Bulukumba, H. Andi Muchtar Ali Yusuf, menghadiri pertemuan akbar rumpun keturunan atau Wija Karaeng I Bangkailong Daeng Parani, di Saoraja atau Bola Kambarae Tanete, Kecamatan Bulukumpa, Kabupaten Bulukumba, Selasa 18 Juni 2024. (ist)

 

------

Rabu, 19 Juni 2024

 

Raja Gowa dan Bupati Bulukumba Hadiri Pertemuan Akbar Wija Bangkailong

 

BULUKUMBA, (PEDOMAN KARYA). Raja Gowa ke-38 Andi Kumala Idjo Daeng Sila Karaeng Lembang Batara Gowa III, serta sesepuh Wija Karaeng Bulukumpa yang juga Bupati Bulukumba, H. Andi Muchtar Ali Yusuf, menghadiri pertemuan akbar rumpun keturunan atau Wija Karaeng I Bangkailong Daeng Parani, di Saoraja atau Bola Kambarae Tanete, Kecamatan Bulukumpa, Kabupaten Bulukumba, Selasa 18 Juni 2024.

Raja Gowa ke-38 Andi Kumala Idjo pada pertemuan itu hadir bersama Permaisuri Andi Hikmawati Petta Umba, sedangkan Bupati Bulukumba Andi Muchtar Ali Yusuf hadir bersama Ketua TP PKK Andi Herfida.

Pertemuan akbar dihadiri ribuan keturunan Karaeng I Bangkailong Daeng Parani yang merupakan Karaeng Bulukumpa pada tahun 1780 Masehi.

Ketua Panitia Andi Rahmat Ansaruddin menyampaikan acara ini diinisiasi oleh seluruh keluarga dalam rangka mempererat tali silaturahmi, tali persaudaraan serta media untuk saling mengenal diantara lintas generasi karena diketahui di jaman sekarang ini sangat sulit untuk saling bertatap muka.

“Kami bisa katakan bahwa persaudaraan kita masih erat, masih kuat dan akan selalu terjalin hingga anak cucu kita nanti,” ungkap Andi Rahmat yang biasa disapa Karaeng Gatot.

Karaeng Gator berharap acara tersebut dapat meningkatkan rasa persaudaraan dan ukhuwah Islamiah sehingga dapat menjadi momentum yang sangat berharga untuk saling berbagi kebahagiaan.

Bupati Bulukumba Andi Muchtar Ali Yusuf diawal sambutannya menyampaikan Selamat Hari Raya Idul Adha kepada seluruh rumpun keluarga besar Wija Karaeng Bangkailong Daeng Parani.

“Tentu sangat membahagiakan, oleh karena keluarga besar Wija Bangkailong dapat berkumpul dan bertemu kembali yang mungkin ada di antara kita sudah sekian tahun tidak pernah bertemu,” ungkap Andi Utta, sapaan akrab Andi Muchtar Ali Yusuf.

Andi Utta mengajak rumpun keluarga besar Wija Keturunan Karaeng Bangkailong untuk membantu dan berkontribusi dalam pembangunan di Kabupaten Bulukumba di berbagai sektor.

Membangun budaya kerja yang lebih produktif, lanjutnya, memiliki tantangan, namun tidak akan bisa mencapai kesuksesan di masa mendatang, ketika tidak memiliki semangat dan etos kerja yang tinggi.

Membangun kebersamaan dalam bermasyarakat, nilai-nilai budaya Sipakatau, Sipakalebbi, Sipangadereng, kata Andi Utta, masih sangat penting ditanamkan, sehingga tidak ada saling menghina atau saling menjatuhkan.

Pada momentum ini Andi Syafruddin Amjar yang akrab disapa Karaeng Caccing dikukuhkan sebagai Ketua Kerukunan Wija I Bangkailong Daeng Parani Petta Matinroe Ri Segeri Pangkep.

Pertemuan akbar diramaikan berbagai acara menarik, antara lain drama kolosal riwayat perjalanan Wija I Bangkailong, sekaligus untuk mengenang masa perjuangan oleh nenek moyang yang berjuang untuk mempersiapkan kehidupan generasi setelahnya. (dar)


Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama