Kelong Pendidikan Religius (25): Nia’mi Bulang Rumallang, Assingarri Dallekanta

Telah tiba bulan suci Ramadhan, membawa cahaya, sinar pencerah kehidupan, bagaikan intan permata yang bersinar menerangi penglihatan. (int)

 

-----

PEDOMAN KARYA

Ahad, 07 Juli 2024

 

Kelong Pendidikan Religius (25):

 

Nia’mi Bulang Rumallang, Assingarri Dallekanta, Intang Macora, Angsuloi Paccinitta

 

Oleh: Bahaking Rama

(Kaprodi S3 Pendidikan Agama Islam Pascasarjana Unismuh Makassar)

 

Ramadhan Bulan Pencerahan

 

Sabtu, 01 Ramdhan 1443 H / 02 April 2022 M, umat Islam menyambut gembira kedatangan bulan Ramadhan yang penuh berkah, melipatgandakan pahala kebaikan, dan menghapus dosa khilap masa lalu.

Bulan Ramadhan adalah bulan pencerahan. Memperkokoh iman, memperbanyak ibadah, dan memperagung akhlak kemuliaan. Umat Islam melaksanakan ibadah puasa, membimbing manusia yang beriman menuju takwa yang hakiki untuk meraih keselamatan hidup di dunia dan di akhirat.

Kegembiraan umat atas kedatangan bulan suci Ramadhan, disambut dengan kelong:

 

Nia’mi Bulang Rumallang

Assingarri Dallekanta

Intang Macora

Angsuloi Paccinitta

Arti bebasnya:

Telah tiba bulan suci Ramadhan, membawa cahaya, sinar pencerah kehidupan, bagaikan intan permata yang bersinar menerangi penglihatan.

Bulan Ramadhan menggembirakan dan sangat diharapkan kehadirannya. Gembira karena masih berkesempatan hidup untuk beribadah sebanyak mungkin, mensucikan diri meraih  fitrah kejadian yang hakiki, suci tanpa dosa.

Efektifkan dan raihlah manfaat dari bulan suci Ramadhan, jangan disia-siakan berlalu tanpa amal perbuatan yang luhur. Ajal seseorang berada pada genggaman kuasa Ilahi. Tidak ada jaminan hidup sampai bulan suci Ramadhan tahun depan.

Sambut dan isilah bulan suci Ramadan dengan memperkokoh iman-takwa, menimba dan menambah ilmu pengetahuan, memelihara lingkungan sosial dan memperkokoh silaturrahim,  serta menjaga dan memelihara fisik untuk meraih kesehatan jasmani dan rohani yang prima. Puasa mengantarkan manusia untuk sehat jamani, rohani, selamat dunia dan akhirat. Semoga. Aamiin YRA.

 

Pao-pao, Gowa. Sabtu, 02 April 2022


------

Kelong Pendidikan Religius (24):

Taua Punnakkareso, Wassele’ Nakella-kella, Mingka Inakke, Paero’namo Batara

 


Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama