Muhammad Rizal Jabat Kabag SDM dan Kepegawaian Unismuh Makassar

PEJABAT BARU. Muhammad Rizal (berdiri di belakang, ketiga dari kiri) foto bersama para pejabat yang baru dilantik, pejabat lama, Ketua BPH, Rektor, para wakil rektor, seusai pelantikan struktural, di Ruang Rapat Senat, Lantai 17 Unismuh Makassar, Senin, 15 Juli 2024.  

 

----

Selasa, 16 Juli 2024

 

Muhammad Rizal Jabat Kabag SDM dan Kepegawaian Unismuh Makassar

 

GOWA, (PEDOMAN KARYA). Muhammad Rizal, yang sudah cukup lama menjabat Kasubag Ijazah, Biro Administrasi Akademik, Kemahasiswaan, dan Sistem Informasi (BAAKSI), kini mendapat amanah sebagai Kepala Bagian (Kabag) Sumber Daya Manusia (SDM) dan Kepegawaian Universitas Muhammadiyah (Unismuh) Makassar.

Selain menjabat Kasi Ijazah, Rizal juga menjabat Sekretaris Pengurus Masjid Subulussalam Al-Khoory Kampus Unismuh Makassar dan sering tampil sebagai protokol (MC) untuk berbagai acara di kampus Unismuh Makassar.

Rizal dilantik bersama delapan pejabat struktural lainnya oleh Rektor Unismuh Prof Ambo Asse, di Ruang Rapat Senat, Lantai 17 Unismuh Makassar, Senin, 15 Juli 2024.

Ke-9 pejabat yang dilantik yaitu Muhammad Rizal KR SAg MM (menggantikan H Muhammad Rusdi SE MM) sebagai Kabag SDM dan Kepegawaian, Try Gustaf Said SPd MPd (menggantikan Hj Haerani Gama SE) sebagai Kabag BKD, Kepangkatan, dan Serdos.

Hartini Nanda SAg (menggantikan Drs Agus Hidayat) sebagai Kabag Umum & Sekretariat, Mita Astuti SE Mak (menggantikan Nurhayati Naba SE) sebagai Juru Bayar Biro Administrasi Umum, Keuangan, dan Sumber Daya (BAUKS).

Muhammad Zarkasih Yunus SPd (menggantikan Sabri ST) sebagai Kepala Tata Usaha Program Pascasarjana, Nur Aliah SAg (menggantikan Nurahedah Hamdat SSos) sebagai Kepala Tata Usaha Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB), Rahmawati SE (menggantikan Drs Muhammad Ilyas) sebagai Kepala Tata Usaha, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (Fisip).

Sabria SPd (menggantikan Hj Aminah Kadir SE) sebagai Kepala Tata Usaha Fakultas Pertanian, Suryani Prawita Sari SPd MPd (menggantikan Mantang SE) sebagai Kepala Tata Usaha, Lembaga Perpustakaan dan Penerbitan.

Acara pelantikan diawali dengan pengajian oleh Wakil Rektor IV Unismuh Dr KH Mawardi Pewangi, dilanjutkan pembacaan Surat Keputusan Rektor, dan pelantikan oleh Rektor Unismuh Makassar Prof Ambo Asse.

Acara pelantikan dilanjutkan dengan penandatanganan berita acara serah terima jabatan oleh pejabat yang baru dilantik dan disaksikan oleh para hadirin.

Ketua Badan Pembina Harian (BPH) Unismuh Makassar, Prof Gagaring Pagalung, dalam sambutannya menekankan beberapa poin penting terkait pergantian jabatan dan tantangan ke depan yang dihadapi Unismuh Makassar.

Pergantian jabatan adalah suatu hal yang alami dan diperlukan dalam sebuah organisasi, sama halnya dengan siklus hidup manusia yang pada akhirnya akan menghadap Sang Pencipta.

“Pergantian jabatan itu sunnatullah suatu organisasi. Seperti manusia yang suatu saat akan menghadap Allah SWT. Sama halnya dalam organisasi, ini disebut business process,” ujar Gagaring.

Unismuh yang saat ini telah meraih predikat unggul, menurut Gagaring, memerlukan regenerasi yang baik untuk terus mendukung kinerja akademik dan keuangan.

“Tantangan yang dihadapi Unismuh saat ini berbeda dengan generasi kita dulu. Mahasiswa yang kita hadapi sekarang adalah Generasi Z dan Alpha. Menghadapi business process di Unismuh, dari proses belajar mengajar hingga pelayanan administrasi mahasiswa, dosen, dan tenaga pendidikan, memerlukan penyesuaian yang terus-menerus,” tambah Gagaring.

Prof Gagaring juga mengucapkan terima kasih kepada pejabat yang purnabakti atas jasa-jasanya selama ini. Bagi pejabat baru, ia mengingatkan bahwa tantangan yang dihadapi tidak hanya untuk menjaga Unismuh tetap unggul, tetapi juga memastikan setiap bagian dalam organisasi turut berprestasi.

Menutup sambutannya, Prof Gagaring mengutip filosofi dari Ibnu Rusd (Averroes), “Siapa yang bermain-main dengan usianya berarti menyia-nyiakan hari penanaman, dan yang menyia nyiakan hari-hari penanaman akan menyia nyiakan hari panen.”

Pesan ini ditujukan sebagai pengingat bagi pejabat baru untuk tidak menyia-nyiakan waktu dan terus bekerja keras demi kemajuan Unismuh. Dengan pelantikan pejabat baru ini, diharapkan Unismuh Makassar dapat terus beradaptasi dan meraih prestasi yang lebih baik di masa mendatang.

 

Proses Regenerasi

 

Rektor Ambo Asse mengawali sambutannya dengan mengucapkan terima kasih dan penghargaan kepada pejabat yang telah purna tugas.

“Terima kasih atas dedikasi dan kerja keras yang telah diberikan. Apa yang telah kita lakukan bersama semoga menjadi amal jariyah yang bermanfaat,” ujar Ambo.

Kepada pejabat baru, Rektor menyampaikan selamat bertugas dan berharap mereka sukses dalam menjalankan amanah yang diberikan. Ia menjelaskan alasan pergantian jabatan sebagai bagian dari proses regenerasi yang alami dalam organisasi.

“Pergantian ini dilakukan karena proses purnabakti yang tidak dapat berlangsung dalam jabatan. Ada masa tenggang di mana pejabat lama masih memberikan bimbingan dan pendampingan kepada penggantinya,” tambah Ambo.

Rektor menekankan pentingnya meninggalkan kebaikan yang dapat menjadi amal saleh atau jariyah bagi penerus.

“Pimpinan fakultas diharapkan memberikan arahan kepada kepala tata usaha yang baru. Bekerjalah dengan hati, bukan dengan nafsu, agar semua merasa nyaman dan tenang, sehingga akhirnya tugas dapat diselesaikan dengan sukses,” tandas Ambo.

Ia menekankan tiga aspek penting dalam menjalankan amanah. Pertama, integritas, jujur dalam ucapan, sikap, dan tindakan.

“Keteladanan dan akhlak mulia adalah bagian dari integritas,” kata Ambo.

Kedua, komitmen yaitu berkomitmen pada tugas, agama, persyarikatan Muhammadiyah, dan universitas. Ketiga, kompetensi yang bermakna memiliki kemampuan intelektual dan kapasitas untuk memgemban tugas yang diberikan.

Ia juga menyoroti pentingnya kolaborasi dan sinergi dalam kebersamaan, serta menghindari konflik yang dapat merusak keharmonisan dan keunggulan institusi. (zak)


Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama