Unismuh Makassar Buka Program Fast Track, Mahasiswa Kuliah 5 Tahun Dapat 2 Ijazah

PESAN AKADEMIK. Rektor Unismuh Makassar Prof Ambo Asse memberikan pesan akademik pada Wisuda ke-82 Unismuh, di Balai Sidang Muktamar 47 Kampus Unismuh, Jalan Sultan Alauddin, Makassar, Kamis, 27 Juni 2024. (Foto tangkapan layar: Asnawin Aminuddin / PEDOMAN KARYA)

 

-----

Jumat, 28 Juni 2024

 

Unismuh Makassar Buka Program Fast Track, Mahasiswa Kuliah 5 Tahun Dapat 2 Ijazah

 

MAKASSAR, (PEDOMAN KARYA). Universitas Muhammadiyah (Unismuh) Makassar membuka program fast track yakni kuliah S1, namun pada semester 7 dan 8 dapat memprogramkan mata kuliah S2 di Unismuh, sehingga hanya 5 tahun sudah bisa mendapatkan 2 ijazah yakni ijazah sarjana (S1) dan ijazah magister (S2).

“Program fast track diharapkan berjalan tahun ini (tahun akademik 2024/2025, red),” kata Rektor Unismuh Makassar Prof Ambo Asse dalam pesan akademiknya pada Wisuda ke-82 Unismuh, di Balai Sidang Muktamar 47 Kampus Unismuh, Jalan Sultan Alauddin, Makassar, Kamis, 27 Juni 2024.

Dia mengajak para wisudawan lulusan S1 agar melanjutkan pendidikan ke jenjang S2, dan wisudawan S2 melanjutkan Pendidikan ke jenjang S3.

“Bagi alumni, kami menyediakan beasiswa dalam bentuk subsidi uang kuliah, kepada para orang tua yang masih menghendaki putra-putrinya untuk melanjutkan studi, kami membina 9 Prodi S2 dan 3 Prodi S3,” sebut Ambo.

Unismuh Makassar, lanjutnya, sudah meraih predikat Akreditasi Unggul, sehingga denga predikat tersebut Unismuh dapat membuka Program Studi di Luar Kampus Utama (PSDKU).

“Insya Allah, akan kita buka di Sengkang, Wajo,” ujar Ambo Asse yang juga Ketua Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Sulawesi Selatan.

Saat ini, Unismuh Makassar sedang mempersiapkan pembukaan program studi S1 Kesehatan Masyarakat, S1 Psikologi, dan S1 Ilmu Hukum.

Unismuh saat ini sedang melakukan proses persiapan pembukaan Pendidikan Dokter Spesialis Emergensi. Prodi tersebut sudah melewati tahap presentasi di LLDikti Wilayah IX Sultanbatara.

Alumni yang diwisuda pada wisuda ke-82 yaitu sebanyak 1.360 orang, meliputi alumni Program D3, S1, S2, S3, dan Pendidikan Profesi. Wisudawan berasal dari tujuh fakultas dan Pascasarjana.

“Wisudawan terbanyak dari Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) yaitu sebanyak 308 orang. Menyusul Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) sebanyak 289 orang,” rinci Ambo Asse.

Alumni Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) 158 orang, Fakultas Teknik (FT) sebanyak 84 orang, Fakultas Pertanian (Faperta) 59 orang, Fakultas Agama Islam (FAI) 271 orang, Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan (FKIK) 104 orang. Sementara itu wisudawan Program Pascasarjana sebanyak 87 orang.

“Prestasi wisudawan kali ini membanggakan dengan IPK rata-rata 3,62. Tercatat ada wisudawan yang meraih IPK sempurna 4,00, dan wisudawan tercepat menyelesaikan studi dalam waktu 3 tahun 7 bulan. Sebanyak 1.053 wisudawan meraih predikat Cumlaude, 237 orang predikat Sangat Memuaskan, dan hanya 70 orang predikat Memuaskan,” kata Ambo Assse.

 

Wisudawan Berprestasi

 

Mahasiswa asal Maluku Rabiatul Adhawiyah, asal Bombana Anisah Ainun Zahrah, dan asal Bantaeng Khaeriyatul Mar’ah, terpilih sebagai Wisudawan Berprestasi Peringkat Pertama, Kedua, dan Ketiga Tingkat Universitas pada Wisuda Ke-82 Unismuh Makassar.

Rabiatul Adhawiyah, mahasiswa Program Studi Ekonomi Islam, Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB), menyelesaikan studi dengan Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) 3,87, lama studi 3 tahun dan 6 bulan, asal Maluku, meraih peringkat pertama mahasiswa berprestasi tingkat universitas dengan skor prestasi 93,18.

Rabiatul Adhawiyah sekaligus sebagai wisudawan berprestasi peringkat pertama Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FE) Unismuh Makassar.

Anisah Ainun Zahrah, mahasiswa Pendidikan Dokter, Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan (FKIK), menyelesaikan studi denga IPK 3,93, lama studi 3 tahun dan 6 bulan, asal Kabupaten Bombana, Sulawesi Tenggara, meraih peringkat kedua mahasiswa berprestasi tingkat universitas dengan skor prestasi 92,97.

Anisah Ainun Zahrah sekaligus sebagai wisudawan berprestasi peringkat pertama Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan (FKIK) Unismuh Makassar.

Khaeriyatul Mar’ah, mahasiswa Prodi Pendidikan Bahasa Arab, Fakultas Agama Islam (FAI), menyelesaikan studi denga IPK 3,87, lama studi 3 tahun dan 8 bulan, asal Kabupaten Bantaeng, meraih peringkat ketiga mahasiswa berprestasi Tingkat universitas dengan skor prestasi 92,39.

Khaeriyatul Mar’ah sekaligus wisudawan berprestasi peringkat pertama Fakultas Agama Islam (FAI) Unismuh Makassar.

Wisudawan berprestasi peringkat pertama Program Pascasarjana yaitu Muhammad Heriayanto, Prodi Magister (S2) Manajemen, denga IPK 3,97, lama studi 2 tahun dan 3 bulan, asal Kabupaten Gowa.

Wisudawan berprestasi peringkat pertama Fakultas Ilmu-ilmu Sosial dan Politik (Fisip) yaitu Nirwana, Prodi Ilmu Komunikasi, dengan IPK 3,96, lama studi 3 tahun dan 5 bulan, asal Kabupaten Sinjai.

Wisudawan berprestasi peringkat pertama Fakultas Pertanian yaitu A Fatricia Ratatama, Prodi Agribisnis, dengan IPK 3,99, lama studi 3 tahun dan 6 bulan, asal Kabupaten Gowa.

Wisudawan berprestasi peringkat pertama Fakultas Teknik, yaitu Rezky Ahmad, Prodi Teknik Sipil, denga IPK 3,82, lama studi 3 tahun dan 5 bulan, asal Kabupaten Bantaeng.

Wisudawan berprestasi peringkat pertama Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP), yaitu Rini Nurbaiti, Prodi Pendidikan Biologi, dengan IPK 3,82, lama studi 4 tahun dan 2 bulan, asal Kabupaten Lembata, Nusa Tenggara Timur (NTT).

“Kepada mahasiswa berprestasi tingkat universitas, Rabiatul Adhawiyah, diberikan beasiswa studi lanjut dan diprioritaskan akan diangkat menjadi dosen tetap persyarikatan Unismuh Makassar setelah menyelesaikan studinya pada program strata dua,” kata Wakil Rektor I Dr Abdul Rakhim Nanda, yang membacakan nama-nama wisudawan berprestasi. (asnawin)


Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama