TeleFiBi, TEMAN, dan Festival KePo di SDN Kosamja Makassar

KEPALA SDN KOSAMJA Makassar Fahmawati (paling kanan) foto bersama beberapa murid-muridnya di Kantar RRI Makassar.

 

-----

PEDOMAN KARYA

Ahad, 30 Juni 2024

 

Fahmawati, Sekolah Ramah Anak dan Program Inovasi (2):

 

TeleFiBi, TEMAN, dan Festival KePo di SDN Kosamja Makassar 

 

Oleh: Rusdin Tompo

(Pegiat Sekolah Ramah Anak dan Koordinator SATUPENA Provinsi Sulawesi Selatan)

 

Sukses kegiatan pertama menjadi semangat bagi kami bikin kegiatan berikutnya. Formula mengemas event untuk kepentingan pemberitaan media massa, kami padukan dengan memanfaatkan peringatan hari-hari besar nasional dan hari-hari tertentu terkait isu-isu yang aktual.

Kami mengadakan peringatan Hari Down Syndrome, dengan mengundang PERDIK (Pergerakan Difabel Indonesia untuk Kesetaraan), Hari Film Nasional mengundang PARFI (Persatuan Artis Film Indonesia) dan Hari Perempuan Internasional mengundang Solidaritas Perempuan Anging Mammiri (SP AM).

Saat Hari Pers Nasional (HPN), kami berkunjung ke Tribun Timur, dan ketika Hari Penyiaran Nasional (Harsiarnas), anak-anak menjadi narasumber dalam program ACI (Anak Cerdas Indonesia) di RRI Pro1 Makassar.

Kami mengajak teman-teman RELASI (Relawan Antikorupsi), yang terdiri atas sejumlah komunitas, seperti ForGupi (Forum Guru Penggerak Integritas), ObatManju (Orang Hebat Main Jujur), Rumah Dongeng, FLAC (Future Leader Anti-Corruption), dan IFL (Indonesian Future Leader) chapter Sulsel. Semua itu terjadi di tahun pertama saya berkolaborasi dengan Bu Fahma dan SDN Kosamja pada tahun 2018.

Kami memperingati Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas), dengan cara berbeda. Mulai dari pembina upacara, hingga pelaksana uoacara lainnya dilakukan oleh anak-anak. Guru-guru saat itu, menjadi peserta upacara. Upacara yang mendapat publikasi luas media massa ini, bukan saja unik tapi juga lucu. Anak-anak yang bertugas itu ternyata mengenakan baju Korpri neneknya atau orangtuanya.

Fahmawati kelahiran Makassar tahun 1973. Surat tugasnya sebagai Kepala Sekolah SDN Kosamja diteken tanggal 26 Maret 2016. Namun dia mulai bertugas di sana per tanggal 1 April 2016. Sebelumnya, Fahmawati mengawali karier sebagai guru di SD Negeri Tanggul Patompo 2 dari tahun 1995 hingga 2011. Setelah itu, sebagai Kepala Sekolah di SD Inpres Bertingkat Mamajang 1.

Sebelum Pemkot Makassar mengadakan lomba-lomba inovasi, SDN Kosamja sudah melakukan beberapa inovasi, antara lain TeleFiBi (televisi FB) berupa reportase melalui Facebook, TEMAN (Tim Edukasi dan Mediasi Anak), Festival KePo (kenali potensi dan kenali profesi), di mana anak-anak tampil dengan busana dari profesi yang dia cita-citakan, Radio Sehat, Kosamja Mart, dan beberapa inovasi lainnya.

Program-program inovasi ini bukan saja sebagai daya tarik ke teman-teman jurnalis untuk datang meliput, tapi juga sebagai upaya percepatan program. Dengan adanya produk inovasi, maka program akan dilakukan lebih fokus dan sistematis. Manajemen dan pengorganisasian sumber daya juga dilakukan karena mereka terbagi atas tim atau kelompok kerja. Dengan begitu, beban terdistribusi kepada setiap kelompok dan ada pendelegasian tugas dan tanggung jawab.

Selain strategi media, kemasan program dan pembentukan tim kerja, kami juga gencar membangun networking dengan banyak pemangku kepentingan. Pendekatan multi-stakeholder benar-benar dilakukan. Saya banyak membawa jejaring ke SDN Kosamja. Pertemanan dan semangat kerelawanan teman-teman patut mendapat apresiasi.

Bu Fahma energik juga sombere. Beliau memberikan pelayanan yang sangat baik kepada tamu-tamu yang diajak datang ke sekolahnya. Teman-teman dijamu begitu mereka tiba di sekolah. Mereka diajak ke kantin sekolah untuk mencicipi bassang atau menu yang dijual di kantin, sebelum kegiatan dilakukan.

Setelah kegiatan selesai, teman-teman yang sudah berbagi ilmu dan pengalaman kepada anak-anak diajak makan sop ubi di Lorong IPDN. Ini sop ubi legend. Mulai dari ayahnya, dia, dan anaknya jadi pelanggan sop ubi ini. Sudah tiga generasi!

Gencarnya publikasi kegiatan SDN Kosamja, bukan cuma menaikkan pamor sekolah itu, tapi juga saya. Bagaimana tidak, koran, radio, televisi dan media online pernah memberitakan kegiatan-kegiatan SDN Kosamja. Bahkan mobil OB van INews TV yang besar pernah mengadakan siaran langsung secara nasional dari sekolah.

Dari Bu Fahma, saya mendengar beberapa teman kepala sekolahnya penasaran, siapa yang jadi mitranya dalam mengembangkan SRA, kala itu. Saya hanya tersenyum ketika mendengarnya he..he..he.. (bersambung)


-----

Artikel Bagian 1: Fahmawati, Sekolah Ramah Anak dan Program Inovasi

Artikel Bagian 3: SDN Kosamja Makassar Dua Tahun Berturut-turut Juara Innovation Major Awards


Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama