SMP 2 Bulukumba Sekolah Bersih Narkoba

BERSIH NARKOBA. Bupati Bulukumba Andi Muchtar Ali Yusuf (baju putih pakai kacamatan) merangkul dua siswa dan foto bersama didampingi sejumlah pejabat pada acara Deklarasi Sekolah Bersih Narkoba SMP, di SMP Negeri 2 Bulukumba, Selasa, 20 Agustus 2024. (ist)  


------

Rabu, 21 Agustus 2024

 

SMP 2 Bulukumba Sekolah Bersih Narkoba

 

BULUKUMBA, (PEDOMAN KARYA). SMP Negeri 2 Bulukumba dideklarasikan sebagai Sekolah Bersih Narkoba, Selasa, 20 Agustus 2024, denga tagline: “Terpuji Bersinar' atau Terintegrasi, Peduli Kesehatan Jiwa dan Bersih Narkoba.”

Deklarasi Sekolah Bersih Narkoba ditandai dengan penandatangan deklrasi oleh Bupati Bulukumba Andi Muchtar Ali Yusuf, Kajari Bulukumba Cahyadi Sabri, Kapolres Bulukumba diwakili Kasat Narkoba AKP Syamsuddin, Dandim 1411/Bulukumba, Kalapas Kelas IIA Bulukumba.

Juga Kadis Dikbud Bulukumba Andi Buyung Saputra, Kadis Kesehatan Bulukumba Dr Amrullah, Kadis PPKBPPPA Bulukumba Dr Wahyuni, Kepala Kesbangpol Bulukumba Ahmad Arfan, serta Camat Ujungbulu Andi Ashadi,.dan sejumlah pejabat lainnya.

Acara deklarasi diawali dengan pembacaan naskah ikrar Sekolah Terpuji Bersinar yang dipimpin oleh salah satu guru dan diikuti oleh para siswa SMP Negeri 2 Bulukumba. Selanjutnya Bupati Bulukumba melantik Satuan Tugas (Satgas) Sekolah Bersih Narkoba di lingkup SMP Negeri 2 Bulukumba.

Setelah pelantikan Satgas, dilanjutkan dengan penandatanganan Nota Kesepahaman antara SMP Negeri 2 Bulukumba dengan Dinas Kesehatan (Dinkes) Bulukumba, Dinas Pengendalian Penduduk, Keluarga Berencana, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DPPKBPPPA) Bulukumba, serta Polres Bulukumba. Proses acara diakhiri dengan penandatanganan bersama deklarasi.

Kepala SMP Negeri 2 Bulukumba, Sahiruddin, mengatakan, deklarasi sekolah bersih narkoba ini pertama kali dilaksanakan di Bumi Panrita Lopi. Ia berharap momentum deklarasi ini bisa menjadi magnet bagi sekolah-sekolah lainnya.

“Semoga deklarasi ini bisa dimassifkan untuk dikembangkan di seluruh satuan pendidikan yang ada di Kabupaten Bulukumba,” kata Sahiruddin.

Sahiruddin mengungkap pentingnya pembelajaran Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila yang disingkat P5. Pembelajaran P5 dilaksanakan di luar pembelajaran pokok di kelas,

“Ketika P5 dimaksimalkan dengan baik, maka narkotika dan zat-zat adiktif lainnya tidak akan masuk di satuan pendidikan,” ujar Sahiruddin.

Ia berharap materi tentang narkotika dapat menjadi mata pelajaran yang dapat diajarkan ke peserta didik. Dengan begitu, sejak dini peserta didik dapat mengetahui bahaya narkotika dan dampak-dampak yang ditimbulkan.

“Ketika kita bergerak bersama, baik SD maupun SMP untuk sepakat di tahun ajaran 2025-2026, memasukkan materi dengan tema bangunlah jiwa dan raganya, maka saya percaya narkotika di Bulukumba akan kecil ruangnya masuk di satuan pendidikan,” kata Sahiruddin.

Bupati Andi Muchtar Ali Yusuf menegaskan komitmennya untuk melawan narkoba. Sebab narkoba ini amat berbahaya dan merusak masa depan generasi bangsa dan daerah tercinta.

Hanya saja, perlawanan terhadap narkoba harus dilakukan secara bersama-sama. Perlawanan terhadap narkoba harus betul-betul dimassifkan ke seluruh masyarakat.

“Ini bukan hanya tugas penegak hukum, tapi tugas bersama. Bukan hanya tanggung jawab Bupati dan Kadis, tapi semua elemen harus bertanggung jawab,” kata Andi Utta, sapaan akrab Andi Muchtar Ali Yusuf.

Dia mengatakan, “Dulu para pahlawan berjuang bagaimana Indonesia Merdeka. Sekarang kita berjuang bersama bagaimana Bulukumba terhindar dari narkoba.”

Andi Utta menilai potensi peredaran narkoba yang akan cepat jika tidak dilakukan perlawanan bersama. Apalagi di era teknologi informasi saat ini, semua hal bisa diakses dengan mudah dan cepat.

“Pengguna kalau sudah ketergantungan, sangat berbahaya. Alat rumah tangga saja akan ludes. Kalau sudah ketergantungan, pengguna selalu berpikir apa lagi yang mau diuangkan. Ini harus dicegah bersama,” terang Andi Utta.

Pada kesempatan tersebut, Kepala SMP Negeri 2 juga memperkenalkan beberapa kepala sekolah lainnya yang merupakan alumni dari SMP Negeri 2 Bulukumba, termasuk Kadis Pendidikan dan Kebudayaan Andi Buyung Saputra, dan Camat Ujungbulu Andi Ashadi. (lom)

 

 

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama