Anggota DPRD Bulukumba Abu Thalib Dilantik Jadi Kepala Desa Tambangan Kajang

PENGGANTI ANTAR-WAKTU. Bupati Bulukumba Andi Muchtar Ali Yusuf (paling kiri) melantik Abu Thalib sebagai Kepala Desa Tambangan, Kecamatan Kajang, Rabu, 07 Agustus 2024, dan juga melantik dua kepala desa lainnya pada hari yang sama di tempat berbeda. (Foto-foto: Humas Pemkab Bulukumba)
 


------

Kamis, 08 Agustus 2024

 

Anggota DPRD Bulukumba Abu Thalib Dilantik Jadi Kepala Desa Tambangan Kajang

 

BULUKUMBA, (PEDOMAN KARYA). Anggota DPRD Bulukumba Periode 2019-2024, Abu Thalib, dilantik menjadi Kepala Desa Tambangan, Kecamatan Kajang, Kabupaten Bulukumba, Rabu, 07 Agustus 2024.

Abu Thalib mengundurkan diri sebagai Anggota DPRD Bulukumba pada 11 Juni 2024, dan kemudian maju sebagai Calon Kepala Desa Tambangan pada Juli 2024.

Posisi Kepala Desa Tambangan kosong setelah Andi Abu Ayyub Syeh mengundurkan diri sebagai Kepala Desa Tambangan karena maju sebagai Caleg DPRD Bulukumba Periode 2024-2029 melalui Partai Golkar. Andi Abu Ayyub Syeh tidak lain adalah anak dari Abu Thalib.

Dengan demikian, Abu Thalib dilantik sebagai Kepala Desa Tambangan Pengganti Antar-waktu Periode 2020-2028, menggantikan anaknya Andi Abu Ayyub Syeh.

Abu Thalib pada Pemilu 2024, maju sebagai Caleg DPRD Bulukumba Periode2024-2029, tapi tidak lolos, dan kemudian mengundurkan diri sebagai Anggota DPRD Periode 20192-204 karena ingin mengikuti tahapan pencalonan Kepala Desa Tambangan, Kecamatan Kajang.

Abu Thalib dilantik sebagai Kepala Desa Tambangan Pengganti Antar-waktu oleh Bupati Bulukumba, Andi Muchtar Ali Yusuf, di Gedung Masyarakat Tambangan, Kecamatan Kajang, Rabu, 07 Agustus 2024.

Pelantikan Kepala Desa Tambangan cukup spesial karena dihadiri oleh Kapolres Bulukumba AKBP Andi Erma Suryono, Pimpinan DPRD Kabupaten Bulukumba H Rijal dan H Patudangi, serta beberapa anggota DPRD yakni Musa Lirpa, Andi Pangerang, Alkhaisar Jainar Ikrar, dan Abdul Hakim.

Selain melantik Abu Thalib sebagai Kepala Desa Tambangan, Bupati Bulukumba Andi Muchtar Ali Yusuf juga melantik Kepala Desa Caramming, Kecamatan Bontotiro, Andi Kamaruddin, di Gedung Pertemuan Masyarakat Desa Caramming, pada hari yang sama.

Sehari sebelumnya, Selasa, 06 Agustus 2024, Bupati Bulukumba Andi Muchtar Ali Yusuf, melantik Kepala Desa Balangtaroang, Kecamatan Bulukumpa, Jusman.

Ketiga kepala desa pengganti antar-waktu ini terpilih setelah melalui pemilihan mekanisme perwakilan di tingkat desa masing-masing. Desa Caramming dan Desa Balangtaroang melaksanakan penggantian antar-waktu karena kepala desa masing masing berhalangan tetap atau meninggal dunia, sedangkan Desa Tambangan melaksanakan penggantian antar-waktu karena kepala desanya mengundurkan diri.

Ketiga kepala desa yang dilantik ini akan menyelesaikan masa jabatan kepala desa sebelumnya hingga tahun 2028 mendatang.

Kepada tiga kepala desa yang dilantik tersebut, Bupati Andi Muchtar Ali Yusuf berpesan agar dapat bekerja maksimal dan memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat. Dikatakan untuk menjadi desa yang maju dan mandiri, maka perlu peran pemerintah desa secara aktif mengembangkan potensi perekonomian desa.

“Kepala desa bersama jajarannya harus memikirkan meningkatkan ekonomi masyarakat. Harus memiliki inovasi dalam membangun ekonomi sesuai potensi di desa,” kata Andi Utta, sapaan akrab Andi Muchtar Ali Yusuf.

Pada kepala desa juga diharapkan mampu melihat potensi apa yang cocok dikembangkan di desa, agar perekonomian di desa semakin maju.

Menurut Andi Utta, potensi lahan di desa belum maksimal dikelola atau masih banyak lahan yang tidak produktif, termasuk tanaman yang ada sekarang tidak memiliki nilai jual tinggi karena bukan bibit unggul.

Olehnya itu, ia meminta anggaran desa dapat dimaksimalkan untuk meningkatkan produktivitas lahan desa melalui program bibit unggul. (dar)


Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama