Desa Tana Towa Bulukumba Raih Penghargaan Proklim Utama 2024

PENGHARGAAN PROKLIM 2024. Kepala Desa Tana Towa, Zulkarnain (ketiga dari kanan) dan Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan (DLHK), Andi Uke Indah Permatasari (ketiga dari kiri) foto bersama beberapa lainnya pada acara pemberian penghargaan Festival LIKE 2, didi Jakarta Convention Center, Jakarta Pusat, Jumat, 09 Agustus 2024. (ist) 

 

------

Ahad, 11 Agustus 2024

 

Desa Tana Towa Bulukumba Raih Penghargaan Proklim Utama 2024

 

BULUKUMBA, (PEDOMAN KARYA). Desa Tana Towa, Kecamatan Kajang, Kabupaten Bulukumba, meraih penghargaan Program Kampung Iklim atau Proklim Tahun 2024 dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK).

Penghargaan diserahkan pada rangkaian acara Festival Lingkungan, Iklim, Kehutanan, dan Energi (LIKE2) 2024 dengan tema; “10 Tahun Kerja untuk Sustainabilitas”, di Jakarta Convention Center, Jakarta Pusat, Jumat, 09 Agustus 2024.

Program Kampung Iklim atau Proklim merupakan bentuk pengakuan dan apresiasi pemerintah terhadap upaya pengendalian perubahan iklim di tingkat lokal.

Selain Desa Tana Towa Bulukumba, Bupati Bulukumba Andi Muchtar Ali Yusuf juga mendapat penghargaan sebagai Pembina Program Kampung Iklim dari Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK).

Penghargaan tersebut diterima oleh Kepala Desa Tana Towa, Zulkarnain, sedangkan Bupati Bulukumba diwakili Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan (DLHK), Andi Uke Indah Permatasari.

Kepala Desa Tana Towa, Zulkaranain, mengatakan, Tana Towa meraih penghargaan Proklim Utama karena komitmen pemerintah desa dan masyarakat dalam mendukung pelestarian alam.

“Dari dulu Tana Towa dan kawasan Adat Ammatoa sudah dikenal sebagai komunitas warga yang senantiasa menjaga alam sekitarnya. Di sini (masyarakat adat Ammatoa) hidup sederhana, menyatu dan menjaga alam,”ungkap Zulkarnain.

Dirinya pun berharap penghargaan ini menjadi motivasi bagi warga untuk terus peduli dan mempertahankan budaya yang sangat menghargai lingkungan alam sekitar.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan Andi Uke Indah Permatasari mengatakan penilaian terhadap Program Kampung Iklim melibatkan tiga unsur, yakni adaptasi lingkungan, mitigasi atau pencegahan terhadap kerusakan lingkungan, serta keberlanjutan dan integrasi kelembagaan kelompok dengan kelompok lainnya.

Pemerintah Kabupaten Bulukumba sendiri telah beberapa kali mendapatkan penghargaan sebagai Pembina Proklim, dan tahun ini kembali berhasil meraih penghargaan tersebut.

Penghargaan Proklim Utama tahun 2024 ini hanya diraih oleh dua desa di Provinsi Sulawesi Selatan, yaitu Desa Tana Towa Kecamatan Kajang Kabupaten Bulukumba, dan Desa Benteng Gajah, Kecamatan Tompobulu, Kabupaten Maros. (dar)


Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama