Kelong Pendidikan Religius (26): Nampako Kuasseng Nia’, Naku Tayangko Labattu

Harapan hidup sampai pada bulan Ramadhan sangat diharapkan oleh setiap umat. Betapa tidak, karena bulan Ramadhan adalah bulan penuh berkah, bulan pengampunan Allah untuk setiap hamba suci dari dosa. (int)

 

-----

PEDOMAN KARYA

Senin, 08 Juli 2024

 

Kelong Pendidikan Religius (26):

 

Nampako Kuasseng Nia’, Naku Tayangko Labattu, Naku Tajai, Ati Ci’nong Rikalengku

 

Oleh: Bahaking Rama

(Kaprodi S3 Pendidikan Agama Islam Pascasarjana Unismuh Makassar)

 

Menyambut Ramadhan

 

Harapan hidup sampai pada bulan Ramadhan sangat diharapkan oleh setiap umat. Betapa tidak, karena bulan Ramadhan adalah bulan penuh berkah, bulan pengampunan Allah untuk setiap hamba suci dari dosa. Kedatangan bulan Ramadhan sangat ditunggu setiap umat dan menyambutnya dengan Kelong:

 

Nampako kuasseng nia’

Naku tayangko labattu

Naku tajai

Ati ci’nong rikalengku

 

Arti bebasnya:

“Setelah kuketahui akan kehadirannya, kuduga akan kedatangannya, aku menyambut dengan hati suci nan bening.”

Setiap hamba berharap pada Allah Sang Pencipta setiap makhluk, supaya tetap hidup dan dapat dipertemukan dengan bulan Ramadhan. Nabi Suci memberi tuntunan kepada setiap umatnya untuk mendapatkan berkah di bulan Rajab dan Sya'ban, serta dapat beribadah mensucikan diri di bulan Ramadhan.

“Allahumma barik lana’, fi rajaba wa Sya'bana wa ballighna Ramadhana. Yaaa Allah, Tuhanku Yang Maha Pemberi Berkah, berkahilah kami pada bulan Rajab dan Sya'ban, pertemukanlah kami dengan bulan Ramadhan. Bulan dihapuskannya segala dosa dengan takarrub ilallah. Memperbanyak ibadah dan amaliah Ramadhan menggapai kesucian diri sebagaimana fithrah kesucian pada kelahiran setiap hamba. 

Sambut dan isilah bulan Ramadhan dengan ibadah dan amaliyah yang penuh keikhlasan. Allah sangat merindukan hamba-Nya yang suci dari dosa. Mereka dipanggil... wahai jiwa yang suci, kembalilah kepada TuhanMu dengan ridha dan diridhai, masuklah ke dalam golongan hamba-Ku yang shaleh, dan masuklah ke dalam surga-Ku.

Semoga ibadah puasa Ramadhan dapat mengantar setiap hamba Allah meraih ketakwaan, mencapai kesucian diri untuk kembali hidup bahagia di alam akhirat kelak, bertemu Tuhannya. Semoga, Aamiin YRA.

 

Pao-pao, Gowa, Senin, 04 April 2022


-----

Kelong Pendidikan Religius (25):

Nia’mi Bulang Rumallang, Assingarri Dallekanta, Intang Macora, Angsuloi Paccinitta 


Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama