Empat Poin Deklarasi Malino Terhadap Pilkada Serentak dan Ancaman Klan Politik 2024 di Sulsel

DEKLARASI MALINO. Gambar atas: suasana rapat Family Ghatering (FG) Yayasan JAPPI, di Villa Pucuk Merah Malino, Kabupaten Gowa, Ahad, 04 Agustus 2024 yang dipimpin Pembina JAPPI Ajiep Padindang. Gambar bawah: foto bersama seusai rapat dan pembacaan Deklarasi Malino. 


------ 

Selasa, 06 Agustus 2024

 

Empat Poin Deklarasi Malino Terhadap Pilkada Serentak dan Ancaman Klan Politik 2024 di Sulsel

 

(Bagian Kedua dari Dua Tulisan)

 

Laporan: Rahim Kallo

 

Kegiatan Family Ghatering (FG) Yayasan Jaringan Advokasi Pembangunan Politik Indonesia (JAPPI), di Villa Pucuk Merah Malino, Kabupaten Gowa, telah berlangsung dari tanggal 2-3 Agustus 2024. FG diikuti 15 orang pengurus dan tenaga ahli JAPPI.

Dari hasil diskusi politik dengan tema Pilkada Serentak dan Ancaman Klan Politik 2024 di Sulawesi Selatan, Tim JAPPI merumuskan naskah Deklarasi Malino yang terdiri atas 4 (empat) poin.

Pertama, mengharapkan partai politik untuk melaksanakan proses demokrasi yang sehat dalam Pilkada Serentak dengan mengajukan Calon Kepala Daerah / Wakil Kepala Daerah di tingkat provinsi maupun kabupaten / kota.

Kedua, penyelenggaraan Pemilu, dalam hal ini KPUD dan Bawaslu, hendaknya mensosialisasikan secara masif dan terstruktur PKPU Tentang Pencalonan Kepala Daerah dan Wakil Kepala Daerah kepada partai-partai politik dan masyarakat.

Ketiga, rangkaian tahapan pelaksanaan Pilkada Serentak di Sulawesi Selatan tidak mestinya terkendala pencairan anggaran oleh pemerintah daerah, karena akan mengganggu kinerja KPUD, Bawaslu, bahkan unsur pengamanan (Kepolisian dan TNI).

Keempat, budaya politik sesuai kearifan lokal Sulawesi Selatan hendaknya dapat ditumbuh-kembangkan dalam Pilkada Serentak, terutama untuk meminimalisir praktik transaksional yang dapat dimainkan oleh Klan Politik.

Hasil rumusan Deklarasi Malino, seluruh peserta bertandatangan sebagai pernyataan sikap bersama dalam menyikapi Pelaksanaan Pilkada Serentak 2024.

Di hari kedua FG, Ahad, 03 Agustus 2024, Deklarasi Malino diadakan pada saat meningkatnya dominasi politik klan dalam persiapan Pilkada Serentak 2024 di Sulawesi Selatan. Acara Deklarasi Malino dibacakan oleh Jamal Andi SSos MSi, dan diakhiri dengan penutupan Family Ghatering dari Pembina JAPPI Dr H Ajiep Padindang SE MM yang telah berlangsung selama dua hari.

Kegiatan ini berhasil mempererat hubungan antara anggota JAPPI serta meningkatkan semangat kolektif untuk mewujudkan perubahan politik yang lebih baik. Dengan deklarasi ini, JAPPI berharap dapat memberikan kontribusi nyata dalam menjaga kualitas demokrasi di Sulawesi Selatan dan mendorong partisipasi aktif seluruh elemen masyarakat dalam Pilkada Serentak 2024.***


.....

Laporan Bagian Pertama:

Deklarasi Malino Menyikapi Perkembangan Politik Jelang Pilkada Serentak 2024 di Sulsel 


Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama