Unhas Tuan Rumah Olimpiade Vokasi Indonesia

OLIMPIADE VOKASI. Dirjen Pendidikan Vokasi Dr Kiki Yuliati, Ketua FPTVI Drs Santoso Tri Hananto, Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan Prof Muhammad Ruslin, Dekan Fakultas Vokasi Unhas Prof Muhammad Restu, Ketua Panitia Olivia IX Dr Agustina Abdullah, memukul gendang pada Pembukaan Olimpiade Vokasi Indonesia (OLIVIA) IX Tahun 2024, di Grand Ballroom Hotel Unhas and Convention, Kampus Unhas Tamalanrea, Makassar, Kamis, 19 Juli 2024.

 

-----

Jumat, 19 Juli 2024

 

Unhas Tuan Rumah Olimpiade Vokasi Indonesia

 

Dirangkaikan Seminar Nasional Isu-isu Strategis Bidang Transformasi Digital, Kreativitas, dan SDM

 

MAKASSAR, (PEDOMAN KARYA). Fakultas Vokasi Universitas Hasanuddin (Unhas) Makassar menjadi tuan rumah penyelenggaraan Olimpiade Vokasi Indonesia (OLIVIA) IX Tahun 2024. Pembukaan OLIVIA digelar di Grand Ballroom Hotel Unhas and Convention, Kampus Unhas Tamalanrea, Makassar, Kamis, 19 Juli 2024.

OLIVIA IX  dilaksanakan oleh Unhas bekerjasama Forum Pendidikan Tinggi Vokasi Indonesia (FPTVI) yang memiliki agenda rutin tahunan berupa kompetisi ilmiah mahasiswa antar perguruan tinggi vokasi se-Indonesia.

Kegiatan ini memiliki tujuan untuk membangun semangat kompetitif antara mahasiswa vokasi se-Indonesia, dengan berlandaskan pada prinsip-prinsip kompetisi, seperti sportivitas, profesionalitas, dan transparansi.

Turut hadir Dirjen Pendidikan Vokasi Dr Kiki Yuliati, Ketua Forum Perguruan Tinggi Vokasi Indonesia (FPTVI) Drs Santoso Tri Hananto MAcc Ak, Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan Prof Muhammad Ruslin, Dekan Fakultas Vokasi Unhas Prof Muhammad Restu, Ketua Panitia Olivia IX Dr Agustina Abdullah, serta jajaran pimpinan dari universitas.

Ketua Panitia OLIVIA IX 2024, Agustina Abdullah, dalam laporannya menyebutkan bahwa acara ini diikuti oleh 1.880 peserta dari 648 tim yang berasal dari 61 perguruan tinggi di 16 provinsi.

Dari babak penyisihan, 144 tim dari 32 perguruan tinggi vokasi di seluruh Indonesia berhasil lolos ke babak final. Finalis bersama pendamping lomba yang hadir berjumlah sekitar 550 orang.

Universitas Brawijaya mengirimkan peserta terbanyak yaitu 72 orang, diikuti oleh UNS, IPB, ITS, Universitas Padjadjaran, Universitas Negeri Malang, Universitas Surabaya, dan Politeknik Batam.

OLIVIA IX 2024 memperkenalkan jenis lomba baru yang berbeda dari tahun-tahun sebelumnya, terdiri dari 6 kategori dengan 23 mata lomba, yaitu Manufacturing and Engineering Technology, Information and Communication Technology, Scientific Papers, Applied Skills, Social and Personal Services, dan Innovation Technology. Lomba ini diselaraskan dengan Pusat Prestasi Nasional (Pusprenas).

Dekan Fakultas Vokasi Unhas, Muhammad Restu, dalam sambutannya menyampaikan terima kasih atas kepercayaan yang diberikan kepada Fakultas Vokasi Unhas sebagai tuan rumah, terutama mengingat usia fakultas yang baru dua tahun.

Beliau berharap kegiatan ini tidak hanya menjadi wadah pengembangan diri tetapi juga mempererat silaturahmi antar mahasiswa vokasi se-Indonesia, sehingga terbentuk jejaring atau koneksi yang positif dan jangka panjang.

Dengan tema “Inspiring the Future through Empowering Innovative Human Resources and Digital-Based Entrepreneurship”, OLIVIA IX 2024 mengangkat isu inovasi teknologi dan kewirausahaan.

Tema ini bertujuan mengumpulkan ide-ide kreatif dan inovatif, serta membangun sumber daya manusia yang inovatif dan berjiwa kewirausahaan. Inovasi teknologi dianggap penting di era digitalisasi saat ini, sementara kewirausahaan krusial di tengah persaingan pencarian tenaga kerja.

Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan Unhas, Muhammad Ruslin, mewakili Rektor Unhas, menyampaikan apresiasi yang tinggi terhadap penyelenggaraan OLIVIA IX 2024 di Universitas Hasanuddin.

Dia menegaskan bahwa semangat kompetisi ini diharapkan mampu mendorong mahasiswa vokasi untuk terus berinovasi dan berkolaborasi demi masa depan yang lebih baik.

Prof Ruslin juga menyampaikan harapan agar OLIVIA IX 2024 dapat  menjadi tempat bertukar ide dan pengalaman yang dapat memberikan manfaat jangka panjang bagi peserta. Dengan dukungan dari berbagai pihak, termasuk pimpinan universitas dan fakultas, Prof. Ruslin optimis bahwa OLIVIA IX 2024 akan berjalan dengan sukses dan memberikan dampak positif bagi pengembangan pendidikan vokasi di Indonesia.

 

Seminar Nasional

 

Acara OLIVIA IX 2024 juga dirangkaikan dengan seminar nasional yang menghadirkan narasumber ahli, yaitu Dirjen Pendidikan Vokasi Kemdikbudristek Dr Kiki Yuliati, dan Staf Ahli Bidang Transformasi Digital, Kreativitas, dan SDM Kemenko Perekonomian Dr Rizal Edwin, yang akan membahas tema “Isu-isu Strategis di Bidang Transformasi Digital, Kreativitas, dan Sumber Daya Manusia.”

Selain itu, Prof Abdul Razak Munir, dari Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Hasanuddin akan mengangkat tema “Adopsi Kekuatan Komputasi di Berbagai Aspek Proses Bisnis Melalui Digitalisasi.”

Wolga Setyanto, Head of Digital Marketing Kalbe Nutritionals, juga akan berbicara mengenai “Embracing Entrepreneurial Mindset, while using Tech to create Positive Change for Indonesia.” (kia)

 


Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama